Minyak Jintan Hitam – Manfaat, Cara Konsumsi & Efek Samping

minyak jinten hitam
demam, tenggorokan sakit, dan pusing kepala?

Minyak jintan hitam memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh, mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan kanker, mengurangi pembengkakan dan mengurangi reaksi alergi dengan bertindak sebagai antihistamin.

Minyak jintan hitam atau habbatussauda adalah tanaman berbunga asli Asia dan Mediterania. Biji tanaman itu sudah lama digunakan sebagai obat tradisional selama ribuan tahun.

Orang biasanya menggunakan minyak jintan hitam untuk mengatasi asma, demam, diabetes, tekanan darah tinggi, eksim, penurunan berat badan, kram menstruasi, dan banyak kondisi lainnya.

Tapi, sejauh ini belum ada bukti ilmiah yang baik untuk mendukung semua manfaat habbatussauda tersebut.

Manfaat Minyak Jintan Hitam

Umumnya, minyak jintan hitam ini digunakan untuk mengobati sakit kepala, sakit punggung, infeksi hingga peradangan. Berikut ini, beberapa manfaat kesehatan dari habbatussauda.

1. Mengatasi jerawat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak jintan hitam bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit, seperti jerawat. Karena, habbatussauda memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi.

Ada satu penelitian yang melibatkan 60 orang untuk mengoleskan gel topikal yang dibuat dari habbatussauda ke kulit 2 kali sehari selama 60 hari.

Hasilnya, para peserta mengalami penurunan 78 persen dalam hal keparahan jerawat bersama dengan peningkatan yang signifikan dalam jumlah lesi jerawat dibandingkan dengan kelompok kontrol.

2. Mengobati psoriasis

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa minyak jintan hitam bisa membantu mengobati psoriasis, yakni suatu kondisi peradangan kronis yang ditandai dengan bercak merah bersisik pada kulit.

Satu penelitian pada hewan menemukan bahwa mengoleskan habbatussauda ke kulit mengurangi peradangan dan gejala psoriasis pada tikus.

Saat ini, tidak banyak penelitian yang membahas mengenai efek habbatussauda pada psoriasis manusia. Namun, satu penelitian kecil pada 12 orang mengevaluasi efek krim herbal yang mengandung habbatussauda bersama dengan bahan lain, seperti minyak zaitun, minyak pohon teh, mentega kakao, vitamin A dan B12.

Mereka menemukan bahwa 83 persen peserta mengalami setidaknya 75 persen penurunan keparahan psoriasis setelah mengoleskan krim dengan habbatussauda ke area yang sakit setiap hari selama 12 minggu.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Minyak jintan hitam mengandung senyawa yang disebut thymoquinone, yang mampu merangsang pertumbuhan jaringan dan mempercepat penyembuhan luka.

Studi pada hewan telah menemukan bahwa thymoquinone dapat membantu mengobati luka bakar, eksisi, dan luka diabetes, karena efek anti-inflamasi, antioksidan, dan antibakterinya.

Contohnya, satu penelitian pada hewan menemukan ekstrak habbatussauda meningkatkan penyembuhan luka pada tikus dengan diabetes dibandingkan dengan kelompok kontrol secara signifikan.

Penelitian pada hewan lain menunjukkan bahwa mengoleskan habbatussauda yang dikombinasikan dengan madu membantu meningkatkan dan mempercepat penyembuhan luka pada tikus

Baca juga 6 Manfaat Daun Meniran Membantu Mengobati Penyakit Kronis

4. Meningkatkan kesehatan rambut

Minyak jintan hitam yang memiliki sifat antimikroba dan antioksidannya juga sering ada dalam produk perawatan rambut, termasuk masker rambut dan sampo.

Meskipun banyak dari produk ini mengklaim dapat meningkatkan kilau, kekuatan, volume, dan tekstur rambut, hanya ada sedikit penelitian yang membahas manfaat habbatussauda untuk kesehatan rambut.

Namun, satu penelitian yang sangat kecil dari tahun 2014 menemukan bahwa mencampur minyak kelapa dengan habbatussauda meningkatkan pertumbuhan rambut ketika orang mengoleskannya ke kulit kepala tiga kali sehari

Sebuah penelitian pada 90 orang juga menunjukkan bahwa minyak rambut yang mengandung habbatussauda dan bahan herbal lainnya secara signifikan mengurangi kerontokan rambut setelah 90 hari.

5. Mengobati vitiligo

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak jintan hitam bermanfaat untuk pengobatan vitiligo, gangguan yang menyebabkan hilangnya pigmentasi pada kulit.

Satu studi pada 33 orang dengan vitiligo menemukan bahwa mengoleskan krim yang dibuat dari habbatussauda ke kulit dua kali sehari meningkatkan pigmentasi di tangan, wajah, dan daerah genital setelah 6 bulan.

Studi lain tahun 2014 pada 52 orang menunjukkan bahwa mengoleskan habbatussauda secara topikal selama 6 bulan mengurangi ukuran lesi vitiligo, terutama pada lengan, batang tubuh, kepala, dan leher secara signifikan.

6. Mengurangi peradangan

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak jintan hitam memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Hal itu membuatnya bermanfaat untuk berbagai aspek kesehatan.

Karena, beberapa penelitian menunjukkan bahwa peradangan dapat berkontribusi pada perkembangan banyak kondisi kronis, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker.

Menurut ulasan dari 10 penelitian, mengkonsumsi habbatussauda dapat mengurangi beberapa penanda peradangan sekaligus meningkatkan kadar antioksidan dalam darah.

Tak hanya itu, minyak jintan hitam mungkin lebih efektif dalam mengurangi peradangan daripada bentuk jintan hitam lainnya.

7. Mengontrol gula darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak jintan hitam bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula darah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa habbatussauda dapat membantu meningkatkan beberapa penanda kontrol gula darah, termasuk kadar insulin dan kadar gula darah selama puasa dan setelah makan.

8. Mengurangi gejala eksim

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa minyak jintan hitam bisa meringankan gejala eksim, yakni suatu kondisi kulit yang ditandai dengan kulit kering dan gatal.

Satu studi tahun 2012 menemukan bahwa habbatussauda sama efektifnya dengan krim betametason, sejenis kortikosteroid dalam meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi keparahan eksim tangan ketika dioleskan dua kali sehari selama 4 minggu.

Adapun manfaat lain dari habbatussauda, seperti membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh hingga mencegah sindrom metabolik.

Cara Konsumsi Minyak Jintan Hitam

Ada tiga tahapan ketika ingin mengkonsumsi minyak jintan hitam sebagai pengobatan tradisional.

1. Siapkan jintan hitam

Anda tidak bisa mengkonsumsi jintan hitam dalam kondisi utuh atau mentah. Anda harus memanaskannya agar tidak membahayakan kesehatan lambung dan rasanya lebih mudah untuk dinikmati.

Anda bisa menuangkan jintan hitam secukupnya ke wajan dan sangrai dengan api kecil sambil terus diaduk selama beberapa menit.

Setelah disangrai selama 5 menit, cobalah cicipi rasanya dan jintan hitam yang sudah matang biasanya berubah rasa menjadi tawar. Jika rasanya masih tajam, lanjutkan sangrai sampai matang.

2. Tumbuk jintan hitam

Setelah jintan hitam matang, Anda bisa menumbuknya sampai hancur agar mudah disantap. Anda bisa menumbuknya sampai teksturnya menjadi bubuk. Setelah halus, Anda bisa langsung mengkonsumsinya dalam bentuk minuman atau lainnya.

3. Simpan jintan hitam

Bila Anda tidak langsung menggunakannya, Anda bisa menyimpan bubuk jintan hitam ke dalam wadah rapat, supaya tidak tercemar oleh udara lembab. Anda juga bisa menyimpannya dalam bentuk kapsul agar lebih mudah dikonsumsi.

Jika Anda tidak sabar melalui semua proses itu, Anda bisa membeli minyak jintan hitam yang sudah dipanaskan di toko kesehatan.

Tapi, hindari produk yang menyarankan konsumen mengkonsumsi dalam dosis besar. Anda hanya bisa mengonsumsi dalam dosis kecil, yakni sebanyak 1 sendok teh dua kali sehari.

Efek Samping MInyak Jintan Hitam

Di samping sejumlah manfaat kesehatannya, minyak jintan hitam juga bisa menimbulkan beberapa efek samping, seperti:

1. Saat diminum

Habbatussauda biasanya dikonsumsi dalam makanan. Minyak jintan hitam mungkin aman jika dikonsumsi dalam jumlah yang lebih besar hingga 3 bulan. 

Tapi, tidak ada informasi yang cukup akurat kalau konsumsi habbatussauda dalam jumlah lebih besar selama lebih dari 3 bulan ini aman atau tidak. 

Habbatussauda juga dapat menyebabkan ruam alergi pada beberapa orang. Bahkan, mengonsumsi juga dapat menyebabkan sakit perut, muntah, atau sembelit .

2. Saat dioles ke kulit

Minyak jintan hitam atau gel mungkin aman bila dioleskan ke kulit dalam jangka pendek. Tapi, minyak ini dapat menyebabkan ruam alergi pada beberapa orang.

Kesimpulan

Minyak jintan hitam atau habbatussauda adalah bahan herbal kuat yang dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan dan kecantikan.

Secara khusus, minyak ini dapat meredakan peradangan, menurunkan kadar gula darah, meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, dan membantu Anda mengatur berat badan.

Minyak herbal ini juga cukup terjangkau dan sudah tersedia di beberapa toko kesehatan. Tapi, Anda harus berhati-hati mengkonsumsi karena bisa menimbulkan efek samping pada beberapa orang.

Referensi

  • https://www.healthline.com/health/food-nutrition/black-seed-oil-benefits
  • https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-901/black-seed

Baca juga artikel lainnya:

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.