7 Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan & Efek Samping

Daun sambiloto menjadi salah satu tanaman herbal yang mempunyai banyak manfaat. Dari meningkatkan imun tubuh, mengobati flu, meredakan radang, menurunkan tekanan darah, sebagai Antioksidan hingga mencegah penyakit jantung.

Pada sambiloto (Andrographis paniculata) mengandung beberapa zat aktif, salah satunya andrografolid sebagai anti radang, antibakteri, dan antivirus

Manfaat Daun Sambiloto

1. Influenza

Siapa yang tidak pernah mengalami influenza? Hampir semuanya mengalaminya. Mengkonsumsi daun sambiloto efektif membunuh dan melawan virus didalam tubuh kita. Tidak hanya meredakan gejala penyerta influenza, pasalnya sambiloto juga bermanfaat untuk mengurangi anti radang akibat bakteri dan virus.

2. Menjaga Imun Tubuh

Daun sambiloto juga dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Setidaknya kandungan yang dimiliki sambiloto mampu memperbaiki sel-sel darah putih, dan melawat bakteri dan virus yang dapat menimbulkan infeksi. Ketika sistem imun baik dan kuat, tubuh kita tidak mudah sakit.

ISK

3. Meredakan Peradangan

Seperti yang disinggung sebelumnya, bahwasanya khasiat daun sambiloto dapat mengurangi dan meredakan peradangan akibat infeksi. Sambiloto dipercaya memiliki zat anti radang yang efektif untuk meredakan sakit penyerta akibat peradangan seperti nyeri, demam, badan tidak enak dan mengalami pembengkakan.

Baca juga 6 Manfaat Daun Meniran Membantu Mengobati Penyakit Kronis

4. Menurunkan Tekanan Darah

Pengemasan serbuk sambiloto ternyata ada banyak cara. Salah satunya digunakan untuk teh herbal atau suplemen. Nah, manfaatnya dapat menurunkan tekanan darah, melancarkan aliran darah agar tetap stabil. Hanya saja setiap mengkonsumsi sambiloto, harus sesuai takaran. Jangan terlalu banyak, karena dapat menimbulkan efek samping berupa hipotensi, atau penurunan tekanan darah secara drastis

5. Antioksidan

Khasiat daun sambiloto sebagai antioksidan yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Setidaknya buat yang belum terdeteksi kanker, mengkonsumsi sambiloto mampu mengurangi risiko. Jadi, tidak ada salahnya Anda mencoba.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan yang dimiliki sambiloto efektif mencegah penyakit jantung kambuh. Salah satu penyebab penyakit jantung disebabkan adanya penggumpalan dara di area jantung.

Setidaknya dengan mengkonsumsi sambiloto, mampu meminimalisir pembentukan gumpalan darah, sehingga mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah, sehingga peredaran darah pun kembali lancar, tanpa mengganggu kinerja jantung.

7. Baik Untuk Sistem Pencernaan

Mengkonsumsi sambiloto mampu mengatasi sembelit, mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Khasiat daun sambiloto mampu menjaga kerusakan organ akibat racun yang masuk ke dalam sistem pencernaan kita, sehingga sistem pencernaan akan baik-baik saja.

Baca juga 7 Manfaat Temu Mangga Untuk Kesehatan

Ciri Daun Sambiloto

Tanaman sambiloto tidak hanya bagian daun saja yang dimanfaatkan. Tetapi juga bagian akar, tetapi juga bagian batang juga dapat dimanfaatkan sebagai obat alternatif. Melihat semua bagiannya dapat dijadikan sebagai obat. Berikut ciri-ciri daun sambiloto.

  1. Berdaun tunggal, yang saling berhadapan dan berseling.
  2. Memiliki tangkai daun pendek
  3. Daun berbentuk lanset, namun memiliki ujung daun dan pangkal runcing
  4. Tepian daun rata
  5. Daun bagian permukaan atas berwarna hijau tua
  6. Ketika berbunga, berjenis rose moda dan bercabang seperti malai
  7. Bunga akan muncul di ketian daun
  8. Kelopak bunga sambiloto seperti tabung warna putih
  9. Buah berbentuk kapsul corong
  10. Panjang buah bisa mencapai 1,5 cm dengan lebar 0,5 cm.
  11. Buah bagian ujung dan pangkal berbentuk tajam

Efek Samping Sambiloto

Meskipun daun sambiloto kaya manfaat, jika dikonsumsi tidak sesuai porsi dan berlebih, akan menimbulkan efek samping. Jadi, pastikan konsumsi dalam porsi dan anjuran dokter. Karena ada beberapa efek samping yang muncul, jika dikonsumsi secara berlebih, diantaranya mengalami efek seperti.

  1. Muntah
  2. Diare
  3. Sakit kepala
  4. Kelelahan
  5. Reaksi alergi
  6. Kehilangan nafsu makan
  7. Jika dikonsumsi dalam waktu lama, dapat menimbulkan kerusakan hati
  8. Tidak disarankan untuk ibu hamil dan menysui
  9. Tidak diperuntukan untuk pasien autoimun dan darah rendah
  10. Tidak dibolehkan untuk pasien yang sedang mengkonsumsi obat-obatan dari dokter.

Konsumsi sambiloto hanya dianjurkan untuk dikonsumsi jangka waktu yang pendek saja. Jadi tidak diperuntukan untuk dikonsumsi secara rutin.  

Setelah mengetahui manfaat daun sambiloto dan efek samping sambiloto. Berkonsultasilah dengan dokter agar lebih aman untuk mengonsumsi daun sambiloto.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.