Banyak Orang Belum Tau Banyak Manfaat Buah Jamblang

Manfaat dari buah jamblang sangatlah banyak untuk tubuh kita, mulai dari menurunkan berat badan hingga mencegah terkena penyakit jantung. Karena buah jamblang mempunyai banyak mengandung berbagai jenis vitamin, mineral dan nutrisi di dalamnya serta rendah kalori.

Beberapa vitamin dalam buah jamblang adalah vitamin C, riboflavin, thiamin, folat, niacin, pyridoxine, asam pantotenat, dan kolin. Buah jamblang juga mengandung asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, serat makanan, natrium dan kalium. Selain itu, buah jamblang juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi, protein, seng, tembaga dan selenium. 

Buah jamblang yang masuk dalam suku jambu-jambuan ini memiliki banyak manfaat kesehatan, yang bisa dikonsumsi langsung atau dijadikan bahan dalam pengobatan herbal. 

Informais lebih lengkap mengenai buah jamblang dari segi kandungan dan manfaat akan kami jelaskan lebih detail dibawah ini.

ISK

Kandungan Buah Jamblang 

Buah jamblang ini bisa tumbuh di negera tropis, termasuk Indonesia. Sekitar 100 gram buah jamblang memiliki kandungan gizi sebagai berikut. 

  1. Air 80.2 mililiter
  2. Energi 80 Kalori
  3. Protein 0.5 gram
  4. Lemak 0.6 gram
  5. Karbohidrat 18.2 gram
  6. Serat 0.9 gram
  7. Kalsium 33 miligram
  8. Fosfor 138 miligram
  9. Zat besi 1.3 miligram
  10. Natrium 16 miligram
  11. Kalium 92.7 miligram
  12. Beta karoten 329 mcg
  13. Niasin 2.5 miligram
  14. Vitamin C 130 miligram 

Buah jamblang juga bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi minuman segar. 

Baca juga : Tidak Disangka! Ini Manfaat Daun Belalai Gajah Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Jamblang 

Buah jamblang dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit, salah satunya mengatasi penyakit diabetes. 

Bagian terbaik dari buah jamblang adalah tidak ada kolesterol sama sekali di dalamnya. Berikut ini, beberapa manfaat buah jamblang. 

1. Menangkal radikal bebas 

Buah jamblang mengandung vitamin C terbanyak kedua setelah jambu monyet, yang bermanfaat sebagai antioksidan menangkal radikal bebas. 

Radikal bebas adalah molekul yang tidak berpasangan sehingga bisa menerima dan memberikan elektron pada molekul lain. 

Karena itu, radikal bebas bisa menyerang berbagai molekul dalam tubuh, seperti protein, lipid, dan asam nukleat. 

Penyerangan terhadap molekul dalam tubuh bisa merusak sel, protein, DNA, sampai mengganggu keseimbangan tubuh. 

Tetapi, kandungan antioksidan dalam buah ini juga tergantung tingkat kematangannya. Bila buah masij berwarna hijau, tandanya masih mentah dan tingkay antioksidannya rendah. 

Bila buah sudah berwarna kemerahan, kandungan antioksidannya mulai meningkat. Sedangkan, buah jamblang berwarna ungu kehitaman memiliki kandungan antioksidan tertinggi. 

Baca juga : Makanan Mengandung Kalium Tinggi dan Mudah Didapat

2. Mencegah penyakit jantung 

Pengertian Jantung Koroner
Gambar terkena serangan jantung

Buah jamblang mengandung asam ellagic/ellagitannins, anthocyanin dan anthocyanidins yang memiliki sifat inflamasi. 

Buah ini juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas dan kolesterol dalam tubuh. Sehingga buah jamblang bisa menurunkan risiko stroke atau penyakit jantung. 

Buah jamblang juga mengandung kalium yang membuat pembuluh darah menjadi rileks. Pada gilirannya, mengkonsumsi buah ini bisa mencegah hipertensi dan serangan jantung. 

Selain itu, buah jamblang memiliki kandungan tanin yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol sebagai salaj satu faktor risiko penyakit jantung. 

3. Menurunkan risiko anemia 

Manfaat buah jamblang lain adalah menurunkan risiko anemia. Karena, buah mengandung zat bermanfaat, seperti vitamin C dan zat besi.  

Kedua zat tersebut berperan dalam pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. 

Anda harus tahu bahwa kadar zat besi yang terlalu rendah bisa menyebabkan anemia defisiensi zat besi. 

Sedangkan, tubuh kita tidak bisa memproduksi zat besi secara alami. Sehingga Anda bisa mendapatkannya dari suplemen atau makanan. 

Anda bisa mengonsumsi buah jamblang setidaknya seminggu sekali untuk melengkapi kebutuhan zat besi di dalam tubuh. 

4. Meningkatkan sirkulasi darah 

sirkulasi darah
Gambar sirkulasi darah

Manfaat buah jamblang lainnya adalah meningkatkan sirkulasi darag. Karena, buah ini memiliki enzim anrioksidan yang berperan penting dalam memproduksi hemoglobin. 

Sebab, hemoglobin sangat berperan penting dalam menjaga sirkulasi darah dan pengiriman oksigen serta nutrisi. 

5. Meningkatkan kekebalan tubuh 

Daya tahan tubuh kuat
Gambar Daya tahan tubuh kuat

Buah jamblang juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat merangsang produksi sel darah putih dan meningkatkan kekebalan tubuh.  

Selain itu, buah ini juga mengandung kalsium, zat besi, dan potasium yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh dan meningkatkan massa tulang serta memperkuatnya. 

Anda juga haru tahu bahwa buah jamblang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan anti virus yang membantu melindungi Anda dari berbagai penyakit. 

6. Meningkatkan kesehatan tulang dan gusi 

Kandungan kalsium dalam buah jamblang berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. 

Karena, kalsium berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi, terutama pada anak-anak, ibu hamil, dan menyusui. 

Fosfor juga bekerja sama dengan kalsium untuk menciptakan gusi dan email gigi yang sehat. Fosfor pun berperan penting untuk mengatasi penyakit tulang, seperti osteoporosis 

7. Mencegah dan melawan kanker 

Tanda Tanda Penyakit Kanker Serviks
Gambar orang terkena kanker

Manfaat buah jamblang lainnya adalah mencegah dan melawan kanker melalui sifat antikanker yang dimilikinya. Sebab, buah ini tinggi antioksidan yang bisa menghambat aktivitas radikal bebas dalam tubuh.  

Selain itu, buah jamblang juga mengandung fitokimia bioaktif di dalam buah jamblang, termasuk senyawa polifenol dan flavonoid yang memiliki sifat anti kanker dan kemo-preventif. 

Khasiat buah jamblang untuk mengatasi kanker sudah banyak diakui penelitian ilmiah. Karena, buah ini membawa sifat radioprotective dan chemoprotective yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dan menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. 

Tak hanya itu, senyawa tersebut juga dipercaya efektif untuk menunjang pengobatan kanker, jantung, dan hati. 

8. Mengontrol gula darah atau mencegah diabetes 

GULA DARAH
Gambar orang tes gula darah

Buah jamblang mengandung gula, asam, dan tanin yang seimbang. Ketiga kandungan itu bisa menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh sebanyak 30 persen, sehingga bisa mencegah diabetes. 

Praktisi Ayurweda menunjukkan bahwa daging buah jamblang bisa menurunkan gula darah selama 30 menit, bijinya menurunkan gula darah dalam waktu 24 jam, dan hasil maksimum pencapaian efek hipoglikemik dalam waktu 10 hari.

Manfaat buah jamblang untuk mengontrol diabetes pun sudah banyak dipercayai. Karena itu, kehadiran buah jamblang cukup membantu dalam mengatasi masalah tersebut. 

9. Meningkatkan kesehatan kulit 

Buah jamblang mampu mengatasi masalah kulit dengan mengurangi tingkat stres oksidatif dan menurunkan tingkat peradangan. Karena, buah jamblang mengandung vitamin A, vitamin E, dan antioksidan lainnya. 

10. Menurunkan berat badan 

penurunan berat badan
Gambar penurunan berat badan

Manfaat buah jamblang lain adalah menurunkan berat badan. Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan bisa menambahkan buah ini dalam menu diet. 

Selain rendah kalori, buah jamblang tinggi serat, sehingga dapat mengoptimalkan pencernaan. 

Konsumsi makanan tinggi serat dapat membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga mencegah makan berlebihan. Karena itu, buah ini baik untuk menurunkan berat badan Anda.

Selain 10 manfaat di atas, buah jamblang yang bersifat aromatik dan astringen kuat juga bisa mengobati strikhnina (strychnine), yaitu sejenis penawar racun yang spesifik dan mengobati pengobatan limpa dengan mengonsumsi bagian biji buahnya.

Bahkan, hasil penelitian di India menunjukkan bahwa buah jamblang berpotensi sebagai alat kontrasepsi untuk laki-laki. 

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Terbaru