7 Makanan Untuk Penderita Asma yang Baik Dikonsumsi Rutin

Mengetahui dengan detail mengenai jenis Makanan Untuk Penderita Asma yang aman dan sebaliknya adalah hal penting. Sebab pola makan ternyata tidak hanya harus dijaga oleh pasien dengan kondisi hipertensi, diabetes, dan GERD saja. Melainkan juga berlaku untuk mereka yang memiliki asma. 

Asma yang merupakan kondisi dimana terjadi gangguan pada sistem pernafasan, ditandai dengan nafas yang sesak dan berbunyi (mengi). Penderitanya dianjurkan untuk memperhatikan pola makan, karena dengan pola makan dan pemilihan jenis makanan yang tepat. Kondisi asma tidak akan mengurangi kualitas hidup penderitanya. 

Baca juga 6 Daftar Makanan Penurun Darah Tinggi dan Kolesterol

Pentingnya Pola Makan Sehat bagi Penderita Asma 

Pola makan sehat pada dasarnya perlu diterapkan oleh semua orang tanpa terkecuali. Jika dalam kondisi masih sehat maka bisa membantu memperkecil resiko terkena penyakit, baik itu penyakit ringan seperti flu dan pilek. Maupun penyakit berat dan termasuk punya penyakit degeneratif seperti jantung, ginjal, diabetes, dan lain sebagainya. 

ISK

Sementara pada mereka yang mengidap suatu penyakit, pemilihan jenis makanan yang tepat membantu memaksimalkan proses pemulihan. Penderita penyakit degeneratif kemudian lebih mudah mengontrol penyakitnya. MIsalnya agar gejala tidak selalu dialami (menurunkan kekambuhan) dan mencegah penyakit tersebut menyebar terlalu luas atau semakin parah. 

Hal ini juga berlaku untuk penderita asma, dimana kebijakan dalam memilih makanan penderita asma akan membantu meningkatkan kualitas hidup. Pencernaan adalah sumber dari kesehatan sekaligus penyakit. Saat pencernaan sehat maka infeksi dari bakteri dan bahkan sel penyakit seperti kanker bisa dilawan oleh sistem imun dengan baik. 

Bagi penderita asma, mengkonsumsi makanan yang benar dapat membantu sistem imun lebih terkontrol. Sehingga bisa memberi banyak manfaat, pertama adalah membantu meringankan gejala sehingga sesak nafas tidak sampai membuat nafas terlalu berat atau mengi. 

Selain itu, bisa membantu penderita asma untuk menjaga berat badan tetap di angka normal. Berat badan berlebih pada penderita akan mengurangi efektivitas obat atau pengobatan yang dijalani. Sebaliknya, jika berat badan tetap normal maka penderita bisa mendapatkan efek maksimal dari obat dan pengobatan yang sedang dijalani. 

Pilihan Makanan Untuk Penderita Asma Yang Baik Dikonsumsi Rutin 

apel
Gambar Buah apel

Melalui penjelasan sebelumnya, maka bisa dipahami bahwa penentuan makanan penderita asma yang tepat tidak berfungsi sebagai pengganti obat yang diresepkan dokter. Pola makan dan bahan makanan sehat untuk penderita asma ini bukanlah obat. Melainkan menjadi sumber nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. 

Manfaatnya tentu saja membantu meringankan gejala dan juga membantu mengontrol gejala agar tidak mudah kambuh. Makanan sehat yang diketahui baik dikonsumsi oleh penderita asma ini sangat banyak. Beberapa diantaranya adalah: 

1. Makanan Mengandung Asam Lemak Omega 3 

Makanan yang mengandung lemak selalu diberi label “makanan jahat” oleh sebagian masyarakat. Padahal, tubuh juga memerlukan lemak dan asupan lemak ini bisa mengutamakan lemak-lemak baik. Salah satu contohnya adalah asam lemak omega 3 yang dikenal sebagai lemak baik atau lemak yang sehat. 

Ada banyak makanan yang mengandung asam lemak omega 3 dan beberapa merupakan bahan makanan harian yang mudah ditemui dan bahkan sudah dikonsumsi setiap hari. Misalnya buah alpukat, minyak zaitun, biji-bijian, ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna, biji chia, dan lain sebagainya. 

Asupan asam lemak omega 3 kemudian baik bagi penderita asma sebab kandungan ini bisa membantu menjaga kesehatan paru-paru. Paru-paru yang sehat akan lebih mudah untuk menjalankan fungsinya. Sehingga bisa membantu mengurangi resiko serangan asma. 

2. Buat Apel 

buah apel
Gambar apel

Buah apel dikenal sebagai buah yang kaya manfaat bagi kesehatan tubuh, dan menjadi salah satu jenis buah yang banyak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh siapa saja. Buah apel berdasarkan hasil penelitian mampu membantu menjaga kesehatan paru-paru, yang artinya buah ini masuk ke dalam daftar makanan penderita asma. 

Konsumsi buah apel akan membantu mengurangi kemungkinan asma kambuh, sehingga penderita bisa lebih leluasa beraktivitas. Tentunya dengan tetap memperhatikan aktivitas tersebut sekaligus ditunjang dengan konsumsi makanan jenis lain yang juga sehat dan kaya nutrisi. 

3. Wortel 

worter
gambar worter

Wortel termasuk jenis umbi di keluarga sayur-mayur yang sangat akrab oleh masyarakat Indonesia. Selain mudah ditemui dan harganya murah, wortel juga kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah beta karoten yang diketahui bisa membantu meningkatkan kesehatan indera penglihatan atau mata. 

Selain itu, beta karoten di dalam wortel juga diketahui bisa membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan organ paru-paru. Selama proses pengubahan beta karoten menjadi Vitamin A, maka manfaatnya bagi paru-paru akan mulai diserap tubuh. Selain itu, kandungan ini juga membantu mencegah serangan asma dari efek olahraga.

4. Bayam 

bayam
gmabar bayam

Sayuran hijau jenis bayam ternyata juga masuk ke dalam daftar makanan penderita asma. Bayam diketahui mengandung asam folat atau vitamin B9 yang bermanfaat untuk mengendalikan serangan asma. 

Mendapatkan asupan asam folat yang cukup pada anak-anak dan orang dewasa bisa mengurangi serangan asma. Menariknya, sumber asam folat pada keluarga sayuran tidak hanya bisa didapatkan dari bayam. Bisa juga dari beberapa jenis sayuran lain sebut saja seperti brokoli dan buncis. 

5. Pisang 

pisang
gambar pisang

Suka makan buah-buahan? Selain apel, buah pisang juga baik dikonsumsi rutin oleh penderita asma. Termasuk ke dalam jenis makanan penderita asma karena di dalamnya terkandung asam fenolik yang kadarnya tidak kalah tinggi dengan buah apel. 

Kandungan asam fenolik membuat pisang bekerja secara efektif membantu mengatasi peradangan. Peradangan sering dialami oleh penderita asma saat serangan mulai dialami. Sehingga serangan asma tidak begitu parah dan intensitasnya dari sering bisa menjadi jarang dan bahkan sangat jarang. 

6. Rimpang Jahe 

Rimpang jahe termasuk rimpang yang sangat populer di Indonesia dan dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Paling sering adalah direbus maupun diseduh dengan air hangat lalu diminum bersama dengan madu atau gula aren. MInuman dari rimpang jahe ini efektif menghangatkan badan, sehingga bagus untuk penderita batuk, pilek, dan flu. 

obat batuk alami
Gambar ringpang jahe

Menariknya lagi, minum air seduhan jahe juga membantu mengurangi intensitas serangan asma. Sehingga asma tidak mudah kambuh dan kemudian bisa lebih leluasa dalam menjalankan rutinitas harian. Selain itu, rutin meminum air seduhan jahe juga bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tentunya setelah diimbangi dengan pola makan yang sehat dan bernutrisi. 

7. Buah-Buahan Berwarna Jingga 

Buah dan sayuran tertentu yang berwarna jingga sangat bagus untuk kesehatan paru-paru dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain wortel yang sudah dijelaskan sebelumnya, juga bisa mengkonsumsi buah-buahan berwarna jingga lainnya. Misalnya labu kuning, buah jeruk, buah pepaya, dan lain sebagainya. 

Memilih bahan makanan penderita asma yang tepat akan membantu mengurangi intensitas serangan asma. Sekaligus efektif menjaga berat badan di angka normal, sehingga bisa membantu memaksimalkan pengobatan.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Terbaru