Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami dengan 8 Makanan Ini

Nutrisi yang cukup dan bergizi sangat penting untuk mengendalikan kadar gula darah. Mengatur pola makan juga merupakan kunci terbaik agar kondisi gula darah dalam tubuh tetap normal. Misalkan kamu bisa minum aneka jus sehat seperti jus buah bit, apel hijau, tomat, jus semangka, makan pare dan sayuran-sayuran yang merawat. Makan roti gandum juga baik karena banyak mengandung serat yang bagus.

telur

Baca juga: Pilihlah 7 Sayuran Untuk Diabetes Berikut Agar Lebih Sehat.

Makanan Penurun Gula Darah

Berikut ini cara menurunkan gula darah secara alami melalui bahan-bahan tradisional serta makanan, yaitu antara lain:

Telur

Telur dapat mengontrol rasa lapar dengan mengurangi insulin pasca makanan.

ISK

Kayu Manis

Ekstrak kayu manis baik untuk menurunkan glukosa dalam darah, kadar kolesterol LDL dan trigliserida.

Alpukat

Alpukat mampu menurunkan risiko sindrom metabolik, termasuk diabetes. Alpukat juga meningkatkan perasaan kepuasan setelah makan.

Bawang putih

Bawang putih berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan kadar gula dalam darah. Ekstrak bawang putih meningkat jumlah insulin pada orang dengan diabetes

Cuka

Cuka dapat menghambat laju gula darah dan meningkatnya insulin.

Kacang Almond

Almond merupakan sumber magnesium, serat dan protein. Almond memiliki kandungan magnesium yang tinggi daripada kacang-kacangan lainnya. Semua kacang-kacangan, termasuk almond, juga kaya Kromium yang dapat membantu mengelola kadar gula darah.

Kurangi Konsumsi Gula

Selain melakukan olahraga secara teratur, kamu juga harus mengurangi mengonsumsi gula. Atau kamu bisa mengganti gula dengan yang kadarnya lebih rendah.

Diet Tinggi Protein

Diet tinggi protein juga sangat membantu dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh orang-orang penderita kelebihan kadar gula darah dan hasilnya pun sangat berkhasiat.  Demikian cara alami bagi penderita diabetes. Menerapkan saran di atas secara konsisten akan membantu mengontrol tubuh kamu tetap normal. Dengan mematuhi diet dan saran dari dokter ditambah berolahraga lebih banyak, semoga usaha kamu akan berhasil.

Cara Menurunkan Gula Darah Secara alami

Jika kadar gula darah dalam tubuh Anda terlanjur tinggi, adakah cara menurunkan kadar gula darah? Tentunya ada, tetapi, Anda harus berkonsultasi dengan dokter dan rutin meminum obat yang diresepkan.

Selain itu, ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk berdamai dengan penyakit gula darah ini, yaitu sebagai berikut:

Jangan Melewatkan Jam Makan

Hindari melewatkan jam makan sebab setiap kali Anda melakukan kebiasaan buruk tersebut, maka kadar gula darah Anda akan terdorong lebih tinggi. Hal ini terjadi karena ketika Anda kelaparan maka bahan bakar tubuh Anda adalah glukosa yang dilepaskan dari hati yang lama-kelamaan dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

Konsumsi Karbohidrat Sehat

Karbohidrat adalah salah satu unsur makanan yang penting untuk kesehatan tubuh. Tidak mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat berarti mengurangi asupan glukosa dalam tubuh Anda. Dan pilihlah dengan bijak seperti tidak mengonsumsi roti tawar putih sebab roti tersebut mengandung karbohidrat kompleks yang memperlambat penyerapan glukosa.

Konsumsi Kayu Manis

Sebuah penelitian kesehatan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi kayu manis akan turun gula darahnya sebanyak 18-29%. Oleh karena itu tidak ada salahnya apabila Anda menambahkan rempah-rempah ini pada kopi, teh, atau bahkan plain yogurt Anda. Selain bermanfaat untuk menurunkan gula darah, menambahkan kayu manis dapat memberi rasa lain pada makanan Anda.

Anda mungkin berpikir kayu manis rasanya manis dan mengandung gula, namun kayu manis ampuh dalam mengurangi gula darah dan mengurangi risiko untuk berkembangnya diabetes.  Beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis baik untuk menurunkan glukosa dalam darah, kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Namun hati-hati menggunakan kayu manis dalam dosis besar dapat berbahaya. Konsultasikan dengan dokter sebelum memulai kayu manis jenis apa yang cocok untuk anda.

Tidur Cukup

Ada banyak penelitian kesehatan yang menyebutkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Sehingga pastikan bahwa setidaknya Anda tidur 8 jam setiap malam.

Makan Lebih Banyak Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan adalah makanan tinggi serat yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna yang berarti bahwa makanan ini membutuhkan waktu lebih lama untuk melepaskan glukosa. Di sisi lain, kacang juga sumber lemak tak jenuh yang tidak dapat meningkatkan kadar gula darah.

Berolahraga Secara Teratur

Ketika Anda telah mengetahui monitor gula darah Anda, tentu Anda telah mengetahui hasil dari kadar gula darah tersebut. Jika hasilnya tinggi, maka salah satu yang paling berkhasiat dan ampuh dalam menurunkan kadar gula darah Anda dengan cara melakukan olahraga secara teratur.

Mengurangi Mengonsumsi Gula

Selain melakukan olahraga secara teratur, Anda juga harus mengurangi mengonsumsi gula. Mengurangi asupan gula merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan dalam mengurangi gula darah dalam tubuh.  Anda tetap bisa mengonsumsi gula asalkan bukan gula yang pada umumnya dijual dipasaran melainkan gula yang sudah dipastikan memiliki kadar glukosa yang rendah.

Diet Tinggi Protein

Selain dapat menurunkan berat badan, diet tinggi protein juga sangat membantu sekali dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh orang-orang penderita kelebihan kadar gula darah atau yang serina disebut dengan diabetes dan hasilnya pun sangat berkhasiat.  Nah untuk Anda yang saaat ini telah terdeteksi kelebihan kadar glukosa maka segerahlah melakukan diet protein tinggi sebagai salah satu cara menurunkan gula secraa signifikan.

PT. Autoimun Care Indonesia memberikan fasilitas konsultasi gratis untuk Anda yang memiliki keluhan Penyakit gula, Pencegahan Diabetes dan masalah mengenai obat herbal diabetes

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.