Manfaat Makan Salad Sayur Bisa Mencegah Kanker

Mengkonsumsi salad sayur diketahui sangat baik untuk kesehatan tubuh. Terlebih lagi manfaat salad sayur bisa didapatkan jika fokus pada pola makan yang bersih. Salad sayur diketahui dapat memberikan tambahan protein dan vitamin dari kandungan sayur.

Salad mungkin merupakan bentuk yang paling disukai untuk mengkonsumsi sayuran saat makan siang atau makan malam. Beberapa orang menganggapnya lezat dan menyenangkan untuk dikonsumsi.

Salad sayur biasa berisi selada, bayam, daun kol hijau atau ungu, jagung, kentang, paprika, wortel, dan sebagainya.

Apa itu Salad?

Salad adalah salah satu makanan sehat yang isinya ada sayur atau buah dan ditambah beberapa ondemand seperti daging atau unggas dan diberi saus atau mayonnaise. Sehingga rasanya enak dan bikin nagih.

ISK

Baca juga : Cermati 5 Sumber Vitamin C dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Salad Sayur

Salad berdaun umumnya sehat dan bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet apa pun.

Daun sayuran hijau adalah sumber nutrisi yang bagus yang memungkinkan kamu mendapatkan lebih banyak vitamin dan mineral ke dalam sistem tubuhmu tanpa menghabiskan banyak ruang di piring. 

Jika kamu mencoba menurunkan berat badan atau menjaga kadar gula darah kamu tetap stabil, ada beberapa cara yang lebih baik daripada makan sayuran hijau secara teratur. berikut sayur untuk salad:

  • Selada, bayam, dan salad hijau lainnya merupakan bagian penting dari diet sehat karena dapat menjadi sumber vitamin A, vitamin C, dan nutrisi lainnya sepanjang tahun.
  • Sayuran berdaun merah dan hijau tua umumnya lebih tinggi antioksidan, vitamin B6, dan nutrisi lain daripada sayuran berwarna lebih terang.

Penting untuk menyimpan sayuran hijau pada suhu lemari es dan bilas dengan baik di bawah air mengalir sebelum digunakan.

Untuk mengurangi risiko penyakit bawaan makanan, perhatikan tanggal kadaluarsa yang tercetak pada sayuran berdaun dalam kantong dan campuran salad dan gunakan dalam waktu dua hari setelah dibuka.

Selada, sayuran berdaun yang paling sering dikonsumsi, menyediakan sekitar tujuh kalori per 1 porsi cangkir. Untuk memuaskan nafsu makan kamu, ada baiknya makan makanan bervolume tinggi tetapi rendah kalori seperti selada.

Manfaat Salad Sayur untuk Kesehatan

Banyak manfaat kesehatan yang diberikan sayuran hijau berasal dari fitonutrien, senyawa unik yang memberikan perlindungan bagi tanaman. 

Senyawa ini menjadi diakui sebagai bagian dari diet bergizi yang mempromosikan kesehatan jangka panjang. Fitonutrien dapat bertindak sebagai antioksidan, yang membantu mencegah penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Faktanya, sebagian besar salad memiliki empat bagian dasar, topping sayuran atau selada seperti kacang atau saus kacang yang dapat mencakup apa saja mulai dari minyak dan cuka dengan garam dan merica hingga saus Caesar yang lembut dengan keju biru hancur, dan setidaknya satu sumber protein seperti irisan telur rebus atau dada ayam panggang. 

Dengan menyatukan semua bagian itu, kamu mendapatkan makanan lengkap dengan vitamin dan mineral penting untuk tubuh. Lebih penting lagi, ada banyak manfaat kesehatan dari makan salad segar secara teratur. 

Berikut ini beberapa manfaat makan salad sayur untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan Pencernaan

Salad hijau mengandung banyak serat. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan tinggi serat dapat membantu meningkatkan pergerakan usus dan mengurangi sembelit.

2. Membantu Penurunan Berat Badan 

Jika kamu mencoba menurunkan berat badan tetapi tidak melihat hasil, coba tambahkan salad ke dalam rutinitas harianmu. Studi telah menemukan bahwa diet penuh buah dan sayuran sering dikaitkan dengan bobot tubuh yang lebih rendah daripada yang tinggi makanan cepat saji dan permen.

3. Perkembangan Otot Jantung yang Sehat

Salad sayur merupakan sumber kalsium yang sangat baik yang dapat membantu memperkuat otot jantung sehingga mereka berkontraksi lebih efisien selama berolahraga.

Sehingga pola makan tinggi sayur ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain dengan memperbanyak makan sayur atau makanan tinggi serat, kamu bisa juga menghindari asupan makanan berlemak dan mengandung kolesterol tinggi.

4. Manajemen Tekanan Darah

Sayuran berdaun hijau telah terbukti mengurangi tekanan darah pada beberapa individu bila dikonsumsi secara teratur. 

Dan karena tekanan darah tinggi menempatkanmu pada risiko penyakit lain seperti stroke dan diabetes, penting untuk mengendalikannya melalui diet yang tepat.

5. Menambah Tingkat Energi

Makan salad segar bahkan telah ditemukan untuk meningkatkan tingkat energi pada individu tertentu (terutama sayuran kaya vitamin). 

Setelah hanya satu porsi, peserta mencatat peningkatan dalam kejernihan mental, stamina, dan rasa sejahtera secara umum.

6. Turunkan Risiko Kanker Usus

Risiko kanker usus dapat diturunkan dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Hal ini karena kandungan salad sayur yang kaya akan antioksidan, vitamin C, vitamin E, asam folat, lycopene, alpha-carotene, dan beta-carotene.

Kandungan nutrisi tersebut diketahui dapat membantu menangkal dampak buruk dari radikal bebas yang dapat menurunkan risiko kanker.

7.  Meningkatkan Mood dan Produktivitas

Apa yang kamu konsumsi ternyata bisa mempengaruhi mood atau suasana hatimu. Jadi, apa yang kamu makan bisa membuatmu bahagia atau bahkan merasa sedih dan tidak bersemangat.

Jadi, kalau kamu mengonsumsi makanan tinggi lemak dan karbohidrat atau tinggi kalori, bisa saja suasana hatimu naik dan turun dengan cepat.

Sedangkan jika kamu mengonsumsi makanan yang kayak akan vitamin dan rendah lemak, seperti salad sayur, ini bisa jadi meningkatkan mood atau suasana hatimu.

Jenis asupan ini bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi rasa Lelah, yang pada gilirannya dapat membuatmu lebih produktif.

8. Memperkuat Tulang

Salad sayur diketahui mengandung vitamin dan mineral yang tinggi. Mengkonsumsinya secara rutin dengan jumlah yang tepat, ini akan memperkuat tulang dan terhindari risiko osteoporosis.

Risiko penyakit osteoporosis juga akan berkurang dengan ditambah rutin berolahraga serta membatasi daging merah dan makanan tinggi garam.

9. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Beragam sayur yang terdapat pada salad ini dapat menyehatkan tubuh secara keseluruhan dan menjaga fungsi tubuh secara optimal.

Konsumsi salad sayur telah terbukti dapat menurunkan risiko penyakit kronis seperti kolesterol tinggi, penyakit jantung, obesitas, hingga stroke.

Kamu bisa membuat manfaat salad sayur ini makin optimal dengan mengkonsumsi salad menggunakan sayuran yang masih segar, agar kandungannya tetap terjaga.

Ada baiknya kamu menghindari sayuran dan buah yang dikemas dalam kaleng atau yang sudah dikeringkan. Kamu juga bisa memberikan tambahan protein nabati dengan menambahkan tahu atau kacang-kacangan.

Penggunaan dressing salad atau saus salad lebih baik yang rendah lemak, seperti menggunakan sedikit olive oil. Hindari menggunakan topping keju atau thousand island sebagai dressing salad. Karena thousand island diketahui mengandung lemak jenuh, kalori, dan sodium atau garam yang cukup tinggi.

10. Membuat Awet Muda

Mengonsumsi sayur dan buah segar dalam salad akan membuatmu mendapatkan banyak asupan antioksidan.

Antioksidan memiliki peran penting dalam mencegah efek buruk radikal bebas dan memperbaiki sel-sel rusak karena radikal bebas.

Dengan mengonsumsi salad bisa membuatmu menjadi lebih awet muda karena kandungan antioksidannya.

Setelah memahami manfaat makan salad sayur ini, diharapkan Anda dapat mencoba salad sayur dan menjalani hidup sehat. Jika informasi ini kurang meyankinkan Anda, Sebaiknya datang konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.