Apakah HIV Stadium 4 Bisa Sembuh?

HIV stadium 4
download ebook kesehatan gratis

Yang kita tau(menurut rekam medis) masih belum ada obat atau alat untuk menyembuhkan penderita HIV terutama untuk stadium 4, namun ada obat untuk menekan virus HIV.

Hal ini karena hingga kini belum ditemukan obat yang mampu menyembuhkan HIV secara total. Pengobatan HIV seperti terapi antiretroviral (ART) hanya memperlambat atau mencegah HIV dari satu tahap ke tahap berikutnya. Obat-obatan HIV pun hanya dapat membantu orang dengan HIV untuk hidup lebih lama dan lebih sehat lagi. Selain itu, pada stadium 4 HIV sudah termasuk kategori penyakit berat atau disebut juga stadium akhir AIDS. Dengan demikian, HIV stadium 4 peluang sembuhnya rendah karena infeksi HIV sudah berkembang menjadi AIDS.

Penyakit HIV disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Pengobatan HIV dengan kombinasi obat antiretroviral (ARV) sayangnya saat ini tidak dapat menyembuhkan infeksi HIV, tetapi bisa menekan replikasi virus serta memungkinkan pemulihan sistem kekebalan individu untuk memperkuat dan mendapatkan kembali kapasitas untuk melawan infeksi oportunistik dan beberapa jenis kanker. 

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasikan HIV menjadi empat tahap. 

  • Tahap 1 (infeksi HIV): Jumlah CD4+ setidaknya 500 sel per mikroliter
  • Tahap 2 (infeksi HIV): Jumlah CD4+ adalah 350-499
  • Tahap 3 (penyakit HIV lanjut atau AHD): Jumlah CD4+ adalah 200-349
  • Tahap 4 (Acquired immunodeficiency syndrome/AIDS): Jumlah CD4+ kurang dari 200

Adapun jumlah CD4+ normal harus antara 500 dan 1.600 sel per mikroliter. Semakin rendah jumlah CD4+, maka semakin tinggi kemungkinan munculnya penyakit oportunistik. Nah, pada tahap keempat sistem kekebalan tubuh sudah sangat buruk sehingga mudah terserang penyakit oportunistik yang menyebabkan AIDS. Penyakit kemudian muncul ketika AIDS misalnya kanker, tuberkulosis, dan radang paru-paru. Jika didiagnosis segera dan langsung menjalani pengobatan, kebanyakan orang yang hidup dengan HIV tidak pernah mengalami HIV stadium lanjut. 

Demikian informasi mengenai kesembuhan pada HIV stadium 4. Informasi yang dimuat dalam artikel ini diambil dari berbagai referensi website kesehatan.

Baca pertanyaan lainnya seputar HIV :

The Stages of HIV Infection Diakses dari https://hivinfo.nih.gov/understanding-hiv/fact-sheets/stages-hiv-infection pada 12 Agustus 2022

HIV Diakses dari https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/hiv-aids pada 12 Agustus 2022

What Are the Four Stages of HIV? Diakses dari https://www.medicinenet.com/what_are_the_four_stages_of_hiv/article.htm pada 12 Agustus 2022

Stages of HIV infection Diakses dari https://www.tht.org.uk/hiv-and-sexual-health/about-hiv/stages-hiv-infection pada 12 Agustus 2022

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

HIV stadium 4

Apa Bedanya HIV dan AIDS

Secara sederhana, perbedaan HIV dan AIDS itu sangat mudah. HIV merupakan sebuah virus, yang artinya bisa menyebar ke manusia-manusia lain seperti sifat virus pada umumnya.

luka lama sembuh

Apa Bisa Penularan HIV Melalui Luka?

Penularan HIV dapat terjadi melalui cairan dalam tubuh seperti darah, air mani dan cairan pra-mani, cairan rektal, cairan vagina, serta ASI. Sementara itu, penularan melalui