Daftar Makanan Yang Baik Untuk Penderita Tumor dan Pantangannya

makanan penderita tumor
download ebook kesehatan gratis

Daftar Makanan Yang Baik Untuk Penderita Tumor dan Pantangannya – Penderita tumor, baik tumor ganas yang menjadi kanker maupun tumor jinak tentu akan membutuhkan informasi mengenai makanan penderita tumor. Mengapa? Sebab tumor sendiri adalah kondisi dimana tubuh memiliki jaringan yang tumbuh (misalnya membentuk benjolan) yang berasal dari akumulasi (penumpukan) sel-sel abnormal. 

Pertumbuhan sel abnormal ini bisa sangat cepat dan bisa menjadi sangat lambat karena ada pengaruh dari pola makan. Sebab sel abnormal di dalam tubuh sejatinya juga butuh nutrisi untuk bisa tumbuh dan berkembang. Maka berbagai penelitian dilakukan untuk mengetahui makanan apa saja yang dianjurkan dan mana saja yang dipantang (harus dihindari). 

Makanan Yang Baik dan Sehat untuk Penderita Tumor

Pola makan erat kaitannya dengan pengelolaan penyakit tumor yang diderita oleh seseorang. Sampai saat ini tumor maupun kanker belum diketahui secara pasti penyebabnya. Namun ada sejumlah faktor yang meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit tersebut. Mulai dari faktor genetik atau keturunan sampai pola makan. 

Diketahui pula ada sejumlah jenis makanan maupun proses mengolah bahan makanan yang memicu masuknya zat karsinogenik penyebab kanker masuk ke dalam tubuh. Maka untuk mendukung pemulihan, pasien tumor perlu paham apa saja makanan penderita tumor yang harus dikonsumsi rutin dan juga yang harus dihindari. 

Berikut adalah jenis-jenis makanan yang diketahui baik untuk dikonsumsi rutin oleh pasien tumor: 

1. Makanan Tinggi Antioksidan 

Hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata penderita tumor, kista, dan kanker dapat terjadi karena kurang asupan antioksidan. Antioksidan bisa membantu tubuh memperkuat daya tahan tubuh sehingga bisa melawan serangan radikal bebas. Radikal bebas ini erat kaitannya dengan pertumbuhan sel kanker dan tumor. 

prebiotik dan probiotik

Lalu, apa saja jenis makanan yang mengandung antioksidan tinggi? Pada dasarnya, asupan antioksidan bisa didapatkan dari aneka jenis buah dan sayuran. Sebab kaya akan vitamin dan mineral yang termasuk ke dalam jenis antioksidan. 

Jadi, silahkan memperbanyak asupan sayur dan buah. Apabila ada gangguan pencernaan atau riwayat penyakit tertentu (misalnya asam urat). Maka konsultasikan dengan dokter mengenai jenis buah dan sayuran mana saja yang aman untuk dikonsumsi rutin. 

2. Makanan yang Mengandung Asam Lemak Omega 3

Makanan penderita tumor yang terbilang sehat untuk dikonsumsi rutin berikutnya adalah semua makanan yang mengandung asam lemak Omega 3. Jenisnya sangat beragam mulailah dari makanan yang mudah ditemukan dan harganya juga bisa diterima oleh kantong. 

Misalnya saja ikan tuna, ikan salmon, ikan sarden, yogurt, susu, biji-bijian, kacang-kacangan, telur, tiram, dan lain sebagainya. Ada banyak jenis asupan tinggi Omega 3 bisa dipilih. Kemudian bisa diolah dan diberi bumbu sesuai selera, agar diet selama penyembuhan tidak terasa menyiksa. 

3. Makanan Mengandung Zat Besi 

Makanan sehat berikutnya untuk penderita tumor adalah makanan yang mengandung zat besi. Asupan zat besi sangat baik bagi tubuh, salah satunya bisa menjaga jumlah sel darah merah tetap normal. Pilihannya ada hati sapi, tiram, kepiting, telur, bebek, ikan sarden, dan lain sebagainya. 

4. Makanan Tinggi Serat 

Makanan tinggi serat juga menjadi jenis makanan yang baik dikonsumsi rutin oleh penderita tumor. Sebab bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan, sehingga membantu menyerap nutrisi di pencernaan dengan baik. Hal ini akan membantu memaksimalkan penyembuhan dan memperlambat pertumbuhan sel tumor. 

Makanan tinggi serat bisa dari buah-buahan dan sayuran, silahkan pilih jenis buah dan sayuran yang disukai. Sehingga bisa rutin dikonsumsi dan membantu memaksimalkan penyembuhan. 

Pantangan Makanan untuk Pasien Tumor 

Berhubung pola makan akan mempengaruhi pengelolaan penyakit tumor, maka membahas makanan penderita tumor tidak cukup hanya makanan yang dianjurkan. Melainkan juga makanan yang dipantang, berikut beberapa diantaranya: 

1. Suplemen Kedelai 

Berdasarkan hasil studi yang kemudian dipublikasikan oleh American Cancer Society. Dijelaskan bahwa kedelai segar baik dan aman untuk penderita tumor, namun tidak dengan suplemen kedelai yang mengandung isoflavon dalam kadar tinggi. 

2. Makanan yang Dibungkus Plastik 

Mengkonsumsi makanan yang dibungkus dengan kemasan dari plastik dan kemudian dihangatkan di microwave bisa menyebabkan zat karsinogenik muncul. Maka perlu dihindari dan memilih mengkonsumsi makanan segar. Jikalau perlu dipanaskan atau dihangatkan maka bisa dilakukan di atas wajan tanpa kemasan plastik tadi. 

3. Gorengan dan Makanan yang Dipanggang 

Siapa yang tidak suka dengan gorengan? Rasa yang gurih dan tekstur yang renyah tentu akan memanjakan lidah. Hanya saja makanan yang digoreng mengandung lemak jenuh terlalu tinggi, apalagi jika digoreng di atas minyak yang sudah dipakai lebih dari dua kali. Maka tidak aman bagi penderita tumor. 

Hal serupa juga berlaku untuk makanan yang dipanggang. Terutama yang dipanggang di atas alas yang sudah terkelupas atau mungkin yang kotor dan berada tepat di atas arang yang membara. Maka hindari makanan yang dipanggang selama proses penyembuhan. 

4. Makanan Manis

Lebih tepatnya adalah makanan yang mengandung gula, asupan gula bukanlah makanan penderita tumor yang baik. Sebab bisa merangsang sel tumor untuk bermetastasis yang kemudian menyebar lebih luas. Kondisi pasien akan memburuk karena sel tumor berkembang terlalu cepat dan merusak jaringan lainnya. 

Dalam diet sehat penderita tumor, masakan yang disajikan idealnya tidak ditambahkan gula pasir. Gunakan penyedap cukup garam dan memperbanyak penggunaan rempah seperti bawang merah dan bawang putih. Selain lebih sehat juga dijamin lebih enak. 

5. Makanan Kemasan atau Instan 

Makanan dalam kemasan ataupun makanan instan perlu dihindari oleh penderita tumor. Sebab makanan jenis ini secara umum diberi tambahan zat pengawet dalam jumlah besar. Zat pengawet memiliki efek nyaris mirip dengan gula terhadap pertumbuhan dan perkembangan sel tumor. 

Ini pula yang membuat pasien kista maupun kanker dianjurkan pula untuk menghindari atau sangat membatasi asupan makanan dalam kemasan. Jika kondisi penyakit sudah parah maka menjadi langkah bijak untuk tidak mengkonsumsi makanan kemasan sama sekali. 

Pola Makan yang Dianjurkan Untuk Penderita Tumor

Lalu, bagaimana dengan pola makan yang ideal diterapkan oleh pasien tumor? Pada dasarnya pola makan yang baik, yakni yang sehat dan bergizi seimbang sangat dianjurkan untuk diterapkan pasien tumor. Adapun pola makan yang dianjurkan ini mencakup beberapa poin berikut: 

  1. Meningkatkan konsumsi buah dan sayuran, akan lebih baik jika diselang-seling atau dibuat bervariasi setiap harinya. Sehingga tubuh mendapatkan nutrisi dari berbagai jenis buah dalam satu minggu penuh. 
  2. Mengurangi dan menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh cukup tinggi. Misalnya pada daging merah, jeroan, mentega, dan lain sebagainya. 
  3. Mengurangi makanan yang dimasak dengan cara dibakar dan diasap. 
  4. Mencapai dan mempertahankan berat badan ideal, dan jika berada di kondisi obesitas perlu menjalani diet sehat dan seimbang. 
  5. Menghindari rokok dan alkohol. 

Melalui penjelasan tentang makanan penderita tumor di atas, diharapkan pasien bisa menjalani pola makan yang benar untuk mendukung pemulihan. Jika butuh konsultasi lebih bisa menghubungi Konsultan Kesehatan PT Autoimun Care Indonesia melalui kontak 0822-4199-9699

sumber: 

https://www.halodoc.com/artikel/bagi-pengidap-tumor-5-makanan-ini-jadi-pantangan

https://www.alodokter.com/komunitas/topic/makanan-untuk-penderita-tumor-atau-kanker

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Pengertian Jantung Koroner

Zat Aktif Thymoquinone Untuk Penderita Jantung

Zat aktif thymoquinone untuk penderita jantung apakah betul dapat menormalkan semua parameter risiko penyakit kardiovaskuler (jantung)?  Dilansir dari berbagai sumber penelitian disebutkan bahwa zat aktif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.