Gejala Penyakit Leukemia, Inilah Ciri-ciri Utamanya

Penyakit leukemia atau kanker darah adalah penyaki yang disebabkan karena ganasnya sel darah yang sumbernya atau asalnya berasal dari sumsum tulang. Biasanya tanda dan gejala penyakit Leukemia ditandai dengan adanya proliferasi sel-sel darah putih yang dimanifestasi terdapat adanya sel-sel yang tidak normal yang berada di dalam darah tepi.

Etiologi dari penyakit Leukemia ini masih belum diketahui hingga saat ini, namun dari beberapa penelitian menunjukkan biasanya penyebab penyakit leukemia ini disebabkan karena faktor lingkungan, faktor radiasi, paparan dari elektromagnetik, dan juga adanya aktivasi dari suatu virus.  Penyakit leukemia dibagi menjadi dua jenis yakni leukemia akut dan leukemia kronis. Tanda dan gejala penyakit kanker darah leukemia akut biaasanya ditandai dengan terjadinya suatu perjalanan penyakit yang sangat cepat, dan mematikan serta bisa membuat keadaan menjadi leibih buruk.  Jika penyakit leukemia akut ini tidak untuk segera diobati, maka hal ini bisa menyebabkan masalah kematian dengan hitungan beberapa minggu saja atau juga bahkan hari.

Daftar Isi

Gejala Leukemia

Tanda-tanda kanker darah bervariasi, tergantung pada jenis kanker darah yang dialami seseorang. Beberapa ciri-ciri utama yang mungkin menandai keberadaan kanker darah antara lain yaitu:

  • Sering mengalami mimisan
  • Gampang berdarah atau memar
  • Merasa demam atau kedinginan
  • Muncul bintik-bintik merah kecil di kulit
  • Keringat berlebihan, terutama di malam hari
  • Terus-menerus merasa lelah atau merasa lemah
  • Rasa sakit atau nyeri pada tulang atau persendian
  • Sering mengalami infeksi berulang-kali atau mengalami infeksi berat
  • Penurunan berat badan yang tidak jelas sebabnya dan tidak selera makan

Kanker darah terdiri dari beberapa jenis, diantaranya adalah leukemia limfositik akut, leukemia limfositik kronis, leukemia mielositik akut, serta leukemia mielositik kronis. Masing-masing jenis memiliki metode pengobatan medis yang berbeda. Oleh sebab itu, jika Anda benar-benar mengidap, Anda perlu memastikan ke dokter untuk diketahui jenis leukemia mana yang diidap.  Keberadaan penyakit-penyakit lainnya bisa berkaitan dengan kehadiran kanker darah. Karena itu Anda perlu mewaspadai beberapa gejala-gejala kanker darah yang berhubungan dengan penyakit berikut ini:

ISK
  • Leukopenia: Kondisi dimana tubuh kekurangan jumlah sel darah putih. Sel darah putih bertugas memerangi infeksi. Kekurangannya akan menyebabkan pertahanan kekebalan tubuh melemah sehingga Anda lebih rentan mengalami infeksi.
  • Anemia: Kondisi dimana tubuh kekurangan jumlah sel darah merah. Sel darah merah bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh, karenanya jika tidak ada cukup sel darah merah maka akan menyebabkan tubuh lemah, letih, lesu, atau sesak napas.
  • Sindrom myelodysplastic (MDS): Kondisi dimana sumsum tulang tidak memproduksi cukup sel darah yang normal bagi tubuh. Beberapa kasus MDS dapat berkembang menjadi kanker darah, umumnya jenis leukemia mielositik akut.
  • Trombositopenia: Kondisi dimana tubuh kekurangan jumlah trombosit darah. Trombosit bertanggung jawab untuk membekukan darah. Kekurangannya akan menyebabkan tubuh gampang memar atau berdarah.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening: Dalam beberapa kasus, tanda-tanda kanker darah mungkin termasuk pembengkakan yang terlihat di leher, ketiak, atau pangkal paha. Hal ini terjadi ketika kanker darah sudah menyebar ke kelenjar getah bening.
  • Pembesaran hati atau limpa: Penumpukan dari sel-sel darah yang abnormal di hati atau limpa dapat menyebabkan rasa kenyang (kehilangan selera makan) atau bengkak di sisi kiri atas perut.  Ingatlah bahwa ciri-ciri kanker darah tidak selalu terlihat dengan jelas. Seorang penderitanya mungkin saja tidak menyadari keberadaan kanker darah di tubuhnya karena gejala-gejala kanker darah di tahap awal bisa mirip dengan gejala flu atau penyakit biasa lainnya.

PT. Autoimun Care Indonesia memberikan fasilitas konsultasi gratis untuk Anda yang memiliki keluhan penyakit, masalah mengenai Leukimia dan Obat kanker.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.