Banyak Khasiat Telur Bebek Untuk Kesehatan Anda

Telur bebek memiliki kuning telur yang creamy dengan kandungan protein tinggi dan populer di masakan Asia Tenggara. Ukuran telur bebek lebih besar dari telur ayam, dan merupakan alternatif makanan yang baik untuk kita. Manfaat telur bebek sangat banyak dan terutama dikaitkan dengan nilai protein makanan dan vitamin dan mineral penting. Kita dapat menemukan telur ini di banyak restoran dan toko makanan. Pada artikel ini, kami ingin mengajakmu mengeksplorasi khasiat telur bebek bagi hidup kita. Selengkapnya, ayo baca sampai selesai! 

Khasiat Telur Bebek

Telur adalah sumber protein berkualitas tinggi yang sangat baik. Mereka memasok semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuhmu untuk membangun protein. Kuning telur kaya akan lemak dan kolesterol, serta banyak vitamin dan mineral. 

Telur bebek sedikit lebih bergizi daripada telur ayam – sebagian karena ukurannya. Telur bebek rata-rata beratnya sekitar 2,5 ons (70 gram), sedangkan telur ayam besar lebih dekat dengan 1,8 ons (50 gram).

Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan lebih banyak nutrisi dalam satu telur bebek daripada dalam satu telur ayam.

ISK

Namun, jika kamu membandingkan keduanya berdasarkan berat, telur bebek tetap unggul. Tabel ini menunjukkan rincian nutrisi untuk setiap porsi 3,5 ons (100 gram) — sekitar satu setengah telur bebek dan dua telur ayam.

Kandungan Telur Bebek

Menurut jurnal Egg Innovations and Strategies for Improvements, kandungan air pada telur bebek lebih sedikit dibandingkan dengan telur ayam. Itulah mengapa telur bebek lebih kaya kandungan nutrisi.

Berikut ini kandungan setiap 100 mg telur bebek: 

KandunganZat
Air70 g
Energi187 Kalori (Kal)
Protein11,8 g
Lemak14,2 g
Karbohidrat 3 g
Kalsium60 miligram (mg)
Fosfor268 mg
Zat besi6 m
Natrium115 mg
Kalium80 mg
Seng (zinc)1,7 mg
Vitamin A (retinol)180 mikrogram (mcg)
Karoten437 mcg
Thiamin (vitamin B1)1,55 mg
Riboflavin (vitamin B2)0,37 mg
Vitamin B12 5,40 mcg
Niacin0,1 mg
Folat80 mcg
Kolin263 mg
Lutein + zeaxanthin459 mcg
Tabel kesehatan telur bebek

Seperti yang kamu lihat sendiri, nutrisi yang terkandung dalam 100 g telur bebek saja sudah mampu memenuhi cukup banyak kebutuhan gizimu.

Hal ini termasuk zat gizi makro seperti karbohidrat, protein, lemak dan zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral.

Manfaat Telur Bebek

Dengan segudang nutrisi di dalamnya, tidak mengherankan apabila telur ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaat telur bebek bagi tubuh kita: 

1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Di dalam telur bebek, ada beragam jenis karotenoid seperti beta karoten, lutein, serta zeaxanthin. Kandungan tersebut dapat membantu tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Dilansir dari Cogent Food and Agriculture, karotenoid diyakini berperan dalam menjaga fungsi tubuh serta mencegah penyakit.

Ditambah lagi, vitamin A yang ada dalam telur bebek juga membantu memperkuat sistem imun tubuh dalam mencegah infeksi.

2. Mencegah Stroke 

Meskipun di dalam kuning telur memiliki kandungan kolesterol tinggi tapi berdasarkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa telur bebek adalah dapat mencegah penyakit kardiovaskular dan stroke. Hal ini disebabkan karena dalam telur bebek memiliki kandungan asam oleat yang tinggi.

Menurut sebuah studi dari Olives and Olive Oil in Health and Disease Prevention, asam oleat diyakini dapat menurunkan kolesterol jahat serta tekanan darah.

Akan tetapi, penting untuk diingat bahwa kamu masih harus tetap membatasi konsumsi telur bebek mengingat kolesterol yang terkandung di dalamnya cukup tinggi.

3. Menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat telur bebek selanjutnya adalah dapat menyehatkan sistem pencernaan. Sebab di dalam telur bebek mengandungt lutein dan zeaxanthin yang berfungsi untuk memelihara kesehatan mata.

Keduanya merupakan jenis antioksidan yang dapat melindungi mata dari berbagai penyakit, seperti katarak hingga degenerasi makula.

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, telur bebek mentah juga dapat digunakan sebagai penyatu adonan kue, roti, atau krim.

Menggunakan telur bebek untuk mengolah makanan tersebut membuat adonan lebih lembut, kental, dan mengembang.

4. Sebagai Antioksidan

Di dalam telur kuning bebek terdapat senyawa antioksidan alami yang baik untuk sel tubuh. Kuning telur bebek mendapatkan warna orange dari pigmen alami yang disebut karotenoid. Ini adalah senyawa antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Karotenoid dalam kuning telur bebek adalah karoten, cryptoxanthin, zeaxanthin, dan lutein yang terkait dengan penurunan risiko degenerasi makula terkait usia, penyakit jantung, dan katarak.

5. Kesehatan Otak

Khasiat lain yang bisa kamu peroleh dari mengkonsumsi telur bebek adalah fungsi otak yang meningkat. Salah satu kandungan dalam telur bebek, yaitu kolin, berperan besar dalam reaksi biokimia pada otak.

Kolin juga mempercepat pelepasan protein asetilkolin pada otak. Protein tersebut membantu otak untuk menjalankan fungsi-fungsi dasar, termasuk memori. Kadar asetilkolin yang rendah seringkali berkaitan dengan penyakit Alzheimer.

Oleh karena itu, asupan kolin yang kamu dapat dari telur bebek juga turut mencegah terkena penyakit Alzheimer.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.