Manfaat Buah Nanas Madu Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Siapa yang menyangka jika buah yang memiliki rasa manis yang khas ini memiliki banyak sekali manfaat. Diantaranya manfaat buah nanas madu, sebagai antioksidan, mampu mengurangi rasa sakit haid dan masih banyak lagi yang akan kita ulas lengkap di artikel ini.

Kandungan Gizi Nanas Madu

Sebelum masuk ke pembahasan manfaat buah nanas madu, penting buat kamu mengetahui kandungan gizi yang dimiliki oleh nanas madu. Kandungan gizi nanas madu memiliki banyak vitamin, seperti vitamin C, B6, A, K, Folat, Tiamin, serat, kalsium, tembaga, kalium, enzim bromelain dan magnesium.

Bisa dibilang, nanas madu salah satu buah yang cukup mudah ditemukan di negara tropis, salah satunya Indonesia. Hampir setiap tempat menjajakan buah ini. Pasalnya, nanas madu juga mengandung air cukup tinggi. Kandungan air per 100 gram memiliki 85,66 gram air di dalamnya.  Berikut adalah kandungan gizi nanas madu secara spesifik.

Kandungan GiziBesaran Gizi
Air85.66 gram
Protein0.53 gram
Lemak total0.11 gram
Karbohidrat13.5 gram
Serat1.4 gram
Zat besi0.28 miligram
Fosfor8 milligram
Kalium108 miligram
Natrium1 milligram
Seng0.16 miligram
Asam askorbat (vitamin c)56.4 miligram
Thiamin (vitamin B1 bro)0.08 miligram
Riboflavin (vitamin B2)0.03 miligram
Niacin (vitamin B3)0.507 miligram
Asam pantotenat (vitamin B5)0.217 miligram
Vitamin B60.114 miligram
Tabel gizi buah nanas madu

Itulah kandungan gizi nanas madu secara lengkap yang dikemas dalam bentuk tabel. Semoga memberikan gambaran dan pemahaman.

ISK

Manfaat Buah Nanas Madu

Setelah mengetahui kandungan gizi manfaat buah nanas madu, secara spesifik nanas madu memiliki beberapa khasiat yang baik untuk tubuh. Diantaranya sebagai berikut.

Baca juga Manfaat Buah Jamblang Untuk Kesehatan Anda

1. Meningkatkan imun tubuh

Salah satu kunci tubuh sehat adalah memiliki imun tubuh yang kuat. Salah satu unsur yang membentuk imun tubuh adalah terpenuhinya vitamin, enzim bromelain dan terpenuhinya mineral di dalam tubuh. Dan kandungan tersebut ada di dalam buah nanas madu.

Selain untuk meningkatkan imun tubuh,nanas madu juga dipercaya mampu menekan peradangan dan mampu mengurangi infeksi virus, bakteri pada anak-anak. Hal ini pun dibenarkan oleh  hasil penelitian dari Journal of Nutrition and Metabolisme pada 2014 yang lalu. Dari penelitian tersebut, anak yang menderita infeksi sinus lebih cepat sembuh dibandingkan anak yang tidak mengonsumsi buah yang mengandung bromelain.

2. Menurunkan risiko terkena kanker

Pola makan tidak sehat dan segala hal yang bersifat instans ternyata memberikan dampak buruk bagi kesehatan masyarakat. Salah satunya, memicu risiko terkena kanker. Salah satu cara meminimalisir faktor risiko kanker, dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah yang kaya akan nutrisi seperti vitamin C.

Kandungan vitamin C pada buah nanas madu efektif membantu melawat sel radikal bebas di dalam tubuh. Dimana sel radikal bebas inilah yang memicu tumbuhnya berbagai macam penyakit dan kanker di dalam tubuh.

Nanas madu memiliki beta karoten yang efektif untuk menghambat perkembangan kanker usus. Selain kandungan beta karoten, kandungan bromelain pada nanas madu juga efektif untuk meminimalisir perkembangan sel kanker payudara hingga kanker kulit dengan cara mematikan sel kanker.

3. Mencegah asma

Punya riwayat sakit asma? Dan sesak napas? Nanas madu adalah solusinya. Beta karoten pada nanas madu mampu mencegah kambuhnya asma. Beta karoten itu sendiri tidak hanya ditemukan pada buah nanas saja, tetapi hampir diseluruh sayuran buah yang memiliki warna kuning, hijau tua dan orange.

Bagi penderita asma, mengkonsumsi buah nanas secukupnya secara berkala terbukti efektif mengurangi faktor kambuh. Meskipun demikian, tetap perhatikan jumlah takaran, jangan sampai kelebihan dosis dan memperhatikan apakah sedang mengandung atau tidak. Karena nanas tidak baik dimakan oleh ibu hamil muda.

4. Melawan radikal bebas

Munculnya berbagai macam penyakit di dalam tubuh kita bukan semata-mata karena keturunan dari keluarga. Tetapi juga disebabkan oleh gaya hidup, dan gaya makan makanan instans. Sehingga banyak sel radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Ketika sel radikal bebas masuk di dalam tubuh dan bermanifestasi dalam waktu lama. Maka akan terjadi pengendapan yang memicu reaksi penyakit. Baik itu penyakit kanker ataupun penurunan sistem imun tubuh.

Itu sebabnya, disarankan rajin mengkonsumsi buah-buahan karena memiliki banyak vitamin yang mampu melawan radikal bebas secara bertahap. Sehingga menghilangkan potensi penyakit dan kanker di dalam tubuh.

5. Kaya oksidan

Nanas madu juga mengandung antioksidan yang berperan untuk mengeluarkan zat-zat racun di dalam tubuh. Sehingga tubuh terasa lebih sehat, ringan melakukan aktivitas dan produktif. Karena rata-rata orang yang mengalami banyak zat racun, akan mempengaruhi performa dan produktivitas kerja.

6. Meredakan nyeri haid

Siapa yang setiap kali datang bulan merasakan sakit nyeri yang tidak tertahankan? Nanas madu bisa menjadi solusi alternatif mengurangi nyeri pada haid yang sangat mengganggu dan mempengaruhi mood dalam menjalani aktivitas.

Unsur vitamin yang mampu mengurangi rasa sakit nyeri karena kandungan antioksidan dan bromelain. Setidaknya buah yang memiliki warna kuning saat masak ini memiliki antioksidan yang efektif mengurangi peradangan, termasuk haid. Sehingga mampu merelaksasi otot-otot disekitar perut menjadi lebih netral. Jika ada yang belum pernah mencoba, mungkin dilain waktu bisa mencoba mengkonsumsi buah satu ini.

7. Memperkuat Tulang

Sebelumnya disinggung jika nanas mengandung mineral. Dimana mineral ini tidak sekedar memenuhi cairan di dalam tubuh. Tetapi juga berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Itu sebabnya, nanas madu digadang-gadang mampu mencegah osteoporosis.

Nanas madu juga sangat direkomendasi dikonsumsi oleh para atlet, karena bagus untuk memperkuat tulang. Sehingga ketika dihadapkan pada latihan fisik yang berat, tidak menjadi masalah yang begitu berarti. Tapi ada yang perlu diperhatikan saat mengkonsumsi nanas madu, terutama bagi penderita diabetes atau gula. Karena kadar gula pada nanas madu juga tinggi, sehingga tidak direkomendasikan untuk lanjut usia, 

9. Meminimalisir plak gigi

Buat kamu yang sangat peduli dengan penampilan, terutama gigi dan gusi. Tentu akan merasa khawatir dan mencari solusi agar tetap memiliki gigi dan gusi yang bersih tanpa flek. Ternyata nanas madulah jawabannya, karena mampu menghilangkan plak pada gigi. Selain itu, nanas madu juga dipercaya menguatkan tulang gigi agar tidak mudah tanggal, dan tidak mudah ombong.

Dari kedelapan manfaat buah nanas madu di atas, hanya sebagian manfaat yang bisa kamu rasakan. Adapun manfaat lain yang belum disebutkan. Misalnya baik untuk kesuburan, baik untuk kesehatan kulit, baik untuk penderita insufisiensi pankreas, dan kaya akan serat. Sehingga melancarkan saat BAB.

Dari sekian banyak manfaat buah nanas, mengkonsumsi nanas secara berlebih juga ada dampaknya. Seperti mual, diare, mulas, penyakit ginjal, kerusakan gigi, toksisitas, dan masih banyak lagi. Jadi pastikan untuk mengkonsumsi buah nanas madu dalam porsi yang normal. Segala hal yang berlebihan memang akan dampak yang ditimbulkan.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.