Manfaat Cincau Hijau Bisa Mencegah Kanker

Manfaat cincau hijau cukup beragam untuk kesehatan tubuh kita, seperti meningkatkan imun tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, hingga membantu mencegah kanker. Daun cincau hijau mengandung banyak vitamin seperti vitamin B1, vitamin C, fosfor, dan kalsium. Selain itu, cincau juga memiliki banyak mineral, termasuk zat besi, tembaga, dan seng.

Ketika mendengar kata cincau, pasti yang ada dibenak kalian adalah minuman hijau yang menyegarkan. Setuju? Di balik enak rasanya, ternyata ada banyak manfaat cincau hijau yang bisa kamu dapatkan. Yuk cari tahu manfaat cincau hijau selengkapnya dengan membaca artikel ini sampai habis!

Kandungan Gizi Cincau Hijau

Cincau hijau terbuat dari tanaman platostoma palustre hijau yang belum matang dan memiliki rasa manis dan tajam. Makanan ini merupakan jenis makanan penutup tradisional Tiongkok dan telah ada selama berabad-abad. Jika selama ini kita tahu cincau sebagai makanan menyegarkan, ternyata cincau juga kaya akan kandungan protein, mineral, asam amino, dan vitamin yang baik untuk kesehatan. 

Meskipun banyak orang memakan makanan penutup ini sebagai camilan atau sebagai camilan setelah makan malam, kamu mungkin akan terkejut betapa bagusnya makanan penutup ini untuk kesehatan tubuhmu! Cincau mengandung banyak vitamin seperti vitamin B1, vitamin C, fosfor, dan kalsium. Selain itu, cincau juga memiliki banyak mineral, termasuk zat besi, tembaga, dan seng. 

ISK

Berikut tabel gizi cincau agar lebih mempermudah Anda memahaminya

Kandungan GiziBesaran Gizi
Kalori 122 kal
Protein 6 gram
Lemak 1 gram
Hidrat arang 26 gram
Kalsium 100 milligram
Fosfot 100 milligram
Besi 3,3 milligram
Vitamin A 107,5 SI
Vitamin B180 milligram
Vitamin C 17 gram
Bahan yang dapat dicerna 40%
tabel gizi cincau

Manfaat Cincau Hijau

Meskipun cincau dianggap sebagai makanan penutup, cincau umumnya diyakini menawarkan manfaat kesehatan dan kebugaran. Seperti banyak resep herbal, dilaporkan memiliki khasiat obat.

Baca juga Manfaat Buah Nanas Madu Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Manfaat Umum cincau hijau

Di bawah ini, kami telah mencantumkan beberapa manfaat paling umum yang terkait dengan cincau hijau:

  • Memiliki kandungan antioksidan.
  • Memiliki sifat antibakteri.
  • Dapat mengakomodasi diet alternatif.
  • Membantu dengan gangguan pencernaan.

Cincau merupakan makanan serbaguna yang berpotensi menghadirkan beragam manfaat untuk menu kamu. Baik menyajikan minuman, makanan penutup, atau apa pun di antaranya. Berikut ini adalah manfaat cincau hijau yang bisa kamu nikmati. 

1. Meningkatkan imun tubuh

Adanya senyawa antioksidan pada cincau hijau membuatnya menjadi salah satu obat alami yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan imun tubuh. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak daun cincau hijau memiliki berbagai senyawa metabolit sekunder seperti golongan senyawa terpenoid, flavonoid, fenolik, dan tanin. Senyawa metabolit sekunder tersebut dikenal berfungsi sebagai imunomodulator dan antioksidan alami.

Senyawa-senyawa tersebut menjadikan sel-sel makrofag tubuh lebih aktif dalam memakan patogen. Selain itu, juga aktif dalam menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Daun cincau hijau ini dapat menjadi alternatif baru sumber imunomodulator dan antioksidan alami bagi tubuh. 

Daun cincau hijau dapat menjadi salah satu solusi bagi masyarakat dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama bagi masyarakat yang memiliki aktivitas padat setiap harinya. 

2. Membantu Mencegah Kanker

Jika kamu khawatir tentang kanker, maka cincau adalah cara yang bagus untuk melawannya! Cincau mengandung polisakarida tingkat tinggi yang dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu dengan memperkuat sel darah putih dalam tubuhmu. Ini penting karena kekebalan yang lemah berarti penyakit lebih mudah masuk ke tubuh kita sementara melawan kondisi yang ada menjadi lebih sulit.

Selain itu, juga mengandung senyawa isokandrodendrin yang membantu membunuh sel tumor dari bagian tubuh tertentu, seperti hati, lambung, dan ginjal. Jadi, jika kamu ingin menjaga kesehatan yang baik selama bertahun-tahun ke depan, pastikan kamu memasukkan cincau dalam menu makanan sehari-hari sehingga nutrisinya dapat dicerna oleh tubuh. 

3. Menjaga saluran pencernaan

Sering bermasalah pada saluran pencernaan/sembelit? Jika iya, maka cincau bisa menjadi cara yang bagus untuk mengatasinya. Cincau hijau mengandung tinggi serat dan akan membantu buang air besar dengan mudah setiap hari. Cincau telah digunakan sebagai pencahar yang efektif selama bertahun-tahun oleh dokter tradisional Tiongkok. Ia mampu mengeluarkan racun dari tubuhmu sekaligus mencegah sembelit dan masalah usus lainnya seperti wasir.

Makanan cincau hijau juga tepat dimasukkan dalam menu dietmu terutama bagi kamu yang mengalami masalah buang air besar kronis seperti diare kronis atau sindrom tinja longgar. Supaya menu lebih bervariasi, kamu bisa menambahkannya ke dalam kopi atau teh dan meminumnya setiap hari. Atau lebih baik lagi, buat smoothie sehat yang mengandung banyak buah bersama dengan vanilla yang lezat! 

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Cincau hijau juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi karena memiliki kandungan kalium dan serat yang tinggi. Bukan tanpa alasan, sebab kandungan serat yang tinggi dapat membantu menghilangkan garam dan lemak dalam tubuh sebagai penyebab darah tinggi.

Selain itu ditemukan juga senyawa bioaktif pada cincau hijau yang memiliki peran sebagai penurun tekanan darah tinggi. Tak tanggung-tanggung, senyawa bioaktif ini langsung menyasar ke pusat jaringan, seperti jantung, vaskular, dan sistem saraf. Senyawa ini dapat berperan sebagai angiotensin receptor blocker (ARB), membantu mempercepat pembentukan urine (diuretik), dan juga menjadi antioksidan dalam proses stres oksidatif.

5. Membantu mengatasi diabetes

Cincau hijau dikenal dapat membantu mengatasi penyakit diabetes karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Ini berarti cincau hijau sangat baik dikonsumsi bagi kamu yang ingin menurunkan kadar gula darah dan mendapatkan tubuh yang sehat. 

Beberapa orang juga mengklaim bahwa cincau membantu mengobati kanker karena fakta bahwa antioksidan cukup kuat untuk membuang racun atau bahan kimia berbahaya dalam sistem tubuhmu – bahkan jika mereka terkait dengan sel kanker yang tumbuh pesat di dalam dirimu!

6. Meredakan sakit tenggorokan

Cincau adalah salah satu obat dingin untuk demam dan sakit tenggorokan. Sebab cincau hijau mengandung nutrisi seperti alkaloid, flavonoid, saponin, tendradine, dan cardioplegic serta vitamin A dan B. Senyawa anti-toksin ini lebih dari mampu mengobati gejala demam.

7. Menangkal radikal bebas

Dari penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa UGM tentang cincau hijau, ternyata ditemukan bahwa makanan ini juga dapat membantu menangkal radikal bebas.  Zat yang dimaksud, yakni terpenoid, flavonoid, tanin, dan fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan alami bagi tubuh.

Kandungan ini pun membawa manfaat cincau hijau sebagai penangkal radikal bebas. Radikal bebas dikenal sebagai penyebab berbagai penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

8. Meringankan Otot dan Sendi

Konsumsi cincau hijau saat olahraga juga disarankan terutama bagi kamu yang menderita masalah otot dan persendian seperti radang sendi. Kandungan anti-inflamasi pada cincau dapat membantu meringankan rasa sakit sendi dan otot.  

Makanan ini sarat dengan senyawa anti-inflamasi yang akan meredakan ketidaknyamanan atau pembengkakan pada otot dan persendian. Ini juga mengandung komponen yang meningkatkan aliran darah ke bagian tertentu dari tubuhmu dengan melebarkan pembuluh darah, yang mengurangi tekanan pada saraf kunci sekaligus menghilangkan peradangan.

Kesimpulan

Ada banyak manfaat cincau hijau yang bisa kita maksimalkan sesuai dengan kebutuhan. Jika kamu ingin tetap sehat sepanjang waktu, maka makanan super ini adalah salah satu hal terbaik yang dapat terjadi pada kamu karena 100% alami dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya atau aditif apa pun. 

Cobalah masukkan cincau ke dalam menu makananmu setiap hari mulai hari ini – ingatlah bahwa jika tidak ada efek samping negatif dari cincau, mengapa tidak mencobanya?

Cook Gem. Diakses 14 Oktober 2022. Mind Blowing Grass Jelly Health Benefits

BEAD DAILY. Diakses 14 Oktober 2022. The Benefits Of Green Grass Jelly And Black Are Fresh And Healthy

UGM. Diakses 14 Oktober 2022. Green Grass Jelly Potential to Improve Immunity

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.