Macam-Macam Penyakit Paru-paru Ini Bisa Mengancam Kesehatan Anda

Banyak sekali macam-macam penyakit paru-paru dari sesak nafas yang paling ringan hingga kanker paru-paru. Paru-paru merupakan organ tubuh yang sangat penting yang mengatur sistem pernapasan. Bagian tubuh ini berfungsi menyaring udara sehingga tubuh bisa menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida.

penyakit ispa

Oleh karena itu, organ vital ini harus kita jaga agar tubuh selalu sehat dan terbebas dari penyakit paru-paru. Apabila Anda mengalami batuk-batuk, sesak napas, hingga napas yang berbunyi, bisa jadi itu adalah sinyal adanya gangguan kesehatan pada paru-paru. Penyakit paru-paru bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti infeksi bakteri, virus, atau jamur. Beberapa penyebab eksternal tadi kemudian bisa mengakibatkan munculnya berbagai penyakit saluran napas. Artikel berikut akan mengulas berbagai macam penyakit paru-paru yang patut Anda waspadai.

1. Bronkitis 

Macam penyakit paru-paru pertama yang tidak boleh Anda remehkan adalah bronkitis. Bronkitis ditandai dengan adanya peradangan di cabang saluran napas yang mengarah ke bronkus atau paru-paru. Pemicu dari penyakit ini adalah virus yang menular lewat percikan dahak seseorang yang terkena bronkitis. Apabila virus ini mengenai orang lain dan masuk ke tubuh, maka orang tersebut pun juga akan ikut terinfeksi penyakit bronkitis.

2. Pneumonia/Paru-paru Basah

Penyakit paru-paru selanjutnya yang wajib diwaspadai adalah pneumonia. Di masyarakat, penyakit ini lebih akrab atau dikenal dengan sebutan paru-paru basah. Seseorang bisa terjangkit pneumonia melalui infeksi virus, bakteri, atau jamur. Pneumonia ditandai dengan terjadinya pembengkakan dan peradangan pada kantung udara di dalam paru-paru. Selain itu, saat Anda terkena pneumonia, paru-paru akan terisi dengan cairan atau nanah. Alasan itulah yang menyebabkan pneumonia dijuluki dengan istilah paru-paru basah. Penderita pneumonia bisa menularkan penyakitnya melalui udara yang terkontaminasi kuman saat bersin atau batuk.

ISK

3. Asma

penyakit paru-paru
Sumber: freepik

Sering merasakan sesak napas? Jangan remehkan, bisa jadi itu adalah gejala dari asma. Asma merupakan salah satu penyakit paru-paru yang biasanya membuat penderitanya kesulitan untuk bernapas. Hal ini terjadi karena saat asma menyerang, saluran napas mengalami peradangan dan penyempitan. Saluran pernapasan pada pasien asma biasanya sangat sensitif dengan beberapa faktor alergen seperti debu, asap rokok, bulu binatang, hawa dingin, virus, dan zat kimia. Jadi, asma bisa sewaktu-waktu menyerang jika penderitanya terpapar salah satu atau beberapa pemicu tadi. Hal lain yang membuat penderita asma mengalami sesak napas adalah terjadi peningkatan produksi dahak di dalam saluran napas tersebut.

4. Tuberkolosis (TBC)

TBC adalah penyakit paru-paru yang terjadi karena paparan bakteri mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini bisa dibilang cukup membahayakan karena rentan menyerang organ tubuh lainnya seperti ginjal, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat, dan juga tulang. Sama halnya dengan bronkitis dan pneumonia, TBC menular melalui percikan dahak yang menyebar lewat udara saat batuk atau bersin. 

5. Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)

PPOK adalah macam penyakit paru-paru yang ditandai dengan terjadinya peradangan yang menyebabkan gangguan aliran udara dari dan ke paru-paru. Penyakit ini terbagi menjadi dua macam yaitu bronkitis kronis dan emfisema. PPOK dikategorikan menjadi dua jenis karena peradangan terjadi pada area yang berbeda. Jika bronkitis kronis menyerang dinding bronkus, emfisema menyasar pada alveoli atau kantong kecil pada paru-paru. 

Orang yang kerap menghirup asap rokok dalam waktu yang lama berisiko tinggi terkena penyakit ini. Tidak hanya perokok aktif saja, hal ini juga berlaku bagi perokok pasif. Pemicu lainnya yang harus diwaspadai adalah debu, asap bahan bakar, serta uap bahan kimia.

6. Kanker Paru

penyakit paru-paru
Sumber: freepik

Mengutip halaman Kementerian Kesehatan RI, kanker paru-paru menduduki posisi ketiga sebagai kanker ganas setelah kanker payudara dan kanker serviks. Gejala yang tampak pada pasien yang terkena kanker paru-paru diantaranya adalah sakit dada, batuk yang tak kunjung sembuh, batuk berdarah, mengi, suara menjadi serak, dan terjadi peradangan di paru-paru. Sama halnya dengan PPOK, perokok aktif maupun pasif sangat rentan terkena kanker paru-paru. Jika Anda membaca tulisan ini, mulai sekarang hentikanlah kebiasaan merokok. Jika Anda terkena kanker paru-paru akibatnya cukup fatal karena sel kanker bisa menyebar ke organ tubuh yang lain.

7. Pneumotorak

Penyakit paru-paru lainnya yang bisa menjangkit seseorang adalah pneumotorak. Pneumotorak terjadi karena adanya kebocoran udara di paru-paru yang kemudian masuk ke celah antara paru-paru dan dinding dada. Penyakit ini bisa terjadi pada pasien yang punya riwayat PPOK, kanker paru-paru, cedera dada, operasi dada/ perut, serta komplikasi penyakit paru. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan orang yang sehat juga bisa terkena pneumotorak. Pneumotorak ditandai dengan adanya nyeri dada, gagal napas, serta gagal jantung.

Baca juga: Tingkatkan Fungsi Paru-paru dengan 5 Teknik Pernapasan Ini

Agar terhindar dari penyakit paru-paru, Anda bisa mengimbanginya dengan konsumsi suplemen herbal seperti RespiCare. RespiCare menjadi salah satu suplemen penguat sistem imun yang terbuat dari bahan-bahan alami, yaitu ekstrak daun kelor dan tanaman sarang semut. Sehingga aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang. RespiCare juga membantu mempercepat penyembuhan penyakit akut serta membantu tubuh untuk meregenerasi sel rusak akibat penyakit kronis. Dapatkan produknya di sini dan rasakan khasiat RespiCare untuk kesehatan Anda.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.