8 Manfaat Daun Kelor & Efek Samping Untuk Kesehatan

daun kelor

Last Updated on Agustus 2, 2022 by Redaksi Autoimuncare

Manfaat daun kelor adalah menjadi pelembab alami, yang bisa Meremajakan Kulit untuk mengakat kulit mati dan membersihkan kulit.

Daun kelor (moringa oleifera) salah satu jenis tanaman tropis yang digunakan sebagai obat herbal. Daun kelor sangat mudah dikenali hanya dari ukuran daunnya yang kecil.

Khasiat Daun Kelor

Selain untuk meremajakan kulit, daun kelor juga sebagai antioksidan, menurunkan kadar gula darah, mengurangi peradangan, menjaga fungsi otak, sebagai obat cacing, Mengobati Asam Lambung, dan Melancarkan ASI. Berikut penjelasna lebih detailnya:

1. Sebagai Antioksidan

Khasiat daun kelor sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang masuk di dalam tubuh kita. Mungkin diantara Anda ada yang penasaran, apakah di dalam tubuh kita banyak radikal bebas? Jawaban iya. Jika radikal bebas ini dibiarkan, dapat bermanifestasi menjadi berbagai bentuk penyakit. Mulai dari penyakit jantung, diabetes hingga kanker. Biasanya reaksi tubuh pada satu orang dengan orang yang lain berbeda-beda.

2. Menurunkan Kadar Gula Pada Darah

Buat Anda yang memiliki riwayat gula darah tinggi, maka mengkonsumsi daun kelor secara rutin, efektif mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Pasalnya, daun kelor mampu meningkatkan hormon insulin, yang baik untuk pencegahan resistensi insulin dan diabetes.

3. Mengurangi Peradangan

Khasiat daun kelor ternyata bersifat sebagai anti radang. Baik itu peradangan yang disebabkan oleh cedera dan bakteri virus. Setidaknya dengan mengkonsumsi daun kelor, mampu meminimalisir dan mempercepat proses peradangan tubuh kita.

4. Menjaga Kesehatan dan fungsi Otak

Tidak banyak yang tahu jika otak manusia pun juga butuh perawatan. Salah satu perawatan dengan cara mengkonsumsi daun kelor. Mengkonsumsi daun kelor pasalnya juga mampu menjaga fungsi dan kesehatan otak kita. Setidaknya hal ini mampu meminimalisir atau mengurangi potensi penyakit alzheimer ataupun parkinson. Nah, buat Anda yang ingin buah hati memiliki ingatan tajam, juga bagus dibuatkan sayuran dari kelor, karena mampu meningkatkan memori dan kinerja otak.

Baca juga 10 Manfaat Temulawak & Efek Samping Bagi Kesehatan

5. Sebagai Obat Cacing

Manfaat daun kelor juga dapat digunakan untuk membunuh cacing usus yang tidak baik. Tentu saja harus mencampurkan dengan bahan lain, seperti mencampurkan dengan cabai dan meniran.

6. Mengobati Asam Lambung

Keluhan yang paling banyak dirasakan oleh sebagian banyak orang adalah, keluhan asam lambung. Ternyata mengkonsumsi daun kelor juga dapat meredakan peradangan, iritasi dan mengatasi gejala sakit maag.

7. Meremajakan Kulit

Buat Anda yang tidak ada waktu melakukan perawatan kulit, namun ingin tetap tampil cantik. Maka bisa mengkonsumsi daun kelor. Mengkonsumsi daun kelor terbukti mampu membantu proses peremajaan kulit wajah menjadi lebih segar dan cerah. Hal ini karena daun kelor memiliki kemampuan merevitalisasi kulit dan memiliki khasiat anti aging. Sehingga kulit Anda tetap segar, sehat dan meminimalisir mengalami penuaan dini.

8. Melancarkan ASI

Buat para ibu-ibu muda yang mengalami gangguan ASI tidak lancar. Salah satu khasiat daun kelor adalah melancarkan ASI. Kandungan vitamin, kandungan asam amino dan mineral pada daun kelor dapat menunjang gizi ibu, sehingga produksi ASI pun terpenuhi. Hasil studi dari Philippine Journal of Pediatrics menunjukan bahwa ada seorang ibu melahirkan bayi secara prematur. Kemudian mengkonsumsi suplemen kelor, terbukti efektif meningkatkan produksi ASI hingga 125%.

Itulah beberapa khasiat daun kelor yang sangat bermanfaat untuk kehidupan kesehatan dan asupan gizi sehari-hari.

Efek Samping Daun Kelor

Terlepas dari banyaknya manfaat daun kelor di atas. Ternyata mengkonsumsi daun kelor secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping. Berikut effek samping yang bisa ditimbulkan

1. Gangguan Perut

Daun kelor ternyata bersifat pencahar. Sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih, dapat menimbulkan gangguan perut seperti mulas, dan distensi gas. Jadi, buat Anda yang ingin mengkonsumsi daun kelor untuk konteks pengobatan, alangkah baiknya konsultasi ke dokter, untuk mengetahui kadar dan dosis yang diperlukan tubuh.

2. Memicu Muntah

Selain menyebabkan gangguan perut, mengkonsumsi kelor terlalu banyak juga dapat menimbulkan muntah, disertai tidak enak di mulut. Tapi, ada satu hal yang perlu diingat, bahwasanya reaksi tubuh pada masing-masing orang berbeda-beda. Bisa jadi Anda tidak merasakan efek samping ini, tetapi bagi sebagian lagi akan merasakan dampak ini.

3. Meningkatkan Risiko Keguguran

Buat Anda yang sedang hamil muda, maka perlu diperhatikan jumlah daun kelor yang boleh dikonsumsi. Karena, jika terlalu banyak dan sering mengkonsumsi daun kelor saat hamil muda, dapat meningkatkan risiko keguguran.

Bagian tanaman kelor yang berbahaya bagi ibu hamil adalah bagian akar, batang dan daun, karena memiliki bahan kimia. Bahkan di bagian bunga dan kulit kayu pun juga dapat menimbulkan kontraksi. Jadi, harus berhati-hati dalam mengkonsumsi kelor.

Itulah manfaat daun kelor untuk kesehatan dan efek samping daun kelor yang perlu diwaspadai. Jika Anda masih kurang yakin ingin mengonsumsi daun kelor, sebaiknya Anda konsultasi ke dokter untuk hasil yang lebih memuaskan. 

Namun jika takut ke dokter dan tidak ingin mengeluarkan uang lebih banyak hanya untuk konsultasi manfaat daun kelor dengan berbagai manfaatnya Autoimuncare memiliki layanan konsultasi gratis. Silahkan konsultasi sekarang!

konsultasi banner

Baca artikel lainnya

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.