Jangan Dibuang! 7 Manfaat Rambut Jagung untuk Kesehatan

Banyak sekali orang yang belum mengetahui manfaat rambut jagung saaat ini, padahal Jagung diketahui memiliki banyak manfaat. Bukan hanya bijinya saja, hampir seluruh bagian jagung dapat dimanfaatkan, termasuk rambut jagung.

Rambut jagung merupakan serat panjang mengkilap di bagian atas telinga jagung atau yang juga sering disebut sutra jagung. Rambut jagung dapat digunakan sebagai obat.

Rambut jagung digunakan untuk nyeri dada (angina), tekanan darah tinggi, mencegah sekelompok gangguan mata yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan (glaukoma), dan banyak kondisi lainnya.

Baca juga Manfaat Makan Salad Sayur Bisa Mencegah Kanker

ISK

Kandungan Gizi Rambut Jagung

Rambut jagung mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat. Rambut jagung mengandung potassium nitrat, vitamin K, alfa tokoferilkuinon, beta sitosterol, stigmasterol, asam yashushu, dan volatil alkaloid. 

Ini juga mengandung bahan kimia yang mungkin bekerja seperti pil air (diuretik), rambut jagung memiliki efek farmakologis diuretik alias peluruh kencing, menurunkan panas, dan menetralisir hati. 

Ini juga mungkin mengubah kadar gula darah, dan membantu mengurangi peradangan. Selain itu, rambut jagung kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Rambut Jagung untuk Kesehatan

Sering dianggap tak berguna dan dibuang begitu saja, rambut jagung ternyata memiliki kandungan senyawa aktif yang bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapat dari rambut jagung:

1. Mengobati Kanker

Seperti diketahui, rambut jagung memiliki kandungan antioksidan.

Kandungan antioksidan dalam ekstrak rambut jagung mampu melindungi sel tubuh dari radikal bebas dan stres oksidatif.

Ini membuat rambut jagung berpotensi dalam pengobatan kanker. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menguji keampuhannya. Kamu tidak bisa menjadikan rambut jagung sebagai pengobatan utama kanker.

2. Menurunkan Kolesterol, Mengatasi Penyakit Jantung dan Stroke

Penyakit jantung dan stroke erat kaitannya dengan penumpukan kolesterol yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

Hal ini dapat diatasi salah satunya dengan menurunkan kadar kolesterol. Salah satu manfaat rambut jagung adalah mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Selain itu, rambut jagung juga dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) yang bermanfaat untuk tubuh.

Dengan begitu, ini akan berdampak baik bagi pasien dengan riwayat penyakit jantung dan orang yang berisiko terkena stroke.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan dari senyawa flavonoid dalam rambut jagung juga mampu menangkal radikal bebas dan stress oksidatif.

Di mana stress oksidatif merupakan salah satu penyebab timbulnya penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan stroke.

3. Mengatasi Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya atau sering disebut silent killer. Penyakit ini dapat meningkatkan risiko penyakit kronis lainnya seperti stroke dan jantung.

Ekstrak rambut jagung disebut memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah selama beberapa jam.

Menurut beberapa penelitian, ekstrak rambut jagung mampu menghilangkan kelebihan cairan dalam tubuh dan menghambat aktivitas angiotensin-converting enzyme (ACE). ACE merupakan enzim yang dapat mempengaruhi tekanan darah.

Jadi, tak heran jika banyak yang menjadikan rambut jagung sebagai obat alami hipertensi. Salah satunya adalah dengan membuatnya menjadi teh.

4. Mengobati Asam Urat

Kandungan dalam rambut jagung ternyata juga bermanfaat untuk meredakan asam urat. Kamu bisa memanfaatkan rambut jagung sebagai obat asam urat dengan cara menyediakan 50 gram rambut jagung, 50 gram tempuyung, dan 100 gram kumis kucing.

Lalu cuci semua bahan dan potong kecil-kecil. Masukkan semua bahan ke dalam panci yang telah berisi tiga gelas air, kemudian rebus sampai mendidih dan menyisakan segelas air.

Setelahnya, saring dan biarkan sampai dingin. Kamu bisa minum ramuan ini secara langsung di pagi hari, dan merebus kembali ampasnya untuk diminum di sore hari.

5. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Seperti sudah dijelaskan di atas, rambut jagung memiliki efek farmakologis diuretik alias peluruh kencing.

Tidak hanya itu, rambut jagung juga mengandung nutrisi yang bisa membunuh bakteri penyebab infeksi. Sehingga rambut jagung dapat dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih atau ISK.

6. Mengobati Diabetes Melitus

Diabetes merupakan kondisi ketika tubuh tidak lagi mampu mengontrol kadar gula dalam darah sehingga kadarnya meningkat di dalam tubuh Penyakit ini umumnya disebabkan karena masalah produksi insulin atau tubuh yang tidak lagi bisa merespons insulin (resistensi insulin).

Rambut jagung memiliki manfaat dengan menurunkan kadar gula darah yang dapat mengobati diabetes melitus bila dikonsumsi secara rutin. Tak hanya itu saja, kandungan antioksidan dalam rambut jagung juga dapat menurunkan risiko penyakit ginjal akibat diabetes.

7. Mencegah Gangguan Mata

Kandungan dalam rambut jagung disebut memiliki manfaat untuk mencegah gangguan pada mata. Berdasarkan sebuah penelitian yang menyatakan bahwa ekstrak rambut jagung dosis tunggal mampu mengurangi tekanan bola mata. Peningkatan tekanan bola mata mampu meningkatkan risiko glaukoma dan gangguan mata lain yang bisa menyebabkan kebutaan.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.