9 Buah yang Bagus Untuk Penderita Tumor yang Aman dan Sehat

Pasien tumor tentu dianjurkan untuk memperhatikan pola makan, salah satunya memperbanyak Buah yang Bagus Untuk Penderita Tumor. Lalu apa saja jenisnya? Jadi, pada dasarnya selama pasien tidak memiliki masalah kesehatan tertentu maka asupan serat perlu dilakukan rutin sampai 5 porsi dalam sehari. 

Yakni saat jam makan utama, biasanya 30 menit sebelum makan besar dan juga untuk jam-jam ngemil antara jam makan utama. Makanan tinggi serat ini tidak harus sayuran bisa dari berbagai jenis buah-buahan. Menariknya, ada beberapa jenis buah yang diketahui sangat bagus untuk membantu memerangi pertumbuhan sel tumor. 

Baca juga : 6 Daftar Makanan Penurun Darah Tinggi dan Kolesterol

Adakah Buah yang Baik untuk Pasien Tumor? 

Asupan serat dan nutrisi lain dari buah dan sayuran baik vitamin dan mineral membantu pasien tumor untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Hal ini akan membantu mendukung proses pengobatan atau pemulihan. Sebab daya tahan tubuh yang baik secara alami bisa melawan pertumbuhan sel abnormal atau memperlambat pertumbuhannya. 

ISK

Sehingga pengobatan baik radiasi, kemoterapi, dan sebagainya bisa  bekerja lebih optimal. Maka pola makan kemudian perlu diperhatikan dengan seksama oleh pasien tumor dan juga keluarga yang merawatnya. Usahakan untuk rutin mengkonsumsi buah untuk tumor, yakni jenis buah yang baik untuk mendukung pemulihan. 

Meskipun semua jenis buah baik untuk mendukung pemulihan, namun berdasarkan hasil penelitian buah dengan antioksidan tinggi punya efek positif lebih tinggi. Sehingga jika memungkinkan bisa mengutamakan asupan buah yang tinggi antioksidan. Pilihannya sangat banyak, dan bisa mencoba mengkonsumsi buah yang paling mudah didapatkan. 

Buah yang Bagus Untuk Penderita Tumor:

buah apel

Dari penjelasan tentang buah untuk tumor di atas, maka bisa dipahami bahwa semua buah pada dasarnya bagus untuk pasien tumor. Namun, akan lebih bagus lagi jika mengkonsumsi buah dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Berikut beberapa pilihannya: 

1. Buah Naga

Pilihan yang pertama adalah buah naga, bagi pasien tumor bisa mencoba mengkonsumsi buah naga merah. Sebab buah naga yang ada di pasaran Indonesia ada yang berwarna merah dan ada yang berwarna putih. Buah naga merah mengandung antioksidan lebih banyak dan beberapa nutrisi yang tidak dimiliki buah naga putih. 

Namun, bukan berarti buah naga berwarna putih kurang sehat. Tetap sama-sama sehat, hanya saja akan lebih baik jika mengkonsumsi buah naga merah untuk mendukung proses pemulihan. Buah naga memiliki kandungan serat sangat tinggi dan baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. 

Buah jenis ini cocok dijadikan jus dan bisa juga dimakan langsung bersama buah-buahan jenis lainnya. Mengkonsumsi beberapa jenis buah untuk tumor sekaligus dalam satu waktu sangat dianjurkan. Agar tubuh mendapatkan vitamin, mineral, serat, dan nutrisi lain dari buah-buahan secara beragam. 

2. Buah Apel 

Siapa yang tidak kenal dengan buah apel? Buah ini termasuk ke dalam daftar buah dengan khasiat yang tinggi dan beragam. Mengandungs erat yang tinggi dan begitu juga dengan antioksidannya. Buah ini bahkan sering dijadikan pelengkap menu makanan sehat di sejumlah rumah sakit. 

Menariknya, buah apel yang tinggi antioksidan termasuk buah yang baik untuk dikonsumsi rutin oleh pasien tumor. Jika sudah dinyatakan sembuh, maka konsumsi apel bisa diteruskan. Sebab bisa membantu menurunkan resiko sel tumor kembali berkembang. 

3. Buah Blueberry 

mangga
gambar buah berry

Buah dari keluarga berry termasuk jenis buah untuk tumor yang banyak dianjurkan, karena menjadi salah satu buah dengan antioksidan tinggi. Jenis berry ini sangat banyak dan salah satunya adalah blueberry. Saat ini memang tidak tersedia di pasar tradisional, namun bisa dibeli di sejumlah swalayan dan supermarket. 

4. Buah Sirsak 

Siapa sangka jika buah sirsak disebut sebagai salah satu buah yang bekerja efektif melawan sel tumor dan sel kanker. Sehingga disebut sebagai buah anti tumor dan anti kanker. Efek ini didapatkan dari kandungan zat bernama anonaseus acetogenin yang bekerja efektif melawan pertumbuhan sel tumor dan kanker. 

5. Buah Manggis 

Buah manggis yang mudah ditemui di Indonesia saat musimnya tiba ternyata menjadi buah dengan kandungan antioksidan paling tinggi. Tidak heran jika buah ini sangat direkomendasikan untuk pasien kanker dan tumor. Asupannya bisa membantu memerangi sel tumor agar tidak terus tumbuh dan berkembang, sehingga mengoptimalkan pengobatan. 

6. Buah Alpukat 

Buah untuk tumor berikutnya adalah buah alpukat yang mengandung glutathione yang tinggi. Selain itu juga mengandung asam lemak tak jenuh yang bagus untuk kesehatan tubuh. Ditambah dengan nutrisi lain yang dimiliki oleh buah dengan daging lembut satu ini. Sehingga sangat cocok dikonsumsi rutin oleh pasien tumor maupun pasien kanker. 

7. Buah Strawberry 

Strawberry
gambar buah strawberry

Satu lagi buah dari keluarga berry yang bisa dikonsumsi rutin untuk menunjang proses pemulihan tumor. Yakni buah strawberry atau stroberi yang sangat populer di Indonesia karena punya warna merah cantik dan mudah ditemukan. Warna yang cerah dan rasa sedikit asam membuatnya kaya akan antioksidan. 

Sangat baik untuk membantu memerangi sel tumor agar tidak terus berkembang. Buah ini ada yang hadir dalam ukuran kecil ada juga yang besar. Jika ingin mencoba buah stroberi yang manis maka bisa mencicipi stroberi asal Korea. Harganya lebih mahal, namun nutrisinya tetap sama hanya saja punya rasa yang manis. 

8. Buah Plum 

Buah plum yang dari luar tampak seperti buah apel dan dagingnya tampak seperti buah anggur juga tinggi antioksidan. Buah yang jika masak kulitnya berwarna merah hati ini memiliki rasa manis berpadu dengan sedikit rasa asam. Sangat baik dikonsumsi rutin dan dipadukan dengan buah maupun sumber makanan bergizi lainnya. 

9. Buah Jeruk 

Buah tinggi antioksidan lainnya yang baik untuk pasien tumor adalah buah jeruk. Buah dari keluarga citrus ini kaya akan Vitamin C dan masuk ke dalam jenis antioksidan yang baik untuk daya tahan tubuh. Konsumsi secara rutin membantu memaksimalkan proses pengobatan. 

Menariknya lagi, buah jeruk bukanlah jenis buah yang sulit untuk didapatkan. Sebab tersedia secara berlimpah di pasaran Indonesia, dan buah jeruk lokal jauh lebih segar dan harganya juga cenderung lebih murah. 

Sebaiknya Tak Hanya Makan Buah 

Meskipun Buah yang Bagus Untuk Penderita Tumor banyak jenisnya dan banyak manfaatnya untuk menunjang pengobatan sekaligus sebagai sarana pencegahan. Bukan berarti pasien tumor sudah cukup hanya makan buah setiap harinya. Pasien tetap memerlukan asupan nutrisi dari makanan lainnya, dan perlu dikonsumsi secara rutin dan diganti-ganti. 

Jadi, kuncinya adalah tetap menerapkan pola makan yang sehat dan bergizi seimbang. Utamakan makanan rumahan dan bukan makanan kalengan atau makanan instan, karena asupan zat pengawet justru bisa memperparah tumor yang diderita. Oleh sebab itu, pasien perlu menata kembali pola makan sehari-hari agar sehat dan mengandung gizi seimbang. 

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Terbaru