7 Manfaat Temu Mangga Untuk Kesehatan – Autoimuncare

temu mangga

Last Updated on Agustus 1, 2022 by Redaksi Autoimuncare

Manfaat Temu mangga salah satu ramuan obat yang membantu mengobati maag dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Temu mangga atau kunyit mangga merupakan empon-empon yang memiliki manfaat kesehatan sama seperti temu putih. Empon-empon ini bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan, penyakit kanker, dan meningkatkan nafsu makan.

Temu mangga sudah dimanfaatkan sebagai obat tradisional sejak lama, karena mengandung berbagai jenis senyawa di dalamnya. Salah satunya, senyawa β-hexosaminidase yang berfungsi sebagai anti alergi pada tubuh. Bahkan, kunyit mangga ini juga memiliki senyawa yang bisa menjaga kesehatan organ pencernaan.

Manfaat Temu Mangga

Manfaat temu mangga sebagai obat tradisional diantaranya yaitu Antikanker, mengobati anemia, mengobati maag, tinggi antioksidan, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan nafsu makan, dan mencegah penuaan. Berikut penjelasan secara detail:

1. Antikanker

Temu mangga memiliki senyawa yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker pada tubuh. Kandungan kurkumin di dalamnya itulah yang berperan membunuh dan mengatasi sel kanker pada tubuh agar tidak menyebar dan menjalar ke seluruh tubuh.

Kandungan ini pula yang bisa menghambat poliferasi sel kanker, sehingga sel kanker tidak bisa menyebar dan mati.

2. Mengobati anemia

Khasiat temu mangga lainnya adalah membantu mengobati anemia, yakni kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah. Karena, kunyit mangga memiliki senyawa zat besi yang banyak.

Zat besi salah satu komponen utama yang menyusun sel darah merah. Zat besi dalam tubuh berikatan dengan hemoglobin dan mioglobin sel darah merah yang berfungsi mengikat oksigen.

3. Mengobati maag

Khasiat temu mangga lainnya adalah mengobati penyakit maag karena iritasi atau luka di dinding lambung yang menyebabkan rasa nyeri. Sebab, empon-empon ini memiliki kandungan atsiri di dalamnya yang merupakan anti inflamasi untuk menyembuhkan luka.

Kunyit mangga menyembuhkan penyakit maag juga dengan cara merangsang tubuh untuk lebih banyak menghasilkan lendir. Lendir inilah yang berfungsi melindungi lambung dari iritasi yang menyebabkan penyakit maag.

Baca juga 6 Manfaat Daun Meniran Membantu Mengobati Penyakit Kronis

4. Tinggi antioksidan

Kunyit mangga juga kaya antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin C. Vitamin C inilah yang merangsang tubuh agar memproduksi sel darah putih lebih banyak.

Sel darah putih merupakan komponen utama sistem imunitas tubuh, supaya lebih kuat menangkal efek dari radikal bebas pada tubuh. 

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kunyit mangga mengandung vitamin C yang berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh, supaya tidak mudah terserang penyakit. Apalagi temu mangga juga mengandung antioksidan dan anti inflamasi yang sangat baik untuk kesehatan.

6. Meningkatkan nafsu makan

Kunyit mangga juga bisa membantu meningkatkan nafsu makan secara alami, terlebih bagi penderita penyakit serius seperti kanker. Karena, mereka biasanya mengalami penurunan nafsu makan setelah menjalani kemoterapi. Jadi, konsumsi temu mangga bisa membantu mengembalikan nafsu makannya.

7. Mencegah penuaan

Khasiat temu mangga yang terakhir adalah mencegah penuaan, karena empon-empon ini mengandung vitamin E. Vitamin E salah satu asupan vitamin yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Vitamin E bisa mencegah penuaan dini, karena membantu mengganti sel-sel kulit yang mati dengan sel kulit baru. Asupan vitamin E ini pula yang membantu tubuh memproduksi lebih banyak kolagen.

Ciri-ciri Temu Mangga

Temu mangga memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakannya dengan jenis temu lainnya. Salah satunya, Anda bisa mengenali aroma temu mangga yang mirip dengan mangga matang. 

Selain itu, kunyit mangga juga memiliki batang batang rimpang yang bisa mencapai 2 meter dan berwarna coklat tua. Kemudian, kunyit mangga ini juga memiliki daun berwarna hijau yang runcing dan panjangnya bisa mencapai 80 cm.

Efek Samping Temu Mangga

Khasiat temu mangga untuk kesehatan tubuh menyeluruh memang tak perlu diragukan kembali. Tapi, Anda juga harus tahu bahwa kunyit mangga ini bisa memberikan beberapa efek samping, seperti:

1. Mual

Kunyit mangga memiliki kandungan alkaloid yang bisa menyebabkan mual bila Anda mengkonsumsinya secara oral. Karena, kandungan inilah yang menimbulkan rasa pahit ketika Anda mengkonsumsinya.

Rasa pahit yang berlebihan ini bisa membuat orang mual disertai perut terasa tidak nyaman. Anda lebih baik berhenti konsumsi kunyit mangga dan konsultasi dengan dokter bila mengalami efek samping tersebut.

2. Batu ginjal

Efek samping terburuk dari konsumsi kunyit mangga adalah penyakit batu ginjal. Karena, kunyit mangga mengandung oksalat yang sangat tinggi, sehingga bisa mengakibatkan penyakit batu ginjal.

Asam oksalat dalam kunyit mangga ini bisa memunculkan senyawa yang tidak bisa larut dan tidak bisa dicerna di dalam tubuh. Pada akhirnya, senyawa ini akan mengendap di ginjal dan menyebabkan batu ginjal.

Manfaat daun meniran sangat banyak untuk kesehatan. Obat dari Autoimuncare juga menerapkan temu mangga menjadi salah satu komposisi obat herbal.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.