Apa Bahaya Sakit Maag Disertai Diare? Berikut Cara Mengobati

Sakit maag yang disertai diare mungkin terjadi karena adanya infeksi di area usus. Infeksi tersebut menghasilkan exsotoxin yang membuat lambung berbalik arah dan memperlambat gerakan lambung. Sehingga muncul gejala muntah.

Sakit Maag atau dalam istilah medis disebut dengan gastritis adalah peradangan atau luka yang terjadi pada permukaan lambung. Maag bisa terjadi secara tiba-tiba (maag akut) dan bisa juga terjadi secara perlahan (maag kronis). Dalam beberapa kasus, maag dapat menyebabkan borok pada lambung dan meningkatkan risiko kanker lambung. Namun pada dasarnya maag bukanlah suatu keadaan yang serius dan merespon pengobatan dengan baik.  

Maag bisa disebabkan oleh infeksi bakteri Campylobacter pylori, rangsangan produksi asam lambung oleh berbagai sebab, dan obat-obatan yang menyebabkan perih di lambung. Pemakaian obat semisal pereda nyeri dan radang golongan salisilat seperti aspirin/asetosal dapat mengiritasi dinding lambung sehingga menimbulkan perih.  

Maag dapat terjadi karena kecemasan, emosi atau stress, makan atau minuman yang merangsang produksi asam lambung seperti cabai, alkohol, cokelat, kopi, kebiasaan merokok, jadwal makanan yang tidak teratur, dan obat-obatan tertentu. 

ISK

Gejala dan tanda sakit maag adalah sebagai berikut:

  1. Nyeri, rasa panas, melilit ulu hati terutama saat perut kosong
  2. Nyeri akan membaik segera setelah makan dan minum, lalu muncul lagi dalam beberapa jam kemudian
  3. Mual, muntah dan kembung
  4. Hilang nafsu makan
  5. Badan lemah.

Pahami pula bahwa tidak semua rasa nyeri di ulu hati menandakan sakit maag. Ada gejala-gejala yang bukan termasuk sakit maag, yaitu apabila: 

  • Nyeri Ulu Hati Disertai Diare
  • Nyeri Ulu Hati Disertai Sesak Nafas, Demam, Keringat Dingin
  • Nyeri Ulu Hati Tidak Membaik Atau Semakin Sakit Dengan Pemberian Makan
  • Nyeri Ulu Hati Disertai Muntah Darah
  • Nyeri Ulu Hati Disertai mual dan muntah lebih dari tiga kali sehari

Sakit Maag Disertai Diare Bagaimana? Sakit maag sering hilang dan timbul. Tiap kali kambuh, sakit maag disertai diare. Dalam beberapa kasus, sakit maag disertai diare memang bisa berhubungan. Kesamaan keduanya adalah menyerang saluran pencernaan, sakit maag disertai diare. Pada sakit maag, bagian yang diserang adalah lambung, sedangkan diare terjadi karena gerak berlebihan di bagian usus.  

Ketika sakit maag timbul, lambung terpacu untuk berkontraksi lebih keras melalui gerakan refleks (gerakan tanpa didasari otak) yang disebut sebagai refleks gastrointentinal. Gerakan inilah yang membuat perut terasa mulas dan menyebabkan diare. Sakit Maag Disertai Diare, Meskipun sakit maag dan diare bisa berhubungan, tetap perlu diwaspadai gejala-gejala yang muncul antara keduanya. 

Bila diare terjadi berkali-kali dalam sehari, dan tinja hanya berupa cairan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter, sakit maag disertai diare. Selain itu, minum cairan oralit atau minuman pengganti elektrolit tubuh bisa membantu Anda mengurangi rasa lemas saat diare.

Cara mengobati maag disertai diare

Penanganan atasi diare sebaiknya dilakukan dengan dua cara, tanpa obat dan dengan obat.

Tanpa Obat :

Hindari perut kosong, atur jadwal makan dengan pola porsi kecil dan frekuensi lebih sering makan makanan lunak/mudah dicerna, hindari makanan/minuman yang mengandung alkohol, gas, CO2 (soft drink), kopi, cokelat, hentikan merokok, dan selesaikan masalah segera untuk menghindari stres.

Dengan Obat : 

Obat digunakan bilamana penanganan tanpa obat tidak menolong, dan pilihan utama untuk maag adalah antasida. Antasida bekerja dengan menetralkan asam lambung berlebih, sehingga melindungi selaput lendir lambung dari kerusakan. Antasida yang beredar di pasaran biasanya terdiri dari campuran garam alumunium, garam magnesium dan simetikon. Garam alumunium dan magnesium akan mengikat asam lambung sehingga keasaman lambung berkurang. Simetikon berfungsi untuk membantu pengeluaran gas berlebih di dalam saluran cerna.

PT. Autoimun Care Indonesia memberikan fasilitas konsultasi gratis untuk Anda yang memiliki keluhan Penyakit Diare dan masalah mengenai gangguan pencernaan.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.