6 Manfaat Daun Meniran Membantu Mengobati Penyakit Kronis

daun meniran

Last Updated on Agustus 1, 2022 by Redaksi Autoimuncare

Manfaat daun meniran salah satunya bisa membantu untuk menghancurkan batu ginjal. 

Daun meniran merupakan salah satu tumbuhan yang dari dulu digunakan sebagai ramuan obat. Dikutip dari buku Tanaman Ajaib! Basmi Penyakit Dengan TOGA, meniran mengandung flavonoid, isoquercetin, inokinin, dan senyawa aktif lainnya. 

Manfaat Daun Meniran

Manfaat daun meniran yaitu mengobati batu ginjal, menurunkan darah tinggi, memperkuat imun tubuh, mencegah hepatitis B, Membunuh sel kanker, hingga menyembuhkan encok. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Mengobati Batu Ginjal

Daun meniran dapat digunakan untuk mengobati batu ginjal. Dari hasil studi International Brazilian Journal, Ternyata menir efektif membantu mengeluarkan kalium dan magnesium melalui urine. Meniran yang dikemas dalam bentuk ekstrak juga mengandung ion K yang mampu melarutkan batu empedu. Jadi tidak heran jika daun meniran juga bisa membantu mengendurkan ureter, agar batu ginjal luruh dan keluar.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Salah satu penyakit yang paling banyak dikeluhkan adalah memiliki tekanan darah tinggi. Jika darah tinggi tidak segera dikontrol, dapat memicu penyakit lain seperti jantung hingga stroke. Maka tidak heran jika daun meniran sering dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Menir mengandung kalium tinggi yang berperan untuk menurunkan hipertensi. Pasalnya, mengkonsumsi meniran efektif untuk untuk menjaga stabilitas tubuh.

3. Memperkuat Imun Tubuh

Kamu merasa sering lelah dan mudah sakit? Jika iya, kamu bisa mengkonsumsi daun meniran. Pasalnya meniran mampu meningkatkan dan menstabilkan sistem limfatik tubuh, guna memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan bakteri dan virus. Mengkonsumsi daun meniran mampu meminimalisir terjadinya kerusakan sel, sehingga tubuh pun akan tetap sehat, tidak mudah sakit.

4. Mencegah Hepatitis B

Hepatitis B juga menjadi salah satu keluhan kesehatan yang cukup sering. Dampak gangguan kesehatan hepatitis B dapat menyebabkan peradangan dan pembekakan hati. Kandungan daun meniran memiliki flavonoid yang terbukti sebagai antioksidan yang mampu melindungi jaringan dari kerusakan. Dan daun meniran salah satu obat yang mampu meminimalisir terjadinya peradangan hati.

5. Membunuh Sel Kanker

Pola makan yang serba instans dan cepat, semakin menambah penderita kanker. Ternyata mengkonsumsi meniran efektif mampu mencegah pertumbuhan antitumor dengan cara menginduksi apoptosis dengan cara mengganti sel lama dengan sel baru.

6. Menyembuhkan Encok

Buat kamu yang memiliki riwayat sakit asam urat, juga bisa disembuhkan menggunakan ekstrak menir. Setidaknya dengan khasiat daun menir, mampu menyeimbangkan kadar asam urat di dalam tubuh, agar serangan tidak lagi datang dan mengganggu aktivitas dalam keseharian. 

Ciri ciri Daun Meniran

Barangkali ada diantara kamu yang masih belum tahun daun meniran itu seperti apa sih? Berikut ciri-cirinya: 

  •  Tumbuh di tanah lapang/pinggir hutan atau di pekarangan
  • Tinggi pohon maksimal sekitar 1 meteran.
  • Pohon bulat tegak lurus
  •  Bunga berbentuk kotak dengan katup berbulu
  • Buahnya berbentuk bulat kecil, bergerombol, yang tumbuh dibawah permukaan daun.
  • Daun kecil, bentuknya lonjong berjarak.

Itulah beberapa ciri-ciri tanaman daun meniran. Saya yakin, kamu pun sebenarnya sering menemukan tanaman liar ini di sekitar rumah kamu.

Efek samping Daun Meniran

Meskipun daun meniran memiliki banyak khasiat, dan sudah sering dijadikan pengobatan alternatif bagi leluhur kita. Ternyata mengkonsumsi meniran dalam jumlah terlalu banyak, dapat menimbulkan efek samping. Berikut beberapa efek samping yang akan ditimbulkan.

  • Sakit perut
  • Mengalami diare 
  • Menimbulkan reaksi alergi, bagi yang memiliki alergi seperti ruam, gatal atau mengalami pembengkakan di bagian kulit dan bibir.

Itulah beberapa efek samping mengkonsumsi meniran dalam jumlah terlalu banyak. Atau mungkin yang memiliki bawaan alergi atau penyakit lain. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Cara Konsumsi Daun Meniran

Buat kamu yang penasaran, dan ingin mencoba mengkonsumsi daun meniran untuk obat alternatif. Maka kamu perlu tahu bagaimana cara mengkonsumsinya.

1. Cara mengkonsumsi daun meniran 1 – Untuk Penderita Hepatitis

Berbicara cara menikmati daun meniran, ada banyak cara, tergantung peruntukannya. Misalnya, untuk mengobati hepatitis, kamu bisa menyiapkan 30-60 gram meniran. Rebus dengan 3 gelas. Diamkan selama beberapa waktu. Kira-kira tersisa 1 gelas, dinginkan, dan sering. Siap diminum. Konsumsi setiap hari selama satu minggu.

2. Cara mengkonsumsi daun meniran 2 – Untuk Gangguan Saluran Kencing

Sementara untuk gangguan saluran kencing, kamu bisa menyiapkan 30 gram meniran dan daun kumis kucing. Regus dengan 3 gelas air. Diamkan, sampai tersisa sekitar 1 setengah gelas. Dinginkan, dan siap minum di pagi, siang dan malam hari.

Itulah beberapa manfaat daun meniran sebagai ramuan obat. Tentunya produk Autoimuncare juga menggunakan meniran sebagai salah satu komposisi obat herbal.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.