Manfaat Buah Persik Bisa Mencegah Kanker & Merawat Jantung

Ada banyak manfaat buah persik untuk kesehatan. Siapa sih yang tidak kenal dengan buah persik? Buah persik memiliki nama lain buah peach (prunus persica (L.). Tiap orang ada banyak cara menikmati buah persik, ada yang dimakan secara langsung. Ada juga yang mengolahnya menjadi jus, selesai hingga kue. Lantas apa sih kandungan gizi buah persik?

Kandungan Gizi Buah Persik

Kandungan gizi buah persik tidak sebatas sebagai dessert dan camilan yang menyehatkan. Ternyata juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik untuk kesehatan. Rasa yang manis pada buah persih ini ternyata memiliki beberapa kandungan nutrisi meliputi vitamin C, kalori, lemak, karbohidrat, serat, protein, kalium dan vitamin E dan K.

Baca juga Banyak Khasiat Telur Bebek Untuk Kesehatan Anda

Meskipun buah persik memiliki rasa manis, buah ini juga memiliki kandungan glukosa rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kandungan Gizi Buah Persik secara spesifik per 100 gram buah memiliki kandungan sebagai berikut.

ISK
KandunganZat
Kalori 42 kkal
Air 88,3 gr
Serat 1,5 gr
Kalsium4 mg
Fosfor22 mg
Magnesium8 mg
Beta karoten224 mcg
Vitamin A24 mcg
Vitamin C 4,1 mcg
Vitamin K 3 mcg
Kalium122 mg
Folat6 mcg
tabel kesehatan buah persik

Dari kandungan gizi buah persik di atas, ternyata memiliki banyak vitamin yang tentu saja baik untuk kita. DImana kandungan gizi di atas yang digabungkan dapat memberikan manfaat untuk tubuh kita, dengan catatan dikonsumsi secara proporsional.

Manfaat Buah Persik Bagi Kesehatan

Setelah mengetahui kandungan gizi buah persik di atas. Ada banyak manfaat yang akan dirasakan oleh tubuh kita. Selain memenuhi serat dalam tubuh, juga memiliki manfaat lain untuk tubuh kita seperti berikut ini.

1.   Menjaga Sistem Imun Tubuh

Manfaat buah persik dipercaya mampu menjaga imun tubuh kita agar tidak mudah jatuh sakit akibat virus-virus dari luar. Buah persik mengandung vitamin c, dimana di dalamnya memiliki senyawa antioksidan yang mampu menangkal serangan radikal bebas, sehingga menjaga sistem kekebalan tubuh tetap prima.

Seperti yang kita tahu, bahwasanya sistem imun atau kekebalan tubuh yang kuat, mampu melawan bakteri dan virus yang ada di dalam tubuh kita. Sehingga, secara tidak langsung meminimalisir terjadinya masalah kesehatan.

2.   Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buat yang memiliki riwayat kesehatan terhadap jantung. Ternyata manfaat buah persik adalah jawabannya. Kandungan buah persik terbukti efektif menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Bagi yang belum terlanjur mengalami gangguan serangan jantung, buah persik mampu menurunkan risiko faktor penyakit jantung, termasuk kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

3.   Mencegah Kanker

Manfaat buah persik mengandung antioksidan, yang merupakan senyawa yang bertanggungjawab mencegah dan memperbaiki kerusakan sel di dalam tubuh, yang disebabkan oleh paparan radikal bebas dari luar kita. Antioksidan di dalam tubuh kita memang sangat baik untuk kesehatan. Sayangnya, jika antioksidan dalam jumlah terlalu banyak juga membahayakan tubuh, seperti diabetes, penuaan dini dan penyakit jantung. Jadi, pastikan untuk mengkonsumsi dalam skala yang normal.

4.   Mengurangi Terkena Penyakit Kronis

Buah persik kaya mengandung kalium yang kaya akan mineral. Kandungan kalium inilah yang bermanfaat untuk meningkatkan sel, sekaligus mengurangi risiko penyakit kronis. Adapun beberapa yang termasuk dalam kategori penyakit kronis, yaitu batu ginjal, stroke, tekanan darah tinggi dan jantung.

5.   Mempercepat Penyembuhan Luka

Memiliki luka dan ingin menyembuhkan luka agar cepat berhenti? Ternyata dengan mengkonsumsi buah persik dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Karena kandungan yang dimiliki pada buah persik baik untuk kesehatan dan perawatan kulit. Sehingga ketika kulit mengalami luka, mudah untuk disembuhkan.

Proses percepatan penyembuhan luka ini dipengaruhi juga oleh kandungan antioksidan yang dimiliki buah persik. Ditambah lagi buah persik memiliki kolagen yang bagus untuk perawatan kulit dan meningkatkan kekuatan kulit.

6.   Menurunkan Gejala Alergi

Ada beberapa orang yang memiliki reaksi kulit berlebih, sehingga menimbulkan alergi. Salah satu cara mengurangi alergi, buah persik mampu mengurangi peradangan dan gejala alergi. Cara kerjanya pun dengan cara melepas histamin dalam darah. Ada yang menarik nih, kandungan histamin bagian dari sistem pertahanan tubuh yang mendorong reaksi gatal, bersin dan batuk.

Dari keenam manfaat buah persik di atas, sebenarnya masih ada banyak sekali manfaat yang  untuk tubuh. Seperti menjaga kesehatan mata, menjaga keseimbangan berat badan, melancarkan pencernaan, mencegah osteoporosis, dan masih banyak lagi.

Meskipun manfaat buah persik yang baik untuk tubuh, selalu ingat untuk mengkonsumsi dalam jumlah yang wajar. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi. Segala sesuatu yang berlebihan akan tidak baik. Semoga sedikit ulasan tentang manfaat buah persik ini bermanfaat.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.