5 Penyebab Benjolan di Ketiak dan Cara Mengobatinya

Penyebab benjolan di ketiak bisa dikarenakan berbagai alasan, termasuk infeksi, iritasi kulit, dan penyakit kronis. Benjolan bisa terjadi pada pria dan wanita. Penyakit ini biasanya akan hilang dengan sendirinya, tapi pada kesempatan langka penyakit ini adalah tanda kanker.

Penyakit ini dapat dijadikan sebagai indikasi gejala kanker payudara. Baik itu kanker payudara jinak ataupun kanker yang berbahaya.

Benjolan di ketika menjadi indikasi kanker payudara. Karena di bagian payudara itu sendiri tidak menunjukan gejala seperti benjolan ataupun bengkak secara dini. Benjolan di tahap awal, mungkin tidak begitu mengganggu.

Namun jika benjolan semakin lama semakin membesar, dan disertai dengan sakit, maka segera periksakan ke dokter.

ISK

Penyebab Benjolan Di Ketiak

Penyebab munculnya benjolan di ketiak yaitu mengalami infeksi dan pembengkakan getah bening, abses atau kista, reaksi alergi, kanker payudara, dan leukimia. Untuk penjelasan lebih lanjut baca penjelasan berikut:

1. Infeksi dan Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Salah satu faktor utama kenapa benjolan di ketiak muncul, karena adanya infeksi dan pembengkakan kelenjar getah bening. Dimana kelenjar getah bening ini memiliki peran dan fungsi yang penting untuk mengatur sistem kekebalan tubuh kita loh.

Jika kelenjar getah bening sudah mengalami error, maka sistem kekebalan tubuh kita pun akan mendapatkan pengaruhnya juga. Adapun peran penting dari kelenjar getah bening, yaitu bertugas untuk melawan bakteri dan menyaring virus-virus yang masuk di dalam tubuh kita.

Ketika kelenjar getah bening mengalami pembengkakan, akan disertai dengan demam atau tidak enak badan. Untuk ukuran biasanya berukuran kecil, sebesar kacang polong.

2. Abses atau Kista

Benjolan di ketiak bisa juga disebabkan karena mengalami iritasi, sehingga menimbulkan kista (abses). Umumnya, kemunculan kista disebabkan oleh bakteri dibawah kulit. Bakteri akan masuk melalui luka kecil atau goresan. Kemudian bakteri akan berkembang biak, dan terjadilah pembengkakan di jaringan tubuh.

Kista ini berisi cairan kental seperti bubur. Jika benjolan disebabkan oleh kista, akan disertai rasa sakit, dan muncul benjolan nanah yang besar. Disertai dengan gejala lain, seperti nyeri tubuh akibat infeksi, demam, dan mengigil.

3. Reaksi Alergi

Alergi bisa dari deodorant yang tidak cocok, sabun yang mengandung antiperspirant dan masih banyak lagi. Biasanya setiap orang memiliki reaksi yang berbeda-beda. Jika disebabkan karena deodoran atau sabun, sebaiknya segera dihentikan, sebelum menimbulkan efek samping lebih parah.

4. Kanker Payudara

Salah satu penyebab penyakit ini adalah kanker payudara. Akibat getah bening sudah menyebar ke kelenjar getah bening di area payudara, maka akan menimbulkan benjolan di ketiak.

Kanker payudara menjadi momok bagi para wanita karena kehadirannya tidak bisa kita rasakan. Biasanya kanker payudara sudah stadium lanjut, baru mengalami gejala seperti nyeri secara berlanjut dan munculnya penyakit ini. Jika hal ini dirasakan, segera periksakan ke dokter agar segera mendapatkan penanganan.

5.   Leukemia

Muncul benjol di ketiak bisa juga dijadikan indikasi seseorang mengalami penyakit leukimia limfositik kronis. Tidak hanya mengalami benjolan di ketiak, ternyata juga ada yang mengalami benjol di leher dan di selangkangan.

Setelah memahami 5 penyebab munculnya benjolan pada ketiak, sebenarnya masih banyak penyebab lain yang mungkin terjadi. Simak lebih lanjut cara mengatasinya

Baca juga 6 Penyebab Benjolan di Leher dan Cara Mengobati

Seperti Apa Rasanya Benjolan Kanker di Ketiak?

Jika dikarenakan kanker, maka rasanya cenderung menyakitkan, keras jika disentuh dan tidak bisa bergerak jika di sentuh. Jika mengalami salah satu di atas belum tentu mengalami kanker. Periksa ke dokter untuk lebih lengkapnya atau anda bisa konsultasi ke autoimuncare secara gratis

Bagaimana Menangani Benjolan di Ketiak?

resep dokter

Penanganan benjolan di ketiak tergantung faktor penyakit atau penyebabnya. Umumnya penyakit ini akan hilang dengna sendirinya. 

Jika anda memerlukan perawatan, perawatan yang mungkin bisa anda lakukan:

  1. Antibiotik mungkin diperlukan jika anda mengalami infeksi
  2. Obat nyeri dan obat dan obat antiinflamasi nonsteroid jika anda mengalami nyeri atau bengkak 
  3. Melakukan operasi, kemoterapi, dan terapi radiasi jika mengalami kanker 

Cara Mengobati Benjolan Di Ketiak Wanita

Untuk bisa mengatasi secara tepat, harus melalui pemeriksaan dari kedokteran. Memastikan jenis penyakit apa, setelah itu bisa dilakukan pengobatan. Berikut adalah cara mengatasi benjolan di ketiak pada wanita untuk beberapa kasus.

1. Pengobatan Antibiotik

Cara mengatasi benjolan di ketiak dapat dilakukan dengan cara pengobatan antibiotik. Umumnya pengobatan antibiotik lebih sering digunakan untuk mengobati infeksi bakteri. Setelah mengkonsumsi antibiotik ini, perlahan akan hilang.

2. Menghindari Pemicu Alergi

Untuk penanganan di rumah, bisa dilakukan dengan cara mengompres dengan air hangat, atau mengkonsumsi pereda nyeri. Namun cara ini tidak berlaku jika benjolan di ketiak disebabkan karena kanker, maka cara mengatasinya dengan penanganan medis.

Munculnya benjolan di ketiak mempunyai banyak faktor pengaruh. Jadi jika anda mengalami benjolan tersebut jangan panik segera lakukan pengobatan dengan kompres atau hal yang lain seperti penjelasan diatas. Jika tidak membaik sebaiknya anda melakukan konsultasi ke dokter, jika anda takut dan tidak ingin keluar biaya lebih mahal ke dokter.

Silahkan konsultasi gratis di autoimuncare

konsultasi banner

baca artikel lainnya :

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.