7 Tips Mengurangi Rambut Rontok

rambut rontok
download ebook kesehatan gratis

7 Tips Mengurangi Rambut Rontok – Mengalami rambut rontok atau kerontokan rambut tentu menjadi mimpi buruk bagi siapa saja. Beberapa orang baru menyadari masalah ini setelah menyisir rambut dan menemukan banyak rambut yang bertebaran di lantai, bahu, maupun yang tersangkut di sisir. 

Rambut yang rontok memang normal, berdasarkan penelitian per hari setidaknya ada 50 helai rambut yang rontok dari kulit kepala. Hanya saja, jika kerontokan yang dialami sangat parah dan teracam mengalami kebotakan (alopecia). Maka perlu waspada dan tentunya perlu segera menanganinya. 

Apa Saja yang Menyebabkan Rambut Rontok? 

Kerontokan yang parah tentu termasuk kondisi abnormal yang sebaiknya tidak didiamkan begitu saja. Masalah ini berkaitan dengan kesehatan rambut, kesehatan kulit kepala, dan kesehatan organ vital di dalam tubuh. Secara umum, kerontokan parah pada rambut bisa disebabkan oleh faktor-faktor berikut ini: 

  • Mengikat Rambut Terlalu Kencang 

Sering mengikat rambut? Bagi wanita, rambut panjang yang tidak diikat akan mengurangi rasa nyaman. Sehingga rata-rata mengikat rambut dengan jepitan rambut maupun ikat rambut khusus. Hal ini sah saja dilakukan, namun jangan terlalu kencang karena bisa menyebabkan kerontokan yang parah. 

  • Menjalani Diet Tidak Seimbang 
Apa Pantangan Asam Lambung

Tubuh yang kurang nutrisi akan mendorong terjadinya kerontokan rambut parah, dan beberapa mengalami kebotakan. Umum dialami oleh mereka yang menjalani diet ekstrim dan cenderung tidak sehat. Oleh sebab itu, diet yang dijalani sebaiknya yang sehat agar tubuh tetap mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. 

  • Mengalami Stres yang Berkepanjangan

Stres bisa menurunkan kualitas kesehatan tubuh, sebab secara umum bisa mempengaruhi kadar hormon di dalam tubuh. Hal ini juga bisa menjadi penyebab rambut rontok. Stres berlebihan dan berkepanjangan kemudian bisa memperparah kerontokan rambut yang dialami. 

  • Aktivitas Luar Ruangan 

Sering beraktivitas di luar ruangan? Paparan sinar matahari yang mengandung sinar UV dan paparan polutan, seperti udara yang kotor dan tercemar. Bisa merusak kesehatan rambut dan kulit kepala yang kemudian memicu kerontokan yang berlebihan. Jadi, selalu gunakan pelindung rambut saat beraktivitas di luar ruangan. 

  • Terbiasa Mencuci Rambut dengan Air Panas 

Mandi air hangat dan keramas dengan air hangat disaat cuaca dingin memang menyenangkan. Namun, terlalu sering bisa merusak kelembaban alami rambut dan kemudian menjadikannya rapuh. Inilah yang kemudian menyebabkan masalah kerontokan tidak bisa dihindari. 

  • Efek Penyakit Tertentu 
carpal tunnel syndrome
Sumber; freepik

Rambut rontok juga bisa disebabkan oleh kondisi medis, penyakit tertentu bisa memberi gejala rambut mengalami kerontokan. Beberapa bahkan bisa menyebabkan pasien mengalami kebotakan. Misalnya saja pada pasien diabetes, autoimun seperti RA (Rheumatoid Arthritis), infeksi virus, dan lain sebagainya. 

7 Tips Mengurangi Rambut Rontok

Setelah mengetahui berbagai hal yang menyebabkan rambut rontok, maka perlu mengatasinya dengan benar. Selain itu perlu ditunjang dengan perawatan rambut yang benar. Berikut kiat-kiat merawat rambut yang mengalami kerontokan parah: 

1. Rutin Memijat Kulit Kepala 

Saat rambut mengalami kerontokan yang cukup parah, maka ada baiknya rutin melakukan pemijatan ke kulit kepala. Bisa dilakukan setiap kali habis keramas, melakukan masker rambut, mengaplikasikan minyak rambut, dan lain sebagainya. Pijatan lembut di kulit kepala bisa memberi sensasi menenangkan dan efektif melancarkan peredaran darah di kulit kepala. 

2. Memperlakukan Rambut dengan Lembut 

Rambut yang basah cenderung lebih rapuh, maka perlu diperlakukan dengan sangat lembut. Mulailah dengan keramas dengan memijat kulit kepala secara perlahan, keringkan dengan handuk memakai tekanan lembut, dan gunakan sisir dengan gigi jarang. 

Biasakan pula untuk mengikat rambut tanpa terlalu kencang dan ketika rambut sudah benar-benar kering. Mengikat rambut yang kondisinya basah bisa memperparah kerontokan rambut. Jadi, mulailah memperlakukan rambut rontok dengan baik agar bisa kembali normal secara perlahan dan alami. 

Baca Juga: Penyebab Uban Rambut

3. Tidak Mengikat Rambut Terlalu Sering 

Kerontokan pada rambut bisa diminimalkan dengan mengurangi kebiasaan mengikat rambut. Biasanya rambut yang rontok bisa terjadi karena kebiasaan mengikat rambut terlalu kencang dan terlalu sering. Jika penyebab ini menjadi latar belakang masalah kerontokan yang dialami, maka sudah sewajarnya untuk dikurangi atau bahkan dihindari. 

4. Penuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh 

Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Efeknya tidak hanya memastikan seluruh organ vital berfungsi dengan baik, akan tetapi juga membantu meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Rambut menjadi sehat adalah salah satunya. 

Jadi, saat mengalami kerontokan rambut yang parah maka sebaiknya memperbaiki pola makan. Jika tadinya asal-asalan maka perlu berkomitmen untuk menjadikan pola makan lebih sehat dan bergizi seimbang. Penerapannya akan membantu mengembalikan kekuatan dan kesehatan rambut dari dalam tubuh. 

5. Manajemen Stres dengan Baik 

Stres dari penjelasan sebelumnya merupakan satu diantara sekian penyebab rambut rontok. Stres tentu sulit dihindari dan dicegah, maka kuncinya adalah mengelola atau memanajemen stres tersebut. Supaya dampaknya tidak terlalu terasa atau tidak terlalu parah dan merugikan diri sendiri. 

Manajemen stres bisa dimulai dengan mengurus semua hal dengan disiplin, kemudian menjaga pola makan. Disusul dengan penerapan gaya hidup sehat lainnya, seperti rajin berolahraga minimal 30 menit sehari, rajin meditasi atau mungkin yoga, dan juga istirahat yang cukup. 

6. Memilih Produk Perawatan Rambut yang Sesuai 

Rambut yang sehat adalah rambut yang dirawat dengan baik, dan minimal dengan rajin keramas. Itupun perlu menggunakan shampo yang memang tepat. Jika mengalami kerontokan maka perlu mencari shampo yang punya formula khusus untuk mengatasi kerontokan. 

Merek shampo sangat banyak, dan belum tentu semua merek ini cocok. Maka perlu memilih salah satu atau beberapa yang memang efektif mengatasi kerontokan parah tadi. Selain itu, merawat rambut tidak hanya menggunakan shampo namun juga produk lainnya seperti masker rambut. 

Jadi, silahkan pilih produk yang sesuai karakter rambut dan kulit kepala. Gunakan secara rutin dan disesuaikan dengan aturan pakai dari produk tersebut. Apabila memiliki kondisi medis tertentu, maka penggunaan produk perawatan rambut tentunya perlu dikonsultasikan dulu dengan dokter.  

7. Disiplin Menjalani Pengobatan 

Jika rambut rontok yang dialami disebabkan oleh suatu kondisi medis atau penyakit. Maka penting untuk disiplin menjalani pengobatan, perlu mematuhi dokter dan rutin kontrol sekaligus minum obat. Pengobatan yang dijalani akan membantu mengatasi gejala dari penyakit, termasuk masalah kerontokan rambut tadi. 

Jadi, jika memang kerontokan rambut disebabkan oleh suatu penyakit maka penyakit ini perlu diatasi terlebih dahulu. Bagaimana jika berhubungan dengan penyakit menahun? Penyakit degeneratif seperti diabetes tipe 1 yang umum memunculkan keluhan rambut mengalami kerontokan parah tetap perlu pengobatan rutin. 

Selama disiplin berobat maka keluhan yang menyertai penyakit ini bisa diminimalkan. Oleh sebab itu, silahkan disiplin berbat dan mematuhi semua anjuran maupun larangan yang disampaikan dokter. Penyakit menahun membutuhkan pengobatan rutin bahkan seumur hidup. Selama ditangani dengan benar maka keluhan-keluhan bisa dihindari. 

Masih menghadapi kesulitan untuk mengatasi rambut rontok? Maka bisa dikonsultasikan ke kontak 0822-4199-9699 untuk bisa berkonsultasi langsung dengan Konsultan Kesehatan PT Autoimun Care Indonesia. 

Editor: Hidayat

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Pengertian Jantung Koroner

Zat Aktif Thymoquinone Untuk Penderita Jantung

Zat aktif thymoquinone untuk penderita jantung apakah betul dapat menormalkan semua parameter risiko penyakit kardiovaskuler (jantung)?  Dilansir dari berbagai sumber penelitian disebutkan bahwa zat aktif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.