Sering Nyeri Dada Sebelah Kanan, Apakah Bahaya?

Nyeri dada sebelah kanan bisa menjadi gejala serius atau bukan gejala serius. Terkadang penyebab nyeri dada sebelah kiri menandakan serangan jantung atau Paru-paru yang kempes (A pneumothorax (noo-moe-THOR-aks)).

Rasa sakit pada dada sebelah kanan ini juga bisa berkaitan dengan beberapa penyakit lainnya, terutama pada lansia. Tapi, Anda juga harus tahu bahwa sakit dada sebelah kanan ini bisa dialami oleh semua orang, tidak hanya lansia. Anda harus mengenali penyebab dan gejala sakit dada sebelah kanan yang tidak boleh diabaikan.

Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan

Penyebab nyeri dada sebelah kanan bisa disebabkan oleh sakit paru-paru, gangguan jantung, hepatitis, gangguang pencernaan, cedera dada, infeksi virus herpes zoster, peradangan kantong empedu, dan stres.

Untuk informasi lebih detailnya sebagai berikut:

ISK

1. Penyakit paru-paru 

sakit dada sebelah kanan bisa disebabkan oleh penyakit paru-paru, yang terjadi akibat penyumbatan pembuluh darah di paru-paru, radang selaput paru, tekanan tinggi pada pembuluh darah di paru-paru dan paru-paru kolaps.

2. Gangguan jantung

Sakit dada sebelah kanan juga bisa menjadi pertanda gangguan jantung. Beberapa gangguan jantung yang bisa menyebabkan nyeri dada sebelah kanan ini termasuk serangan jantung, penyakit jantung koroner, perikarditis, kardiomiopati hipertrofi atau penebalan otot jantung, angina, dan diseksi aorta.

3. Hepatitis

Hepatitis atau peradangan hati juga bisa menyebabkan sakit dada sebelah kanan. Karena, organ hati terletak di dinding rongga dada kanan yang bisa memicu rasa sakit atau nyeri pada area tersebut.

4. Gangguan pencernaan 

Anda juga harus tahu bahwa nyeri dada sebelah kanan mungkin pertanda gangguan pencernaan, seperti penyakit refluks asam lambung (GERD), batu empedu, radang kantung empedu, serta kanker pankreas alias pankreatitis.

Baca juga 16 Daftar Makanan Untuk Darah Tinggi yang Layak Dicoba

5. Cedera dada

Cedera dada atau gangguan pada otot dan tulang dada bisa menyebabkan sakit dada sebelah kanan. Kondisi ini sering muncul sebagai gejala penyakit radang tulang rawan, yang menghubungkan tulang rusuk dan tulang dada. Selain itu, rasa sakit ini juga bisa muncul sebagai pertanda patah tulang rusuk. 

6. Infeksi virus herpes zoster

Infeksi virus herpes zoster yang menyebabkan cacar juga bisa menyerang bagian dada, sehingga menyebabkan peradangan saraf dan kulit di sekitarnya. Penyakit ini tidak hanya memicu ruam yang terasa sangat gatal, tetapi juga demam dan sakit dada.

7. Peradangan kantong empedu

Sakit dada sebelah kanan juga bisa disebabkan oleh peradangan kantong empedu atau kolesistitis. Selain sakit dada, penyakit ini bisa menyebabkan mual, muntah, demam, keringat berlebihan, tidak nafsu makan dan munculnya benjolan di perut bagian kanan atas.

8. Stres

Selain masalah fisik, sakit dada sebelah kanan juga bisa disebabkan oleh masalah psikis, seperti stres atau gangguan kecemasan. Karena, keduanya bisa memicu serangan panik dengan gejala pusing, jantung berdebar-debar, sesak napas dan sakit dada.

Rasa sakit pada dada akibat kejadian traumatis atau stres ini bisa menyerupai gejala serangan jantung. Tapi, sakit dada akibat stres atau gangguan kecemasan ini bisa terasa di bagian kiri maupun kanan.

Gejala Nyeri Dada Sebelah Kanan

Nyeri dada sebelah kanan tidak boleh dianggap sepele. Apalagi, kalau rasa sakit ini disertai dengan keringat dingin, pusing, mual dan muntah, sensasi tertusuk, tertekan hingga perih di area dada. Ada beberapa gejala lain yang biasanya menyertai sakit dada sebelah kanan, antara lain:

  1. Nyeri dada saat mengubah posisi tubuh
  2. Dada terasa seperti diremas dan ditekan
  3. Sensasi perih di dalam rongga dada atau di belakang tulang dada
  4. Sesak dan sakit saat bernapas, terutama ketika berbaring
  5. Nyeri dada terasa tajam dan menusuk

Bagaimana Cara Meredakan Nyeri Dada Sebelah Kanan?

Meredakan nyeri dada sebelah kanan berbeda-beda, tergantung rasa sakitnya. Menggunakan kompres es bisa membantu meneredakan keteganan otot saat sakit dada sebelah kanan. Jika terjadi sesuatu yang lebih serius segera periksa ke dokter untuk melakukan pengobatan yang terbaik.

Kapan Harus ke Dokter?

konsultasi ke dokter

Anda tidak boleh menunda konsultasi dengan dokter ketika mengalami nyeri dada sebelah kanan, karena banyak organ vital yang berada pada area dada.

Anda harus segera pergi ke dokter atau layanan darurat medis, bila sakit dada sebelah kanan disertai dengan gejala berikut ini.

  1. Kesulitan menelan
  2. Sesak napas cukup lama
  3. Demam, menggigil, atau batuk berdahak berwarna kuning kehijauan
  4. Rasa nyeri menyebar ke rahang, lengan kiri, atau punggung
  5. Rasa sakit terasa parah dan tidak kunjung membaik
  6. Detak jantung cepat, pusing, mual, pucat, dan keringat berlebih
  7. Detak jantung atau tekanan darah sangat rendah

Penanganan sakit dada sebelah kanan yang cepat akan meningkatkan peluang keberhasilan pengobatan. Jadi, jangan menunda terlalu lama untuk konsultasi dengan dokter.

Ada banyak yang bisa menjadi penyebab nyeri dada sebelah kanan. Perhatikan secara serius gejala yang muncul pada diri anda. Jika ragu segera periksa ke dokter, jika takut dan tidak ingin mengeluarkan uang banyak anda bisa konsultasi ke autoimuncare secara gratis.

Baca juga artikel lainnya:

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.