8 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri Gejala & Cara Mengatasinya

heartburn
demam, tenggorokan sakit, dan pusing kepala?

Nyeri dada sebelah kiri biasanya dikaitkan dengan serangan jantung. Tapi, sakit dada sebelah kiri ini juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan lainnya, seperti gangguan pencernaan, paru-paru, dan masalah kesehatan mental, meliputi gangguan panik atau kecemasan.

Anda harus tahu bahwa sakit dada sebelah kiri akibat serangan jantung tidak boleh diabaikan, karena kondisi ini membutuhkan pertolongan medis cepat.

Sedangkan, nyeri dada sebelah kiri akibat masalah kesehatan lain mungkin tidak membutuhkan pertolongan medis darurat.

Penyebab nyeri dada sebelah kiri

Ada beberapa masalah kesehatan yang bisa menyebabkan nyeri dada sebelah kiri dan beberapa kondisi mungkin membutuhkan perhatian medis, antara lain:

1. Serangan jantung

nyeri dada sebelah kiri akibat serangan jantung akan terasa seperti dada tertekan atau tertindih. Serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke otot jantung terhambat.

Orang dalam kondisi ini harus cepat mendapat pertolongan medis, karena nyawa menjadi taruhannya. Anda juga harus tahu bahwa kondisi ini berisiko dialami penderita hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi, kurang aktivitas, obesitas dan perokok yang tak terkontrol.

Jika anda sudah mengalami penyakit jantung, hipertensi atau kolesterol tinggi dan sudah minum obat tapi tak kunjung sembuh. Saatnya mencoba obat herbal jantung esvacare dari autoimuncare

https://autoimuncare.co.id/shop/esvacare/
esvacare promo

2. Angina

Angina juga bisa menjadi penyebab nyeri dada sebelah kiri. Kondisi ini terjadi ketika aliran darah ke otot jantung berkurang.

nyeri dada sebelah kiri akibat angina biasanya berlangsung selama 10 menit. Kondisi ini juga rentan dialami oleh penderita tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan perokok.

Tapi, sakit dada karena angina biasanya terjadi setelah melakukan aktivitas fisik yang membuat jantung bekerja keras dan mereda setelah penderitanya beristirahat selama beberapa menit.

3. Peradangan jantung

Peradangan otot atau lapisan pelindung jantung juga bisa menyebabkan nyeri dada sebelah kiri. Peradangan jantung bisa terjadi karena adanya komplikasi infeksi virus, jamur atau bakteri yang tidak ditangani.

Selain sakit dada sebelah kiri, gejala peradangan jantung lainnya yakni detak jantung tidak teratur, pusing, atau sesak napas.

4. Gangguan pencernaan

Gastro-esophageal reflux disease (GERD) kambuh juga bisa menyebabkan nyeri dada sebelah kiri, yang juga bisa berasal dari serangan asam lambung naik. Saat asam lambung naik ke kerongkongan, perut akan mengalami kontraksi sampai nyeri yang menjalar ke bagian dada.

Selain nyeri dada sebelah kiri, gejala asam lambung naik lainnya termasuk rasa mengganjal di tenggorokan dan ulu hati terasa panas seperti terbakar.

5. Cedera

Cedera di bagian dada, seperti saraf yang tertekan, tulang dada atau rusuk retak, otot tertarik, dan memar di dada juga dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kiri. Jenis cedera ini juga bisa menyebabkan rasa sakit ketika Anda menarik napas dalam atau batuk.

Baca juga 7 Pilihan Jus Penurun Darah Tinggi yang Dijamin Enak 

6. Masalah paru-paru

Nyeri dada sebelah kiri bisa menandakan adanya infeksi paru-paru, sehingga menyebabkan peradangan paru-paru atau pneumonia dan peradangan selaput di sekitar paru-paru atau pleuritis.

Sakit dada sebelah kiri akibat kondisi ini akan semakin terasa saat bernafas dan biasanya disertai dengan batuk atau nafas terengah-engah.

7. Serangan panik

Serangan panik ketika cemas berlebihan juga bisa menyebabkan sakit dada sebelah kiri. Rasa nyeri di bagian dada kiri ini terkadang mirip dengan serangan jantung.

Namun, nyeri dada karena serangan panik biasanya lebih ringan, tidak terasa seperti dada ditekan. Selain itu, gejala serangan panik biasanya disertai rasa kesemutan yang menjalar di seluruh tubuh, tak hanya di lengan atau tangan.

8. Stres

Nyeri dada sebelah kiri juga bisa terjadi akibat gangguan mental, seperti gangguan psikosomatik maupun stres. Karena, stres tak terkendali bisa menyebabkan dada terasa sesak.

Kondisi ini bisa semakin memburuk akibat gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan konsumsi minuman beralkohol berlebihan. Jika tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini dapat mengarah pada penyakit jantung.

Gejala nyeri dada sebelah kiri

Gejalanya nyeri dada sebelah kiri tergantung pada penyebabnya. Tetapi, biasanya terasa seperti dada tertekan atau tertindih atau hanya sekadar dada terasa sesak.

Anda harus tahu bahwa sakit dada sebelah kiri biasanya menjalar ke rahang, leher, punggung dan perut.

Nyeri yang menjalar dari dada ke lengan bagian kiri, rahang, leher, punggung, dan perut. Pada beberapa kasus, nyeri dada sebelah kiri disertai dengan gejala berikut.

  • Pusing
  • Keringat dingin
  • Sesak napas
  • Mual atau muntah
  • Rasa cemas yang luar biasa, hampir mirip dengan serangan panik
  • Batuk atau mengi
  • Nyeri di dada atau perut bagian bawah yang mirip gangguan pencernaan
  • Tubuh terasa sangat lelah

Pertolongan pertama nyeri dada sebelah kiri

pertolongan pertama

Pertolongan pertama nyeri dada sebelah kiri sangat penting untuk menyelamatkan nyawa penderitanya. Berikut ini, beberapa langkah pertolongan pertama yang bisa dilakukan ketika sakit dada.

Anda harus mengunjungi dokter, jika rasa nyeri dari gejala sakit jantung terasa seperti sesak dibandingkan dengan seperti nyeri tertusuk.

  1. Cobalah berbaring di tempat tidur dan mengambil napas pendek-pendek hingga napas menjadi lebih tenang.
  2. Sarankan orang dengan sakit dada minum segelas air, jika itu membuat tenang.
  3. Ubah gaya hidup menjadi lebih sehat, seperti Anda bisa berhenti minum alkohol dan melakukan olahraga rutin.

Bila sakit dada sebelah kiri disebabkan oleh penyakit jantung yang terasa sesak dibandingkan nyeri tertusuk atau tidak segera membaik, Anda harus konsultasi dengan dokter.

Cara mengatasi nyeri dada sebelah kiri

Cara mengatasi sakit dada sebelah kiri juga berbeda-beda tergantung pada penyebabnya. Satu hal yang terpenting adalah Anda mengenali gejala-gejala yang memerlukan tindakan medis cepat, misalnya nyeri dada yang disebabkan oleh serangan jantung.

Saat Anda merasakan sakit dada sebelah kiri, cobalah berbaring sambil ambil nafas pendek beberapa kali dan longgarkan pakaian Anda.

Selain itu, konsumsi obat pereda nyeri guna meringankan rasa sakit pada dada. Tapi, Anda harus cepat menghubungi dokter jika sakit dada sebelah kiri terasa seperti berikut ini:

  1. Terasa berat, seperti ditekan atau diremas
  2. Rasa sakit menjalar dari dada ke lengan, punggung, leher, dan rahang
  3. Rasa sakit dada berlangsung lebih dari 15 menit
  4. Nyeri dada disertai mual, muntah darah, sesak napas, dan tubuh berkeringat

Karena itu, Anda jangan lupa rutin melakukan pemeriksaan kesehatan jantung, terutama bila Anda memiliki risiko penyakit jantung koroner. Risiko ini aka semakin meningkat jika Anda merokok, obesitas, memiliki tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, atau diabetes.

Anda tidak boleh meremehkan rasa sakit ini, meskipun penyebabnya tidak serius dan bisa sembuh sendiri
Periksa ke dokter untuk mengetahui penyebab nyeri dada sebelah kiri untuk mencegah kefatalan. Selain itu, Anda juga bisa konsultasi dengan AICI terkait rasa sakit pada dadanya.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.