Search
Close this search box.

Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat dan Efektif

Jus buah dan aneka jenis sayuran mampu membantu menyuplai kebutuhan serat dan aneka nutrisi yang diperlukan tubuh. Tak hanya itu saja, asupannya secara rutin efektif mengontrol kolesterol.

Jika memiliki masalah dengan kolesterol yang tinggi, ada baiknya mulai rutin minum jus penurun kolesterol paling cepat. Cara alami ini bisa dijadikan pilihan utama karena dijamin menyenangkan, murah, dan mudah untuk dilakukan. Lalu, apa saja jus yang cocok untuk menurunkan dan mengontrol kolesterol?

Kenapa Harus Minum Jus untuk Atasi Kolesterol yang Tinggi?

Kolesterol pada dasarnya adalah salah satu jenis lemak yang secara alami diproduksi oleh tubuh. 

Produksi lemak unik ini bertujuan untuk mendukung sejumlah sistem di dalam tubuh. Salah satunya adalah membantu memproduksi sejumlah hormon, seperti hormon testosteron pada pria. Sehingga kandungan kolesterol di dalam darah adalah hal lumrah. 

ISK

baca juga 7 Pilihan Jus Penurun Darah Tinggi yang Dijamin Enak

Kadar LDL yang terlalu tinggi bisa menyebabkan masalah kesehatan. LDL yang menumpuk bisa menjadi plak di pembuluh darah sehingga mengganggu aliran darah dan menyebabkan tekanan darah meningkat (hipertensi). Oleh sebab itu, cek kolesterol secara rutin penting untuk mengantisipasinya. 

Selain itu bisa melakukan pencegahan dan penanganan dengan rajin minum jus penurun kolesterol paling cepat.

Apa kelebihan jus dibanding cara lain untuk menurunkan kolesterol? 

Jus buah dan sayuran memberi asupan serat yang tinggi, sebuah penelitian menunjukan asupan serat efektif menormalkan kadar kolesterol. Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk rajin minum jus buah dan sayur saat terjadi lonjakan kadar kolesterol. 

baca juga 3 Ciri Kolesterol Mulai Naik dan Cara Menjaga Kadarnya Tetap Normal

Meskipun buah dan sayuran bisa dimakan langsung, akan tetapi diproses menjadi jus memberi banyak keuntungan. Seperti: 

  • Cara alternatif makan buah maupun sayuran jika bosan dimakan langsung, sehingga asupan serat dan aneka vitamin maupun mineral tetap didapatkan. 
  • Jus membantu makan sehat secara cepat dan efisien, karena tidak perlu repot dikunyah dan bisa diminum meski di jalan menuju ke kantor tanpa takut keselek. 
  • Solusi mendapatkan asupan serat, vitamin, dan mineral lebih banyak sebab bisa membuat jus dengan mencampur banyak jenis buah dan sayuran dalam satu waktu. 
  • Alternatif memenuhi asupan cairan dengan asupan nutrisi lengkap sekaligus, sebab jus sendiri bisa dijadikan pengganti air minum yang cenderung tawar dan tidak berwarna. 
  • Menikmati buah dan sayuran dalam bentuk jus lebih mudah dicerna karena memang sudah halus dan tidak memberi beban berlebih pada saluran pencernaan. 

Rekomendasi Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat 

Dengan segala kelebihan jus penurun kolesterol paling cepat di atas, maka jangan ragu atau malah malas minum jus. Menariknya, ada banyak bahan-bahan yang sangat direkomendasikan untuk menstabilkan kadar kolesterol. Diantaranya adalah: 

1. Jus Apel 

Rekomendasi yang pertama adalah jus buah apel. Jenis apel memang sangat beragam, bisa memilih apel lokal seperti Apel Malang maupun apel impor seperti Apel Fuji. Sesuaikan saja dengans elera dan kondisi keuangan. 

Namun, semakin segar semakin baik untuk menurunkan kolesterol karena kesegaran buah apel menunjukan kandungan nutrisinya yang masih terjaga. Dalam sebuah penelitian menunjukan minum jus apel selama 6 minggu. 

Bisa membantu menurunkan kadar LDL sampai 22%. Tentunya dengan diimbangi pola makan sehat dan pola aktivitas beragam, misalnya dengan berolahraga. Jadi, silahkan rajin minum jus apel untuk mengantisipasi lonjakan kolesterol. 

2. Jus Wortel 

Rekomendasi jus penurun kolesterol paling cepat berikutnya adalah jus wortel. Wortel adalah salah satu jenis sayuran berbentuk umbi yang kaya akan nutrisi penting. Pertama, mengandung serat larut yang efektif mengikat LDL. 

LDL berlebih yang berhasil diikat kemudian akan dengan mudah dikeluarkan dari tubuh saat buang air besar. Kedua, mengandung beta karoten yang membuat umbinya berwarna jingga kuat. 

Kandungan ini ternyata masuk kategori antioksidan, yang bisa mencegah oksidasi LDL sehingga kadarnya di dalam darah lebih stabil. Ketiga, secangkir wortel mengandung 34% vitamin C yang diketahui efektif mengatur metabolisme kolesterol. 

3. Jus Jeruk 

Jika mencari jus penurun kolesterol paling cepat, maka jus jeruk akan masuk ke dalamnya. Jenis jeruk cukup beragam, hasil penelitian menunjukan jeruk bali dan lemon bisa dijadikan prioritas utama. 

Keduanya diketahui mengandung serat larut, antioksidan, dan juga pektin. Ketiga kandungan alami ini diketahui baik untuk kesehatan jantung. Sekaligus membantu menurunkan kadar LDL berlebih, sehingga baik diminum secara rutin. 

4. Jus Kale 

Siapa yang tidak tahu kale? Sayuran dengan aneka warna mulai dari hijau pekat sampai keunguan ini termasuk ke dalam super food. Hal ini bersumber dar kandungan antioksidan tinggi di dalam daunnya. 

Meskipun dari segi rasa kurang nyaman di lidah, akan tetapi manfaatnya bagi kesehatan bisa diandalkan. Salah satunya untuk menurunkan dan menstabilkan kadar kolesterol. 

Sebuah penelitian menunjukan, konsumsi sayur atau jus kale sebanyak 2 ons per hari selama 12 minggu. Efektif menstabilkan kadar kolesterol tinggi, sehingga bisa dijadikan rutinitas baik agar kesehatan semakin prima. 

5. Jus Brokoli 

Brokoli juga termasuk jenis sayuran kaya nutrisi yang cocok dibuat jus untuk membantu menurunkan dan menstabilkan kadar kolesterol. Kandungan serat larut di dalamnya efektif mengikat LDL berlebih dan mengeluarkannya dari tubuh. 

Meskipun terdengar seperti ide buruk membuat brokoli menjadi jus. Namun bisa dicampur dengan buah-buahan untuk memberi rasa manis. Selain itu, seluruh bagian brokoli baik dikonsumsi mulai dari batang sampai ke ujung bunganya. Sebab pada dasarnya brokoli adalah bunga yang kemudian dikonsumsi. 

6. Jus Anggur 

Rekomendasi jus penurun kolesterol paling cepat yang terakhir adalah jus buah anggur. Suka buah anggur? Jika iya maka bisa dicoba untuk dikonsumsi rutin, salah satunya dengan dibuat jus. 

Buah anggur kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung dan menstabilkan kadar kolesterol. Jus anggur yang manis dan menyegarkan menjadi solusi paling enak dan menyenangkan untuk menurunkan kolesterol. 

Selain dibuat jus dengan satu bahan tunggal, bisa juga mengkombinasikan beberapa bahan. Misalnya jus kale yang tentu dari segi rasa kurang nyaman di lidah. Maka saat dibuat jus bisa ditambahkan potongan buah dengan rasa manis, misalnya buah apel. 

Tidak ada salahnya mengkombinasikan beberapa bahan untuk mendapatkan kualitas rasa lebih baik. Sekaligus mendapatkan nutrisi lebih kompleks untuk memaksimalkan kinerja jus penurun kolesterol paling cepat tersebut. 

Tidak kalah penting adalah mengganti-ganti bahan jus, jangan itu-itu saja agar tidak bosan dan asupan nutrisi semakin beragam. Lakukan secara rutin, maka kadar kolesterol perlahan akan normal dan cenderung stabil. 

Redaksi Autoimuncare

Tim Redaksi memastikan artikel sesuai standar Kebijakan Redaksional Autoimuncare. Seluruh artikel di Autoimuncare melewati proses penyuntingan bertahap dari ahli medis dan ahli bahasa agar dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan mudah dimengerti pembaca.

Diskusi Terkait