5 Macam Latihan Kardio Mudah dan Efektif dari Rumah

latihan kardio
download ebook kesehatan gratis

5 Macam Latihan Kardio Mudah dan Efektif dari Rumah – Di tengah zaman modern ini, kita acap kali lupa untuk mengalokasikan waktu guna berolahraga agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Bagi Anda yang memiliki intensitas kegiatan harian yang padat, latihan kardio dapat dijadikan sebuah alternatif untuk menjalani pola hidup sehat. Kardio atau olahraga aerobik merupakan serangkaian gerakan yang ditujukan untuk memompa darah dari jantung ke paru-paru agar stamina meningkat secara menyeluruh.

Kardio tidaklah melulu selalu kegiatan di luar rumah seperti berlari atau bersepeda, namun dapat juga dilakukan di rumah dengan sederhana dan mudah. Aktivitas fisik yang satu ini tidak harus menggunakan tempat yang luas dan alat yang mewah. Cukup dengan sedikit kreatifitas, Anda dapat menyusun pola latihan sendiri dan tetap mendapatkan tubuh yang sehat. 

Kardio memiliki manfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga memicu tubuh untuk melakukan pembakaran kalori lebih tinggi. Dengan demikian latihan kardio dapat menurunkan berat badan secara keseluruhan. Manfaat lainnya dari latihan kardio seperti menurunkan stres, meningkatkan sistem imunitas tubuh, serta menjaga stabilitas kadar gula dan kolesterol dalam tubuh. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda mencoba beberapa latihan kardio di bawah ini.

1. Lompat Tali

Lompat tali mungkin adalah salah satu latihan kardio yang familiar bagi Anda. Di balik kepopulerannya, lompat tali memang sangat baik bagi tubuh dan juga dapat membakar hingga 220 kalori dalam kurun waktu 20 menit. Apa yang dibutuhkan dalam latihan kardio ini adalah seutas tali dengan panjang cukup dan tempat yang tidak perlu terlalu luas.

Meski terlihat mudah untuk dilakukan, nyatanya lompat tali adalah salah satu latihan kardio yang memiliki tingkat kesulitan sedang. Untuk dapat melakukan lompat tali dengan baik dan benar mungkin akan membutuhkan beberapa kali latihan. Perlu dicatat, cara melakukan lompat tali dengan benar adalah dengan memutar tali menggunakan pergelangan tangan, bukan dengan menggunakan lengan.

2. Naik Turun Tangga

Naik turun tangga mungkin adalah solusi yang tepat dan ampuh bagi Anda yang ingin mengecilkan perut dan mengencangkan otot paha. Karena intensitasnya yang tinggi, maka naik turun tangga akan dengan cepat menguras tenaga meskipun ini hanyalah aktivitas sederhana.

Selain untuk memperkecil lingkar perut dan paha, sebenarnya naik turun tangga juga dapat mengencangkan bagian paha ke bawah. Namun perlu menjadi catatan bagi Anda untuk memperhatikan masalah kesehatan lutut, karena kegiatan ini tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki gangguan kesehatan pada lutut.

3. Jumping Jacks

Latihan kardio selanjutnya adalah jumping jacks. Jumping jacks dapat membakar kalori dalam tubuh hingga 100 kalori dalam waktu 10 menit. Dalam latihan ini, Anda tidak memerlukan alat atau kemampuan khusus untuk melakukannya.

Namun latihan jumping jacks ini termasuk salah satu latihan high impact, yang berarti akan memberikan beban yang tinggi pada persendian Anda. Dalam melakukan jumping jacks, Anda dapat memberikan variasi agar tidak bosan. Salah satunya dengan menggunakan variasi durasi atau menggabungkannya dengan latihan kardio yang lain seperti push-up atau squat.

4. Zumba

Senam zumba adalah salah satu latihan kardio yang paling populer dengan konsepnya yang menarik untuk diikuti baik untuk laki-laki maupun perempuan. Biasanya latihan kardio ini berlangsung selama 60 sampai 90 menit.

Meskipun terlihat lama, namun akan terasa cepat saat Anda melakukannya karena akan terbawa suasana yang asik sehingga waktu tidak terasa telah berlalu. Zumba dapat membakar kalori sekitar 400 kalori. Anda tidak perlu memiliki kemampuan khusus untuk dapat mempraktekkannya di rumah karena latihan ini didesain untuk mudah diikuti bagi semua orang.

5. Squat Jump

latihan kardio
Sumber : freepik

Squat jump adalah latihan kardio yang bersifat pliometrik yaitu menaikkan denyut jantung, membakar kalori, dan meningkatkan stamina pada bagian kaki. Perlu Anda perhatikan, latihan kardio squat jump juga termasuk latihan yang memiliki high impact pada sendi-sendi Anda.

Sehingga sebelum memulai latihan ini, pastikan sendi-sendi dalam kondisi yang prima. Melakukannya selama 30-60 detik adalah durasi yang ideal. Setelah itu dapat digabungkan dengan jenis latihan kardio lainnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan.

Latihan-latihan tersebut dapat Anda lakukan hanya cukup dengan berada di rumah tanpa perlu repot-repot keluar. Nah, dengan demikian bagi Anda yang memiliki tingkat aktivitas padat dalam kegiatan sehari-hari sehingga tidak sempat untuk keluar rumah tetap dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan optimal.

Tidak ada lagi alasan untuk tidak menjalani pola hidup sehat, dengan latihan kardio sederhana dan pola makan yang menyehatkan, tentu tubuh yang sehat akan menjadi milik Anda. Dukung gaya hidup sehat Anda dengan suplemen makan herbal Morice Care. Ketahui lebih lanjut tentang Morice Care di sini.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Pengertian Jantung Koroner

Zat Aktif Thymoquinone Untuk Penderita Jantung

Zat aktif thymoquinone untuk penderita jantung apakah betul dapat menormalkan semua parameter risiko penyakit kardiovaskuler (jantung)?  Dilansir dari berbagai sumber penelitian disebutkan bahwa zat aktif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.