11 Manfaat Sarang Semut Bisa Bantu Atasi Sakit Kronis

sarang semut

Last Updated on Agustus 2, 2022 by Redaksi Autoimuncare

Salah satu manfaat sarang semut adalah untuk membantu mengobati kanker. Sarang semut mengandung flavonoid yang bisa membunuh tumor dan menghentikan sel kanker berkembang biak

Tanaman herbal khas Papua ini memiliki nama latin Myrmecodia pendans. Di luar negeri, tanaman ini dikenal dengan sebutan ant nest

Tanaman ini disebut sebagai sarang semut, karena ada rongga-rongga tak beraturan di bagian dalam batang bonggolnya ketika dibelah. Tanaman ini juga merupakan sarang atau tempat tinggal koloni semut. 

Tanaman herbal dari Papua ini sudah dipercaya sebagai obat herbal tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan sejak lama. Karena, sarang semut ini memiliki banyak kandungan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Manfaat Sarang Semut 

Tanaman sarang semut sebagai pengobatan herbal memiliki banyak manfaat kesehatan, antara lain: 

1. Mengobati kanker 

Kanker salah satu penyakit mematikan, yang pengobatannya cukup mahal dan bisa menimbulkan efek samping. Sarang semut pun dipercaya bisa mengobati penyakit ini dengan membunuh sel kankernya.

Karena, tanaman ini mengandung flavonoid yang bisa membunuh tumor dan menghentikan sel kanker berkembang biak. Bahkan, pengobatan kanker menggunakan sarang semut ini cukup efektif dan tanpa efek samping. 

2. Menjaga kesehatan jantung 

Jantung salah satu organ vital manusia yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh ini harus dijaga dari berbagai masalah kesehatan. Karena, masalah kesehatan terkait jantung bisa berakibat fatal, seperti stroke, jantung koroner, hipertensi dan lainnya. 

Tapi, konsumsi sarang semut yang kaya flavonoid, mineral, kalium, dan kalsium bisa membantu menjaga kesehatan jantung, mengatasi berbagai gejala penyakit jantung dan mencegah penyakit jantung. 

3. Mengontrol tekanan darah tinggi 

Darah tinggi terjadi ketika ada penggumpalan darah dalam tubuh. Tapi, konsumsi tanaman herbal ini membantu mencegah darah tinggi dan penyakit yang disebabkan olehnya. 

Karena, sarang semut mengandung senyawa tokoferol yang mampu mengencerkan darah sehingga bisa mengatasi penggumpalan darah dan tekanan darah tinggi. 

4. Mengontrol diabetes 

Salah satu cara mencegah diabetes atau dampaknya adalah mengontrol kadar insulin dalam tubuh. Tanaman herbal ini pun dipercaya bisa menurunkan kadar insulin dalam tubuh. 

Selain itu, sarang semut bisa mengobati diabetes dengan cara memulihkan fungsi organ tubuh, khususnya organ pankreas. Supaya, pankreas bisa menghasilkan hormon insulin yang cukup, sehingga gula darah bisa diolah menjadi zat yang mudah diserap oleh sel-sel di dalam tubuh. 

Baca Juga 6 Manfaat Daun Meniran Membantu Mengobati Penyakit Kronis

5. Mengatasi benjolan payudara 

Benjolan di payudara bisa menandakan tumor atau kanker yang cukup menakutkan bagi perempuan. Benjolan tumor pada payudara ini biasanya berisi cairan getah bening dan sel darah putih. 

Konsumsi sarang semut yang mengandung flavonoid dipercaya bisa mengobati benjolan payudara secara perlahan. 

6. Memperlancar menstruasi 

Beberapa wanita mungkin memiliki masalah menstruasi tidak lancar. Kondisi ini cukup membuat kekhawatiran, karena berkaitan dengan organ reproduksi wanita. 

Tapi, konsumsi sarang semut bisa membantu memperlancar menstruasi. Bahkan, tanaman herbal ini juga bisa mengatasi masalah organ reproduksi wanita lainnya, seperti mengatasi keputihan berlebih. 

7. Mengatasi ambeien 

Ambeien bukanlah suatu penyakit serius yang mematikan. Tapi, penyakit ini cukup tidak nyaman dan bisa memicu masalah kesehatan lain yang lebih berbahaya. 

Tapi, tanaman sarang semut yang kaya senyawa flavonoid dan tanin ini bisa membantu mengatasi ambeien atau wasir. 

Baca juga 8 Manfaat Daun Kelor & Efek Samping Untuk Kesehatan

8. Mengobati rematik 

Rematik salah satu penyakit yang biasanya menyerang lansia. Tapi, sarang semut yang mengandung flavonoid ini bisa menjadi inhibitor enzim xanthine yang baik untuk mengatasi rematik. 

Apalagi, tanaman ini juga mengandung antioksidan dan tokoferol atau vitamin E yang bisa bekerja baik untuk mengobati rematik. Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan mengonsumsi air rebusannya.

9. Mengatasi migrain 

Semua orang pasti pernah mengalami migrain, baik ringan hingga parah yang cukup mengganggu aktivitas harian. Tapi, kandungan flavonoid dan multi-mineral yang ada di dalam sarang semut, khususnya kalsium, natrium, dan magnesium bisa membantu mengobati migrain. Anda bisa minum air rebusannya untuk mengatasi migrain tanpa efek samping. 

10. Meningkatkan kekebalan tubuh dan metabolisme 

Konsumsi sarang semut yang kaya kandungan vitamin dan mineral ini bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan metabolisme tubuh dengan cara yang baik. 

11. Antibiotik 

Saran semut tidak hanya sumber antioksidan baik bagi tubuh, tetapi juga bisa bertindak sebagai antibiotik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan terkait serangan bakteri.

Jadi, Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat kesehatan dari sarang semut itu secara maksimal dengan mengonsumsi air rebusannya secara rutin. Jika anda masih ragu ingin mengonsumsi sarang semut sebaiknya Anda harus konsultasi ke dokter. Namun jika kontulasi ke dokter takut dan tidak ingin mengeluarkan uang. Autoimuncare memiliki fasilitas konsultais gratis. Silahkan konsultasikan berbagai keluhan atau penyakit yang anda rasakan.

konsultasi banner

Baca artikel lainnya

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.