Manfaat Daun Kersen, Cegah Kanker Sampai Atasi Penyakit Jantung

Daun kersen atau daun ceri asam yang sudah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional bisa membantu mengatasi diabetes, menghilangkan rasa sakit hingga mencegah kanker. Bahkan, minum air rebusan daun kersen bisa membantu menurunkan kolesterol. itulah beberapa manfaat dari daun kersen.

daun kersen

Daun kersen ini berwarna hijau tua dan mengkilap, serta mungkin memiliki bagian bawah yang berbulu halus. Setiap daunnya tumbuh sekitar 5 hingga 8 cm panjangnya dan lebarnya tumbuh sekitar 3 hingga 7 cm. 

Ada satu daun per simpul pada uap dan tepi bilah daun dapat bergerigi dengan daun berakhir dengan titik-titik tajam. Sedangkan, buah kersen sendiri warnanya berkisar dari merah terang sampai hampir hitam dan biasanya tumbuh di batang pendek. Buah dan daun kersen ini biasanya muncul di pohon yang semak belukar, tumbuh hingga 4 hingga 10 meter, serta rasanya pahit. 

baca juga Manfaat Buah Persik Bisa Mencegah Kanker & Merawat Jantung

ISK

Kandungan Daun Kersen 

Daun kersen memiliki kandungan serat, karbohidrat yang lebih tinggi, vitamin A dan vitamin C yang baik untuk tubuh. Daun kersen juga mengandung senyawa fitokimia flavonoid yang terdiri dari berbagai jenis, seperti flavon, flavonon, flavan, dan biflavan. 

Senyawa kimia lainnya yang terdapat pada daun kersen adalah tannin, triterpene, asam fenolik, asam salisilat dan polifenol serta kaya antioksidan yang membantu menjaga kesehatan sel dan kulit.  Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa daun kersen mungkin mengandung senyawa dengan sifat anti-inflamasi, dan seperti buahnya, dapat meredakan nyeri otot. Dengan kandungan nutrisi yang begitu banyak, manfaat daun kersen untuk kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi.  

Manfaat Daun Kersen

Daun kersen mengandung banyak nutrisi dan senyawa kimia yang baik untuk kesehatan tubuh. Adapun manfaat konsumsi daun kersen untuk tubuh, antara lain:

1. Mengontrol kadar kolesterol 

Daun kersen mengandung saponin dan flavonoid yang bisa membantu menjaga kadar kolesterol. Karena, kandungan ini bisa membentuk antioksidan dan menyekresi hormon insulin  yang dibutuhkan oleh badan untuk metabolisme gula. Namun, daun kersen harus diolah dahulu sebelum dikonsumsi untuk menjaga kadar kolestrol.  

2. Mengontrol kadar gula darah 

Daun kersen juga bisa membantu mengontrol kadar gula darah. Karena, daun kersen memiliki kandungan saponin dan flavonoid yang bersifat sebagai antioksidan, sehingga bisa menjadi insulin alami untuk mengontrol kadar gula darah. 

Daun kersen juga dipercaya bisa mengontrol gula darah menjadi normal. Zat yang terkandung diyakini berperan menjadi insulin dan menormalkan gula darah. Anda bisa mengkonsumsi ekstrak daun kersen agar gula darah dalam tubuh berangsur normal secara perlahanan. 

3. Mengatasi asam urat 

Minum air rebusan daun kersen juga bisa membantu meredakan dan mengatasi asam urat secara alami. Daun kersen memiliki kandungan saponin, tannin, dan flavonoid yang bermanfaat sebagai antiseptik dan antibakteri. 

Kandungan itulah yang memungkinkan daun kersen untuk mencegah perkembangan bakteri pada luka. Kandungan antiseptik dan antibakteri pada daun kersen terbukti bereaksi pada bakteri E. Coli, P. aeruginosa, S. aureus, dan B. Subtilis. 

Daun kersen menurunkan kadar asam urat dengan cara menghambat enzim xantin oksidase. Tak hanya itu, daun kersen memiliki sifat anti peradangan yang mampu mengurangi rasa nyeri. 

4. Mencegah kanker 

Manfaat daun kersen lainnya adalah mencegah kanker karena memiliki sifat antikanker dan tumor. Kandungan tanin, saponin, dan flavinoid dalam daun kersen merupakan senyawa antoksidan yang mampu menangkal radikal bebas, yang mana itulah pemicu kanker. 

Kanker termasuk penyakit mematikan. Meskipun sudah ada obatnya, pengobatan untuk penderitanya biasanya tak sesuai yang diharapkan. Cobalah mengknsumsi ekstrak daun kersen untuk membuktikan manfaatnya, meskipun angka harapan hidup penderita kanker masih sulit diperkirakan. 

5. Jaga kesehatan jantung

Daun kersen yang memiliki sifat antioksidan mampu mencegah peradangan yang menyebabkan serangan jantung. Kandungan antioksidan dalam daun kersen bisa mengatasi otot jantung yang mengalami kerusakan akibat kurangnya aliran darah selama serangan jantung. 

Daun kersej bisa mencegah stroke sab masalah jantung dengan mengkonsumsi ekstrak daun kersen. Karena, daun kersen mengandung senyawasaponin dan flavonoid. 

Konsumsi air rebusan daun kersen sebaiknya dilakukan secara rutin tetapi jangan berlebihan. Karena, minuman ini dikhawatirkan justru membahayakan kesehatan. Konsultasikan juga dengan dokter sebelum memutuskan mengkonsumsinya.

6. Mengatasi masalah pencernaan

Sifat antibakteri dalam daun kersen juga bisa membantu mengatasi masalah pencernaan. Karena, daun kersen mengandung senyawa kimia flavonol, flavon, dan auron yang bisa menjadi antibakteri penyebab masalah pencernaan. Misalnya seperti bakteri E. Coli, P. aeruginosa, S. aureus dan B. Subtilis. 

Jadi, tak heran daun kersen bisa membantu mengatasi diare, otitis internal, dan keracunan makanan hanya dengan mengkonsumsi ekstraknya.

7. Meredakan batuk

Daun kersen juga memiliki sifat anti peradangan yang membantu meredakan masalah batuk dan menjadi obat radang tenggorokan. Anda bisa mengonsumsi ekstraknya untuk mengatasi tenggorokan gatal, sakit dan kesulitan menelan akibat batuk dan radang tenggorokan.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.