15 Obat Alami Kolesterol Ampuh dan Mudah Dibuat di Rumah

teh hijau
demam, tenggorokan sakit, dan pusing kepala?

Ada bebera cara untuk menurunkan kolesterol tinggi salah satunya adalah dengan obat alami kolesterol. Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh organ hati di dalam tubuh yang memiliki fungsi penting. Sedangkan, kolesterol tinggi terjadi ketika kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan membentuk plak yang bisa menyumbat pembuluh darah.

Kadar kolesterol tinggi inilah yang bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, seperti stroke dan serangan jantung.

Penyebab kolesterol tinggi bisa terjadi akibat gaya hidup dan pola makan yang buruk. Karena itu, mengubah gaya hidup dan pola makan lebih sehat akan sangat membantu mengontrol kolesterol.

Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, olahraga rutin, berhenti merokok dan berhenti minum alkohol.

Dokter juga mungkin bisa memberikan resep obat untuk menurunkan kolesterol tinggi yang sudah sulit terkendali. Tapi, ada pula beberapa obat alami kolesterol yang bisa dikonsumsi bila Anda tidak ingin minum obat-obatan.

Daftar Obat Alami Kolesterol

Bahkan obat alami kolesterol ini sangat mudah ditemukan di rumah dan sudah dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan, antara lain:

1. Bawang putih

Bawang putih bisa menjadi obat alami kolesterol karena mengandung senyawa flavonoid dan saponin yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

2. Daun salam

daun salam

Daun salam merupakan obat alami kolesterol yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Daun salam memiliki banyak manfaat untuk mengatasi masalah kesehatan, seperti menurunkan kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, kencing manis dan maag.

Karena, daun salam mengandung senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan kuat, sehingga efektif untuk menurunkan kolesterol tinggi.

3. Daun kelor

daun kelor

Daun kelor tidak hanya bermanfaat untuk memperlancar ASI, tetapi juga obat alami kolesterol. Daun kelor mengandung zat aktif flavonoid dan tanin yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol tinggi.

4. Daun sirsak

Sebuah penelitian menemukan air rebusan daun sirsak mengandung flavonoid yang bisa mencegah pembentukan kolesterol darah, sehingga ini bisa menjadi obat alami kolesterol.

5. Teh hijau

teh hijau

Sejumlah studi menemukan minum teh hijau setiap hari selama 2 minggu bisa menurunkan kolesterol tinggi. Teh hijau juga mencegah kolesterol LDL dari oksidasi dan membentuk plak di arteri.

6. Lidah buaya

Lidah buaya memang memiliki banyak manfaat dan sering dimanfaatkan sebagai pengobatan rumahan. Karena, tanaman ini mengandung vitamin B3, asam nikotinat, vitamin C, enzim lipase dan asam folat yang bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Baca juga 20 Daftar Makanan Penurun Kolesterol – Enak dan Nagih [2022]

7. Kedelai

Kedelai juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami kolesterol. Karena, kedelai bisa menurunkan kolesterol LDL atau kolesterol jahat sebesar 12 persen. Anda bisa mengonsumsi 25 gram kedelai untuk menurunkan kolesterol tinggi.

8. Wedang uwuh 

wedang uwuh

Wedang uwuh juga obat alami kolesterol, yang terbuat dari bahan-bahan herbal, seperti jahe, daun cengkeh, daun kayu manis, pala kering, kayu sedang dan gula batu. Anda bisa membuat minuman ini sendiri di rumah dan menyeduhnya.

Jika sudah mengonsumsi beberapa obat kolesterol apotik atau obat alami kolesterol tak kunjung sembuh, saatnya anda mencoba obat herbal esvacare untuk membantu menurunkan tinggi kolesterol anda

9. Sereh dan jahe

Anda juga bisa membuat ramuan dari sereh dengan jahe dan gula merah sebagai obat alami kolesterol. Karena, jahe juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida yang diperoleh dari makanan tidak sehat.

10. Lemon dan bawang putih

Lemon bisa menjadi obat alami kolesterol karena mengandung vitamin A, B1, B2, C, bioflavonoids, pektin, dan fosfor yang bermanfaat menurunkan kolesterol tinggi.  

Sedangkan, bawang putih mengandung allicin yang bermanfaat untuk meluruhkan kolesterol dan lemak dalam tubuh. Ramuan lemon dan bawang putih bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi secara signifikan bila dikonsumsi secara rutin.

11. Jahe dengan bawang putih

Kombinasi jahe dan bawang putih yang sama-sama memiliki banyak khasiat bisa menjadi obat alami kolesterol.

Jahe dan bawang putih yang mengandung antioksidan bisa membantu melancarkan aliran darah, menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Tapi, Anda sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman ini lebih dari 2 minggu.

12. Jahe dengan madu

Campuran jahe dan madu juga bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi dalam darah. Karena, jahe dengan madu bisa membantu menurunkan berat badan bila dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan.

13. Oat

oat

Anda juga bisa mengkonsumsi oat untuk menurunkan kolesterol tinggi. Karena, semangkuk oat bisa memberikan 1-2 gram serat larut untuk tubuh. Sedangkan, tubuh harus mendapatkan nutrisi sebanyak 20-35 gram. Anda juga bisa menambahkan topping kesukaan ketika makan oat.

14. Buah apel

Menurut International Journal of Preventive Medicine (2011), mengatakan makan 300 gram apel setiap hari selama 8 minggu bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Karena, apel mengandung polifenol dan serat yang ampuh mengatasi kolesterol tinggi.

15. Buah alpukat

Buah alpukat mengandung vitamin C, K, B5, B6, E dan lemak tak jenuh tunggal yang bisa membantu mengatur kadar kolesterol jahat dan baik, serta trigliserida darah. Konsumsi alpukat secara rutin bisa membantu menurunkan kolesterol.

Itulah 15 rekomendasi obat alami kolesterol yang mudah didapatkan atau dibuat dirumah. Jika obat-obat kolesterol diatas tidak membantu menurunkan kolesterol anda, kami autoimuncare mempunyai layanan konsultasi gratis dari pada kerumah sakit dan membayar mahal.

konsultasi banner

Baca juga artikel terkait

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.