Faktor Penyebab Munculnya Uban Rambut di Usia Muda

uban rambut
download ebook kesehatan gratis

Faktor Penyebab Munculnya Uban Rambut – Munculnya uban rambut atau rambut yang beruban sering dikaitkan dengan proses memasuki usia lanjut. Memang secara umum, uban atau rambut yang mulai berwarna putih muncul saat seseorang sudah memasuki usia lanjut. Misalnya di atas 50 tahun, namun bisa juga di bawahnya. 

Uban adalah hal normal, bagi beberapa orang uban perlu dihilangkan dengan mewarnai rambut karena ingin terlihat awet muda. Namun, ada juga yang memutuskan untuk membiarkannya begitu saja karena bisa mendapati pengalaman warna rambut berubah secara alami. 

Menariknya, uban tidak hanya berkaitan dengan proses penuaan karena memang faktor yang menyebabkan kemunculan uban sangat banyak. Bahkan ada lebih banyak orang memiliki uban meskipun masih di usia yang terbilang muda. 

Faktor Penyebab Munculnya Uban Rambut Secara Umum

Uban rambut muncul di kepala, rambut yang tadinya berwarna hitam atau mungkin coklat dan sebagainya kemudian memutih. Pada orang berambut pirang yang warna aslinya kekuningan nantinya saat uban mulai muncul juga berubah menjadi putih atau keabu-abuan. Perubahan warna ini terjadi karena sel pigmen di dalam tubuh mulai berkurang. 

Sel pigmen inilah yang nantinya akan mempengaruhi warna kulit dan warna rambut. Warna hitam dihasilkan oleh pigmen bernama melanin. Jumlah melanin di dalam tubuh manusia akan mudah sekali berubah. Perubahan inilah yang kemudian membuat warna rambut yang tadinya gelap menjadi lebih terang. 

Lalu, apa saja yang menyebabkan jumlah melanin berkurang atau berubah di dalam tubuh sehingga memunculkan uban? Perubahan kadar melanin di dalam tubuh disebabkan oleh pertambahan usia. Seiring bertambahnya usia seseorang maka produksi melanin akan berkurang sehingga membuat warna rambut di kepala dan bagian tubuh lainnya menjadi terang. 

Inilah alasan kenapa uban rambut di kepala, dagu, tangan, dan bagian tubuh lainnya mulai memutih saat memasuki usia senja. Sebab memang secara alami produksi melanin akan terus berkurang dan hal ini adalah hal normal. Kecuali jika memang munculnya uban karena faktor lain, misalnya karena kondisi medis (penyakit) tertentu yang dialami oleh tubuh. Maka perlu penanganan yang serius dan juga tepat. 

Faktor Penyebab Munculnya Uban Rambut di Usia Muda

Perubahan warna rambut menjadi putih atau keabu-abuan tidak hanya bisa dialami oleh mereka yang memasuki usia lanjut. Sebab munculnya uban rambut juga bisa dialami oleh mereka yang terbilang masih muda. Jika hal ini terjadi, maka ada beberapa hal yang kemungkinan menjadi penyebabnya. Seperti: 

1. Kekurangan Suatu Vitamin 

Uban rambut yang muncul saat masih muda bisa disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin jenis tertentu. Sehingga bisa mempengaruhi produksi melanin yang jumlahnya terus berkurang seiring berjalannya waktu. Jenis vitamin ini antara lain Vitamin B6, Vitamin B12, Vitamin D, dan juga Vitamin E. 

Oleh sebab itu, asupan vitamin dan mineral maupun nutrisi lain yang diperlukan tubuh perlu diatur agar cukup. Tujuannya tentu saja tidak hanya untuk mencegah masalah uban bermunculan ketika masih muda. Akan tetapi juga menurunkan resiko terkena penyakit tertentu yang lebih serius, sebab kekurangan nutrisi membuat tubuh mudah sekali terserang penyakit. 

2. Faktor Genetik 

Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan di dalam Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology pada tahun 2013. Menjelaskan bahwa uban yang mulai muncul di usia muda bisa disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Sehingga bisa diwariskan dari orangtua atau keturunan di atasnya. 

Jika ada anggota keluarga yang juga memiliki uban di usia muda, maka besar kemungkinan juga akan dialami oleh anak-anaknya. Tentunya jika memang faktor penyebabnya adalah murni karena keturunan. Sebab uban yang muncul di usia muda juga bisa disebabkan oleh faktor lain yang akan dijelaskan di bawah. 

3. Mengalami Stres 

Uban rambut yang muncul terlalu dini juga bisa disebabkan oleh kondisi stres, terutama stres yang berkepanjangan. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian yang dilakukan di New York, Amerika Serikat. Hasil penelitiannya kemudian dipublikasikan di dalam jurnal Nature Medicine

DIjelaskan bahwa saat tubuh mengalami stres maka produksi hormon tertentu yang mempengaruhi warna rambut akan berkurang atau terhambat. Jumlah hormon yang kurang dari seharusnya kemudian membuat warna rambut lebih cerah atau memutih. Sehingga stres perlu dikelola dengan baik agar tidak memicu uban bermunculan. 

4. Kondisi Medis yang Dialami 

Kondisi medis atau penyakit tertentu yang dialami tubuh juga bisa memicu munculnya uban. Uban dapat terjadi karena berbagai jenis penyakit, paling sering terjadi adalah karena penyakit gangguan pada kelenjar tiroid. Kelenjar ini berperan penting dalam memproduksi hormon dan menjaga keseimbangannya di dalam tubuh. 

Gangguan pada kelenjar tiroid akan mempengaruhi produksi hormon dan metabolisme tubuh menjadi ikut terganggu. Efeknya bisa mengurangi produksi melanin dan kemudian muncul uban. 

Gangguan medis lainnya adalah kondisi autoimun, misalnya pada kondisi vetilogi. Dimana produksi melanin berhenti total. Kulti kemudian berwarna lebih terang dan demikian juga dengan rambut di seluruh bagian tubuh. 

5. Efek Samping Produk Perawatan Rambut 

Penggunaan produk perawatan rambut yang tidak sesuai atau kurang cocok juga bisa menyebabkan uban rambut mulai muncul di usia dini. Produk perawatan dan penataan rambut kebanyakan mengandung bahan kimia. Beberapa orang sensitif terhadap kandungan bahan kimia ini, sehingga merasa efek samping. 

Efek samping ini beragam bisa dalam bentuk kerontokan rambut yang parah, kulit kepala terasa gatal, sampai pada munculnya uban. Oleh sebab itu, perlu teliti dalam memilih produk perawatan rambut mulai dari shampo, masker rambut, sampai produk pewarna rambut. 

Jika melakukan perawatan dan penataan rambut di salon atau memakai jasa profesional. Maka perlu teliti memilih salon dan jasa tersebut, pastikan mereka selalu menggunakan produk yang aman, resmi, dan tentunya kandungan bahannya tidak berbahaya bagi karakter rambut dan kulit kepala. 

6. Kebiasaan Merokok 

Kebiasaan merokok termasuk ke dalam jenis kebiasaan buruk, yang bisa membahayakan kesehatan. Racun di dalam rokok meningkatkan resiko seseorang mengalami gangguan jantung, hipertensi, kanker, stroke, dan lain sebagainya. Selain itu, racun di dalam rokok juga bisa memunculkan uban di usia dini. 

Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dipublikasikan di dalam Italian Dermatology Online Journal pada tahun 2013,. Melalui penelitian tersebut diketahui bahwa kebiasaan merokok bisa meningkatkan resiko seseorang memiliki uban di usia 30 tahunan. Jadi, jika tidak ingin punya uban di usia muda maka perlu berhenti merokok. 

Menghentikan kebiasaan merokok memang tidak mudah, apalagi jika sudah kecanduan. Namun, jika sudah mulai merasakan efek samping maka dijamin akan menghentikan kebiasaan ini dengan sendirinya. Baik yang dialami oleh diri sendiri maupun orang terdekat. Meskipun begitu bisa mencoba mengikuti terapi jika memang diperlukan untuk antisipasi sejak dini. 

Uban rambut yang muncul saat memasuki usia sepuh memang hal lumrah, namun jika terjadi di usia muda maka bisa mengganggu penampilan. Oleh sebab itu, kenali penyebabnya dengan memeriksakan diri ke dokter. Selain itu bisa berkonsultasi dengan Konsultan Kesehatan PT Autoimun Care Indonesia, yakni melalui kontak 0822-4199-9699.

Editor: Hidayat

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Pengertian Jantung Koroner

Zat Aktif Thymoquinone Untuk Penderita Jantung

Zat aktif thymoquinone untuk penderita jantung apakah betul dapat menormalkan semua parameter risiko penyakit kardiovaskuler (jantung)?  Dilansir dari berbagai sumber penelitian disebutkan bahwa zat aktif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.