Macam-Macam Penyakit Ginjal yang Perlu Anda Ketahui

demam, tenggorokan sakit, dan pusing kepala?

Tahukah bahwa gangguan pada organ ginjal jenisnya beragam? Jadi, ada macam-macam penyakit ginjal yang dialami oleh manusia di Indonesia dan juga di seluruh dunia. Sebab gangguan kesehatan pada organ ginjal bisa dialami oleh siapa saja. Jika ada gangguan pada organ ini maka fungsinya sebagai penyaring racun atau kotoran di dalam darah akan terganggu.

Penyakit ginjal merupakan salah satu kondisi dimana ginjal yang menyebabkan kemampuan serta fungsi dalam menyaring racun, zat sisa dan juga cairan berlebih yang berasal dari darah hilang dengan perlahan. Karena organ ginjal bisa dengan mudah beradaptasi pada gangguan di fungsinya, tanda gejala penyakit ginjal biasanya baru akan muncul setelah kondisi penyakitnya semakin parah.

Sekilas Tentang Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal atau semua macam penyakit ginjal merupakan kondisi dimana organ ginjal di dalam tubuh mengalami masalah atau gangguan. Gangguan ini bisa menurunkan fungsi organ tersebut atau bahkan membuatnya tidak berfungsi sama sekali. Kondisi ginjal yang tidak berfungsi disebut dengan istilah gagal ginjal, praktis pasien akan rutin cuci darah. 

Gangguan pada organ ginjal bisa disebabkan karena terjadi masalah di organ ini sendiri. Bisa juga disebabkan karena mengalami efek dari penyakit lain yang diderita oleh tubuh. Misalnya saja seseorang menderita penyakit liver, maka rata-rata juga akan mengalami gangguan kesehatan pada ginjal. 

Ada beberapa macam penyakit ginjal yang perlu dikenal, sebab setiap jenisnya memiliki penyebab dan penanganan yang berbeda. Apapun jenis yang dialami sebaiknya segera ditangani, karena gangguan atau kerusakan pada ginjal bisa memicu sejumlah komplikasi. Selain itu memperbesar kemungkinan menjalani dialisis atau cuci darah seumur hidup. 

Sayangnya, prosedur dialisis ini tidak akan menyembuhkan organ ginjal yang sudah kehilangan fungsinya.  Namun hanya bisa membantu agar pasien memiliki usia yang lebih panjang dan memungkinkan untuk terus beraktivitas meskipun  hanya aktivitas ringan. 

Sebagian besar orang yang mendengar istilah “penyakit ginjal” akan lari kepada kondisi gagal ginjal. Padahal gangguan pada organ berbentuk seperti kacang tanah ini lumayan banyak. Penyebabnya beragam dan begitupun penanganannya di dunia medis. Lalu, apa saja Macam-macam penyakit ginjal tersebut?

Macam-Macam Penyakit Ginjal

Penyebab gangguan pada organ ginjal sangat beragam dan kemudian memunculkan beberapa macam penyakit ginjal dengan gejala yang khas. Berikut adalah macam-macam gangguan ginjal yang dimaksud:

1.Sindrom Nefrotik

Sindrom nefrotik adalah sebuah gangguan ginjal yang terjadi karena tubuh memiliki banyak protein yang keluar dalam urin. Kondisi ini bisa disebabkan karena terjadi kerusakan pada bagian pembuluh darah pada ginjal yang berfungsi untuk mengatasi kelebihan air. Penyakit ini bisa menyebabkan masalah kesehatan lain yang sangat kompleks.

2. Kista Ginjal 

Kista ginjal adalah sebuah kondisi penyakit yang menyebabkan adanya perkembangan kista di bagian ginjal. Kista bisa memiliki ukuran yang berbeda, berisi air dan bukan termasuk kanker. Namun kista bisa tumbuh dengan ukuran yang besar sehingga mengganggu fungsi ginjal. Ini termasuk penyakit yang bisa menyebabkan komplikasi terutama untuk hati.

3. Hematuria

Hematuria adalah sebuah kondisi yang menyebabkan terjadinya darah dalam urin. Meskipun ini adalah kondisi yang tidak serius namun juga bisa berkembang ke komplikasi yang lebih serius. Penyebab pendarahan harus diketahui karena terkadang tidak menimbulkan gejala. Bahkan pendarahan ini terkadang juga tidak terlihat dan harus dilakukan dengan pemeriksaan menggunakan mikroskop. Urin yang bercampur dengan darah biasanya akan terlihat berwarna merah kekuningan atau coklat. Pendarahan pada tingkat awal biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. 

Baca juga Kaki Bengkak: Gejala, Penyebab, dan Cara Pengobatan

4. Gagal Ginjal

Gagal ginjal terjadi ketika ginjal sama sekali tidak bisa melakukan fungsinya atau sebagian fungsinya sudah tidak bekerja. Akibatnya maka terjadi penumpukan cairan, racun dan kotoran dalam ginjal yang menyebabkan darah kehilangan keseimbangan kimia. Gagal ginjal bisa terjadi karena kondisi penyakit ginjal lain yang tidak mendapatkan perawatan yang tepat atau kegagalan perawatan.

5. Sindrom Alport

Sindrom Alport adalah salah satu jenis penyakit ginjal yang melibatkan genetik karena terjadi perubahan gen dalam tubuh. Sindrom ini menyebabkan bagian glomerulus yang menyaring semua racun dan limbah tidak bisa bekerja. Ahli pertama kali yang menemukan penyakit sindrom Alport adalah A. Cecil Alport.

Dari macam-macam penyakit diatas masih ada penyakit ginjal yang dikelompokkan seperti penyakit ginjal kronis dan penyakit ginjal polokistik. Berikut macam-macam penyakit ginjal:

Penyakit Ginjal Kronis

Jenis yang pertama adalah penyakit ginjal kronis yang juga dikenal masyarakat dengan sebutan penyakit gagal ginjal. Sesuai dengan namanya, gangguan ginjal pada kondisi ini sudah sangat kronis sehingga kehilangan kemampuannya dalam menyaring darah. Pasien pun kemudian dianjurkan rutin cuci darah. 

Secara umum, gagal ginjal dipicu oleh penyakit lain yang diderita oleh pasien. Seperti:

1. Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal. Diabetes ditandai dengan kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi dan bisa menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah di ginjal. Dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan gagal ginjal.

2. Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi juga bisa menyebabkan gagal ginjal. Sebab saat tekanan darah meningkat maka bisa meningkatkan tekanan pada glomerulus di ginjal. Kerusakan pada glomerulus akibat tekanan berlebih bisa menyebabkan gangguan ginjal dan menjadi gagal ginjal.

3. Batu Ginjal

Macam penyakit ginjal yang kedua adalah batu ginjal, yakni kondisi dimana terbentuk batu di dalam ginjal. Batu ini terbentuk sebagai akibat mineral dan asam yang masuk dan menumpuk di dalam organ ginjal. Sehingga bisa mengganggu kinerja organ ginjal dan memunculkan berbagai gejala. 

Seperti sakit pinggang, merasa sakit saat buang air kecil, air kencing berwarna keruh atau kemerahan karena mengandung darah, dan lain sebagainya. Pasien biasanya akan disarankan untuk menjalani operasi atau laser dengan tujuan mengikis batu di ginjal agar ikut keluar bersama air kencing.

4. Infeksi Saluran Kemih

ISK atau Infeksi Saluran Kemih juga termasuk macam penyakit ginjal. ISK disebabkan oleh infeksi bakteri di saluran kemih dan mengganggu aktivitas buang air kecil. Jika dibiarkan maka bakteri akan meluas dan salah satunya bisa masuk ke ginjal yang kemudian menyebabkan kerusakan.

Penyakit Ginjal Polikistik

Berikutnya ada penyakit ginjal polikistik yang merupakan kondisi terbentuknya kista atau kantung kecil berisi cairan di dalam organ ginjal. Tumbuhnya kista ini bisa mengganggu fungsi organ ginjal itu sendiri. Sehingga bisa menyebabkan penyakit ginjal yang lebih serius.

1. Glomerulonefritis

Glomerulonefritis juga termasuk salah satu macam penyakit ginjal. Penyakit ini ditandai dengan adanya peradangan pada glomerulus, yakni salah satu bagian di organ ginjal yang berfungsi menyaring darah. Gangguan pada bagian ini bisa menyebabkan gangguan fungsi ginjal.

2. Nefritis Lupus

Nefritis lupus juga termasuk penyakit ginjal, kondisi ini ditandai dengan adanya peradangan pada organ ginjal sebagai efek dari kondisi autoimun yakni lupus. Pasien lupus kemudian rentan mengalami komplikasi di ginjal, dan pada beberapa kasus perlu menjalani transplantasi ginjal.

3. Nefropati Diabetik

Berikutnya ada nefropati diabetik yang merupakan penyakit ginjal akibat kerusakan di bagian nefron dan dipicu oleh penyakit diabetes tipe 2. Kerusakan di nefron merupakan efek dari tingginya kadar gula di dalam darah. Selain bisa dialami pasien diabetes tipe 2, juga bisa dialami pasien diabetes tipe 1 yang kurang tepat dalam menjalani pengobatan.

4. Kanker Ginjal

Kanker ginjal merupakan jenis kanker yang muncul pada ginjal dan mempengaruhi fungsi ginjal secara umum, yakni kondisi dimana ada pertumbuhan sel kanker di organ ginjal. Paling umum tumbuh di filter kecil pada organ ginjal dan kemudian bisa merusak sel-sel sehat pada organ ini. Sehingga gangguan fungsi ginjal kemudian bisa dialami, dan bahkan bisa berakhir dengan kondisi gagal ginjal. Ini termasuk jenis kanker yang bisa menyerang orang dewasa maupun anak-anak

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.