[Terbukti] Manfaat Jinten Hitam Bagi Kesehatan & Efek Samping

jinten hitam
demam, tenggorokan sakit, dan pusing kepala?

Telah terbukti memiliki banyak manfaat jinten hitam untuk kesehatan dan dapat membantu dalam sejumlah kondisi seperti, Peradangan, asma, kolesterol tinggi, diabetes dan lain lain.

Jinten hitam atau juga dikenal dengan Habbatussauda merupakan nama umum untuk benih tanaman Nigella sativa, yang tumbuh di Eropa bagian selatan, Timur Tengah, dan Asia barat daya. Jinten hitam juga dikenal sebagai nigella, jintan hitam, bunga adas, jintan hitam, dan ketumbar Romawi.

Biji jinten hitam juga dapat diekstrak menjadi minyak. Anda bisa menemukan kapsul minyak jinten hitam di toko kesehatan dan online. Baik minyak maupun bijinya, yang dapat dikonsumsi mentah atau dipanggang sebentar, telah lama digunakan sebagai tanaman obat bahkan tercantum dalam isi kitab suci. Sehingga, tanaman ini memang sudah terkenal akan khasiatnya untuk kesehatan. 

Apa Manfaat Jinten Hitam Bagi Kesehatan?

Manfaat jinten hitam atau habbatussauda terutama karena senyawa aktif utamanya yang disebut thymoquinone, yang telah menunjukkan antioksidan, anti-inflamasi, dan sifat terapeutik lainnya yang melindungi tubuh dari kerusakan sel dan penyakit kronis.

Selain menawarkan berbagai macam vitamin dan mineral penting, jintan hitam telah menunjukkan banyak manfaat kesehatan, diantaranya: 

1. Efek Anti-Peradangan

Biji atau minyak jinten hitam telah terbukti mengurangi peradangan dan mengendurkan otot polos, meringankan gejala penderita asma dalam studi klinis.

Adanya sifat antioksidan di dalamnya membantu mencegah gangguan pencernaan dan meredakan gejala terkait.

Bahkan jinten hitam juga mampu membantu peradangan saraf, atau peradangan jaringan otak, yang dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson. Sejauh ini, penelitian hanya dilakukan pada hewan, sehingga diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat potensial ini pada manusia.

2. Gangguan Metabolik dan Dukungan Penurunan Berat Badan

Ketika dikonsumsi sebagai suplemen, minyak jintan hitam dapat membantu orang memerangi obesitas dan gangguan metabolisme. Studi terbaru menunjukkan bahwa penggunaannya sebagai suplemen dapat mengurangi berat badan dan BMI, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan.

3. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Penelitian awal telah menemukan bahwa jintan hitam dapat membantu menurunkan tekanan darah pada orang sehat. Satu studi pada 70 orang dewasa yang sehat mencatat bahwa 1/2 sendok teh (2,5 mL) minyak jintan hitam dua kali sehari selama 8 minggu secara signifikan mengurangi tingkat tekanan darah, dibandingkan dengan plasebo.

Meskipun menjanjikan, penelitian keseluruhan tentang minyak jintan hitam dalam mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol masih terbatas. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi dosis optimal.

Baca juga Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan dan Penyakit Kronis

Selain itu, jinten hitam juga berpotensi membantu menurunkan kolesterol. Wanita yang menggabungkan suplemen jintan hitam dengan diet rendah kalori menurunkan kolesterol mereka lebih banyak daripada wanita yang tidak mengonsumsi suplemen.

4. Menurunkan Gula Darah

Orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi suplemen jintan hitam secara rutin menunjukkan kadar gula darah menjadi lebih rendah sehingga menempatkan mereka pada risiko yang lebih kecil untuk komplikasi terkait diabetes di masa depan.

5. Baik untuk Kesehatan Rambut dan Kulit 

Selain kegunaan medis, minyak biji hitam biasanya digunakan secara topikal untuk membantu berbagai kondisi kulit dan untuk melembabkan rambut.

Penelitian menunjukkan bahwa karena efek antimikroba dan anti-inflamasinya, minyak biji hitam dapat membantu dalam mengobati beberapa kondisi kulit, seperti jerawat, eksim, kulit kering umum, dan psoriasis.

Meskipun klaim bahwa minyak juga dapat membantu menghidrasi rambut dan mengurangi ketombe, belum ada studi klinis yang mendukung klaim ini.

Cara Konsumsi Jinten Hitam untuk Kesehatan

Bagi Anda yang tertarik mengkonsumsi jinten hitam untuk kesehatan, ada banyak cara yang bisa Anda pakai. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda bisa menggunakan jinten hitam dari biji maupun olahan minyaknya.

Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk mengolah sendiri, Anda bisa membeli olahan jinten hitam di toko kesehatan dan marketplace. 

Berikut adalah cara mengkonsumsi jinten hitam: 

Langsung Diseduh

Konsumsi satu sendok teh jintan hitam dua kali setiap hari dipercaya dapat melindungi dari berbagai penyakit. Caranya cukup ambil satu sendok teh biji hitam dua kali setiap hari atau Anda juga bisa menggunakan minyak biji hitam, kemudian diseduh menggunakan air hangat

Campur dengan Madu

Konsumsi minyak biji hitam dengan madu. Ukur satu sendok teh minyak biji hitam dan campur dengan satu sendok teh madu mentah. Ambil ini satu sampai tiga kali setiap hari. Anda juga dapat menambahkan satu sendok teh bubuk biji hitam yang dihancurkan ke dalam campuran.

Konsumsi Air Rebusannya 

Jika Anda tidak ingin menghancurkan bijinya tetapi ingin mengkonsumsinya, cobalah untuk merebusnya dalam air. Rebus sedikit air dengan satu sendok teh biji hitam. Setelah mendidih, biarkan mendidih selama sekitar lima menit. Kemudian tuang ke dalam mug dan minum setelah cukup dingin untuk dikonsumsi. 

Campur dengan Kefir atau Yogurt 

Minyak biji hitam secara tradisional digunakan untuk penyakit usus dan perut. Cobalah mencampur satu cangkir kefir, yogurt Yunani, atau yogurt tawar dengan satu sendok teh minyak biji hitam. Makan ini dua kali setiap hari.

Tabur ke Makanan

Setelah memanaskan dan menghancurkan biji jinten hitam, Anda dapat menambahkan bubuk ataupun minyak jinten hitam ke dalam makanan apa pun. Pertimbangkan untuk memasukkan satu sendok teh ke dalam roti, oatmeal, smoothies, atau apa pun yang Anda makan.

Pakai sebagai Masker Wajah

Minyak biji hitam mungkin memiliki beberapa sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi jerawat atau masalah kulit lainnya. Pijat minyak biji hitam ke kulit setiap hari sebagai bagian dari rutinitas kecantikanmu.

Apa Efek Samping Mengonsumsi Jinten Hitam?

Minyak jintan hitam maupun bijinya telah terbukti sebagian besar aman dalam dosis kecil, tetapi beberapa orang mungkin mengalami beberapa efek samping. Pertimbangkan hal berikut sebelum mengonsumsi suplemen habbatussauda (jinten hitam):

Masalah Pencernaan

Beberapa orang telah melaporkan mual dan kembung setelah mengkonsumsi jinten hitam.

Gangguan Obat

Karena jintan hitam dapat mempengaruhi metabolisme Anda , itu dapat mengganggu beberapa obat resep. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda menggunakan obat apa pun yang mungkin terpengaruh.

Kesimpulan 

Penelitian saat ini menunjukkan manfaat jinten hitam mungkin efektif dalam pengobatan asma, membantu upaya penurunan berat badan, dan membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Selanjutnya, efek anti-inflamasi dan antioksidan thymoquinone dalam minyak biji hitam dapat melindungi kesehatan otak dan memperlambat pertumbuhan sel kanker. 

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan keamanan jangka panjang dan efektivitas minyak jintan hitam.

Sebelum mencoba minyak jintan hitam, pastikan Anda sudah konsultasi pada ahli kesehatan untuk menentukan apakah dan berapa banyak minyak jintan hitam yang harus dikonsumsi.

Referensi:

How to Use Black Seed” Diakses dari https://www.wikihow.com/Use-Black-Seed Pada 15 Agustus 2022

Black Seed – Uses, Side Effects, and More” Diakses dari https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-901/black-seed Pada 15 Agustus 2022

Black Seed: Are There Health Benefits?” https://www.webmd.com/diet/black-seed-health-benefits Pada 15 Agustus 2022

What Is Black Seed Oil? All You Need to Know” https://www.healthline.com/nutrition/black-seed-oil Pada 15 Agustus 2022

Baca juga artikel lainnya:

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.