7 Pilihan Jus Penurun Darah Tinggi yang Dijamin Enak dan Simpel

jus buah penurun darah tinggi
demam, tenggorokan sakit, dan pusing kepala?

Mempunyai darah tinggi sangatlah tidak nyaman, sedikit sedikit merasa pusing. Oleh karena itu Kami memiliki rekomendasi untuk menurunkan darah tinggi tersebut dengan jus buah. Lalu apa saja jus penurun darah tinggi tersebut?

Hipertensi atau tekanan darah tinggi masuk ke dalam salah satu penyakit silent killer sama seperti penyakit jantung. Mengapa? Sebab, tekanan darah tinggi ini bisa merusak pembuluh darah dan bisa menyebabkan gagal jantung yang mengakibatkan kematian mendadak. Oleh sebab itu pasien hipertensi dianjurkan sekali untuk disiplin menerapkan gaya hidup sehat. 

Salah satu yang krusial adalah pola makan, sebab makan sedikit saja dari makanan yang bisa menaikan tekanan darah akan berakibat fatal. Maka pasien perlu menjalani diet sehat dengan ketat, salah satunya memperbanyak asupan serat dari buah dan sayuran. Khusus untuk buah, apabila bosan disantap langsung maka bisa dibuat jus buah.  

Pilihan Jus Buah untuk Menurunkan Darah Tinggi

Buah-buahan dengan kandungan antioksidan dan mineral lain menjadikannya bagus untuk menstabilkan tekanan darah. Buah tertentu justru bisa membantu menurunkan tekanan darah, dan tentunya sangat cocok dijadikan jus buah penurun darah tinggi. Berikut beberapa pilihannya: 

1. Jus Buah Berry 

Buah dari keluarga berry seperti strawberry, blueberry, raspberry, dan lain sebagainya adalah buah yang bagus untuk pasien hipertensi. Sebab mengandung antioksidan jenis flavonoid dalam kadar yang lumayan tinggi. Flavonoid ini melalui berbagai penelitian diketahui bisa mencegah tekanan darah tinggi. 

Konsumsi buah berry secara langsung maupun dijadikan jus buah juga membantu menstabilkan tekanan darah. Sehingga cocok untuk dikonsumsi rutin untuk mendukung diet sehat yang Anda lakukan. Semua buah berry bisa dipilih dan memiliki manfaat yang sama untuk tekanan darah, jadi silahkan memilih yang sesuai selera atau yang paling mudah didapatkan. 

2. Jus Pisang 

Buah pisang bisa dijadikan jus buah penurun darah tinggi yang baik diminum rutin setiap hari. Sebab buah pisang mengandung kalium yang merupakan mineral penting untuk menstabilkan tekanan darah. Sehingga meminum jus pisang secara teratur bisa membantu menjaga tekanan darah tetap normal. 

3. Jus Delima 

Buah delima yang ciri khasnya yang berwarna merah ternyata juga bagus untuk menurunkan maupun menstabilkan tekanan darah. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung, dan bisa pula dibuat jus agar tidak bosan menyantapnya setiap hari. 

Khasiat buah delima untuk tekanan darah tinggi diketahui dari jurnal yang diterbitkan di Plant Food for Human Nutrition. Penelitian yang dilakukan menunjukan jika responden mengalami penurunan angka sistolik dan diastolik. Yakni setelah rutin mengkonsumsi jus buah delima selama 4 minggu berturut-turut.  

4. Jus Semangka 

Buah semangka juga bisa dijadikan pilihan oleh pasien hipertensi untuk dikonsumsi secara teratur. Selain dimakan langsung, buah yang mengandung banyak air ini juga cocok dibuat jus. Anda bisa menikmati sensasi berbeda ketika diproses dengan blender maupun juicer

Khasiat buah semangka sebagai buah penurun darah tinggi merupakan hasil dari salah satu penelitian yang dimuat di dalam jurnal American Journal of Hypertension. Melalui jurnal tersebut dijelaskan bahwa responden yang mengkonsumsi buah semangka secara rutin mengalami penurunan angka sistolik dan diastolik. 

Hasil serupa juga didapatkan oleh responden yang mengkonsumsi buah semangka dengan cara dibuat jus. Jadi, silahkan mencobanya untuk membantu menstabilkan tekanan darah agar terhindar dari stroke, serangan jantung, maupun komplikasi lainnya. 

5. Jus Alpukat

Anda menyukai buah alpukat? Jika memang suka dengan cita rasanya yang khas dan kandungan lemak baik di dalamnya. Maka Anda bisa menjadikannya jus buah penurun darah tinggi. Sebab buah alpukat diketahui bisa membantu mengontrol tekanan darah sehingga tetap stabil. 

Khasiat ini bisa dimiliki oleh buah alpukat karena berbagai kandungan baik di dalamnya. Mulai dari lemak baik, serat, antioksidan, sampai kandungan kalium yang mencapai 20%. Tentu membuatnya sangat baik untuk mengontrol tekanan darah pasien hipertensi. 

6. Jus Tomat 

Apabila selama ini Anda menyukai jus tomat, maka patut berlega hati sebab ketika hipertensi dialami kebiasaan meminumnya baik untuk dilanjutkan. Buah sekaligus sayuran satu ini memang memiliki khasiat baik dalam menstabilkan tekanan darah. Hal ini dibuktikan melalui laporan penelitian yang dipublikasikan oleh Food Science & Nutrition

Penelitian tersebut melibatkan beberapa responden dari kalangan pria dan wanita yang diminta rutin minum jus tomat tawar setiap hari. Selama satu tahun, hasilnya ada banyak responden yang berhasil menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Melalui hasil penelitian ini juga bisa disimpulkan bahwa minum jus buah penurun darah tinggi butuh konsistensi dan tidak bisa bekerja instan sebagaimana obat hipertensi yang diresepkan dokter. 

7. Jus Jeruk 

Buah jeruk juga bisa dibuat menjadi jus kemudian diminum rutin untuk memelihara tekanan darah tetap normal. Kandungan Vitamin C di dalam buah jeruk diteliti dan memang memberi efek menurunkan tekanan darah meskipun dalam skala kecil jika dibandingkan buah lain yang disebutkan di atas. 

Meskipun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, namun tidak ada salahnya minum jus jeruk sebagai selingan. Terutama jika merasa bosan minum jus buah lain yang sudah disebutkan di atas. 

 

Jika mengonsumsi makanan saja dan sudah minum obat darah tinggi di apotik darah tinggi anda tak kunjung sembuh, saatnya anda mencoba obat herbal penurun darah tinggi untuk membantu menurunkan darah tinggi

moricecare konsultasi

Tips Membuat Jus yang Sehat  Bernutrisi 

Minum jus buah memang terasa menyegarkan apalagi jika dilakukan saat cuaca terik. Jus buah di atas bisa menjadi bagian dari diet sehat pasien hipertensi. Namun, pastikan membuatnya dengan benar agar nutrisi yang membantu menstabilkan tekanan darah tetap utuh dan bisa diserap tubuh. 

Buah dalam Kondisi Segar 

Buah dalam kondisi segar adalah yang terbaik untuk dibuat jus maupun dikonsumsi langsung, sebab kandungan nutrisinya masih berlimpah. Buah yang sudah layu akan memiliki perubahan kandungan nutrisi. Jadi agar tekanan darah bisa dikontrol dengan baik, selalu utamakan buah segar. 

Cuci Sampai Bersih 

Buah yang baru saja dibeli dan kondisinya masih segar memang akan terlihat bersih, namun tetap harus dicuci. Tujuannya untuk membersihkan buah dari kandungan pestisida. Usahakan dicuci sampai bersih, bisa hanya dengan air yang mengalir maupun dicuci dengan baking soda atau direndam sebentar dengan cuka apel. 

Kulit Buah Perlu Dikupas atau Sebaliknya? 

Beberapa jenis buah sebelum dibuat jus buah penurun darah tinggi memang perlu dikupas dulu. Misalnya seperti buah pisang, namun buah tertentu akan lebih baik jika tidak dikupas. Sebab buah semacam ini menyimpan lebih banyak nutrisi di kulit, misalnya adalah buah apel, buah anggur, buah pir, dan lain sebagainya. 

Berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika membuat jus buah penurun darah tinggi agar tetap sehat dan berkhasiat: 

Tidak Menambahkan Pemanis Buatan

Menambahkan pemanis ke dalam jus buah untuk menurunkan tekanan darah mungkin bisa memperbaiki rasa, agar lebih enak. Namun langkah ini bisa menurunkan kualitasnya untuk kesehatan. Sebab sebagus-bagusnya pemanis buatan tentu lebih sehat pemanis alami. Silahkan mengutamakan buah dengan rasa manis supaya tidak perlu menambahkan gula. Apabila menambahkan madu, pastikan madu tersebut asli sehingga tidak ada campuran gula seperti yang beredar luas di pasaran. 

Tidak Asal Mencampur Buah 

Beberapa orang mungkin ingin jus buah alami tanpa pemanis buatan sehingga sengaja mencampur buah manis dengan buah asam. Misalnya mencampur buah pisang dengan buah strawberry. 

Namun ternyata langkah ini kurang tepat, sebab rasa asam alami ketika bertemu rasa manis dari buah lain akan menghasilkan senyawa yang besar kemungkinan merugikan kesehatan. Jadi, untuk buah manis sebaiknya tetap dikombinasikan dengan buah manis juga. 

Minum jus buah penurun darah tinggi bisa dijadikan alternatif untuk tetap minum enak dan menggugah selera tanpa resiko tekanan darah melonjak. Namun, pastikan dibuat dengan benar seperti tips di atas. Sebab jus yang sehat ketika diproses dengan cara yang salah tentu unsur sehatnya bisa berkurang atau bahkan hilang sama sekali. 

Apabila memerlukan konsultasi kesehatan terkait hipertensi maka bisa menghubungi Konsultan Kesehatan dari PT Autoimun Care Indonesia.

konsultasi banner

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.