Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Imunitas Anda, Bahkan saat Sedang Tidur 

download ebook kesehatan gratis

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Bahkan saat Sedang Tidur  – Adanya pandemi Covid-19 semakin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat. Berbagai informasi mengenai tata cara meningkatkan kekebalan tubuh atau daya tahan tubuh kemudian diakses jutaan orang per harinya. Sebab salah satu upaya untuk menekan resiko terinfeksi virus corona adalah dengan meningkatkan kekebalan tubuh. 

Dilansir dari berbagai sumber, ada banyak cara bisa diterapkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa bahkan bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh meskipun tubuh dalam kondisi tidur. Lalu, apa saja cara-cara tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Bahkan saat Sedang Tidur 

Sistem kekebalan tubuh yang kemudian sering disebut juga dengan istilah daya tahan tubuh adalah sistem perlindungan yang dimiliki tubuh secara alami. Lewat sistem kekebalan tubuh yang terjaga maka seseorang bisa menurunkan resiko jatuh sakit. Baik oleh virus, seperti virus corona maupun kuman dan bakteri penyebab aneka jenis penyakit. 

Beberapa orang memang tidak mengalami kesulitan untuk menjaga kekebalan tubuhnya tetap tinggi. Namun, beberapa lagi yang lainnya membutuhkan usaha ekstra untuk bisa meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh dalam kondisi normal. Intinya, siapa saja bisa mendapatkan kekebalan tubuh yang kuat. 

Berikut adalah beberapa cara yang bisa diterapkan dan jika sudah menjadi rutinitas maka kekebalan tubuh akan tetap kuat bahkan saat sedang tidur: 

1. Olahraga Secara Teratur 

Olahraga disebutkan sebagai salah satu bagian dari gaya hidup sehat, tanpa olahraga seseorang memang bisa terlihat sehat. Namun pada dasarnya tidak sepenuhnya sehat, karena secara alami tubuh perlu aktif bergerak. Tentunya dalam kadar yang cukup, karena berolahraga berlebihan efeknya juga merugikan. 

Kegiatan olahraga yang teratur dan diatur dengan baik terbukti membantu menurunkan resiko mengalami infeksi. Hal ini menunjukan bahwa olahraga berhubungan langsung dengan kuat lemahnya sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, usahakan disiplin berolahraga paling tidak 20-30 menit sehari. 

2. Rutin Melakukan Meditasi 

Olahraga membantu menjaga kesehatan fisik yang bisa memperkuat kekebalan tubuh. Sedangkan meditasi bisa menjadi ikhtiar atau usaha untuk menjaga dan mendapatkan kesehatan mental. Antara kesehatan fisik dan mental tidak bisa dipilih, keduanya tentu perlu dalam kondisi prima agar sistem kekebalan tubuh baik-baik saja. 

Jadi, selain rutin menyediakan waktu khusus untuk berolahraga silahkan menyediakan waktu juga untuk melakukan meditasi. Meditasi baik untuk menenangkan diri dan juga pikiran. Hal ini akan membantu menghilangkan stres dan mencegah stres itu sendiri. Sehingga tubuh tetap sehat dan bisa menurunkan resiko jatuh sakit. 

3. Tidur yang Cukup 

Sekedar aktif berolahraga dan rutin melakukan meditasi tentu belum bisa dikatakan cukup untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dalam kondisi baik. Perlu melibatkan aktivitas tidur atau istirahat yang cukup terutama di malam hari. Idealnya adalah tidur berkualitas antara 7-8 jam sehari. 

Jika di malam hari tidak bisa tidur minimal 7 jam, maka bisa diganti tidur siang. Tujuannya agar tubuh mendapatkan jatah untuk istirahat. Sehingga fokus pada perbaikan kerusakan sel dan menjalankan fungsi-fungsi organ. Hal ini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terkena infeksi. 

4. Minum Air Putih yang Cukup 

Dehidrasi bisa menyebabkan gangguan kesehatan, baik yang ringan seperti kulit menjadi kering dan berat seperti gangguan fungsi ginjal. Oleh sebab itu, mencegah tubuh fokus mengatasi kerusakan akibat dehidrasi yang dialami. Maka perlu disiplin minum air yang cukup. 

Utamakan air putih karena lebih sehat dan tentunya bebas kalori karena kandungan kalori pada air putih adalah 0. Air putih wajib diminum setiap hari, kebutuhan satu orang dengan orang lain berbeda karena dipengaruhi oleh gender, usia, berat badan, dan lain-lain. Namun, rata-rata orang dewasa butuh setidaknya 2 liter per hari. 

5. Menerapkan Pola Makan yang Sehat 

Pola makan sehat juga efektif sekali dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat. Pola makan sehat ini adalah mengkonsumsi makanan yang bervariasi agar asupan nutrisinya juga bervariasi. Pasalnya tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang bervariasi juga agar semua proses berjalan baik. 

Pola makan sehat melibatkan makanan alami dengan proses pengolahan yang minim. Misalnya dari sayuran mentah dimatangkan dengan cara dikukus, ditumis, dipanggang, dan lain-lain. Selain itu harus mengatur nutrisi dalam satu piring. Tidak boleh hanya berisi makanan mengandung karbohidrat saja. 

Perlu mengandung serat dari sayuran dan buah, kemudian protein baik dari telur, tempe, dan lain-lain. Tidak kalah penting adalah makan secara teratur, karena jika makan sering telat dan terlewat begitu saja tubuh bisa kurang nutrisi. Imbasnya ada pada sistem kekebalan tubuh yang melemah. 

6. Menghindari Stres 

Stres bisa dikatakan sebagai warna dalam hidup, normalnya memang ada. Sebab pemicu stres adalah masalah yang dialami dalam keseharian, baik ringan maupun berat. Hidup bebas masalah tentu tidak mungkin. Namun menyerah pada masalah tentu menjadi sumber masalah baru, salah satunya masalah kesehatan serius. 

Jadi, stres ini harus dikelola atau istilahnya dimanajemen dengan baik agar dampak negatifnya bisa diredam. Bisa dengan meditasi, konsultasi dengan ahlinya, curhat agar pikiran dan perasaan lega, sekaligus membangun pola pikir positif. Sebab tidak ada masalah yang tidak akan selesai selama punya niat menyelesaikannya. 

7. Menghindari Rokok dan Alkohol 

Paparan asap rokok dan juga kebiasaan minum minuman dengan kadar alkohol tinggi bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Seseorang dengan kebiasaan merokok memiliki resiko tinggi mudah terkena infeksi. Khususnya infeksi di saluran pernafasan. Inilah alasan kenapa perokok rentan bermasalah dengan paru-parunya. 

Kondisi sistem kekebalan tubuh akan semakin lemah jika perokok kemudian memiliki kebiasaan minum minuman beralkohol. Sehingga keduanya perlu dihindari jika ingin tubuh dalam kondisi sehat dan bugar. Mulailah menjauhi kebiasaan merokok dan asap rokok (perokok pasif) sekaligus menghentikan kebiasaan minum alkohol. 

8. Minum Suplemen Bila Diperlukan 

Bagi siapa saja yang kesulitan untuk menjaga pola makan tetap sehat dan kaya nutrisi. Misalnya jika terlalu sibuk bekerja sehingga lebih sering makan makanan siap saji. Maka bisa memilih untuk rutin minum suplemen sebab kandungannya bisa melengkapi kekurangan nutrisi dari pola makan yang berantakan. 

Suplemen perlu dipilih dengan seksama, pertama pastikan aman dan sudah punya ijin BPOM. Kedua, cek manfaat dari kandungan nutrisi di dalamnya agar sesuai kebutuhan tubuh. Paling aman dan ideal adalah memilih dengan dampingan dokter sebab dokter bisa memberi rekomendasi terbaik sesuai kondisi tubuh pasca medical check up.  

Cara-cara yang dijelaskan di atas tentunya perlu diterapkan secara rutin untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Tidak cukup hanya tidur secara teratur, karena tubuh dengan sistem kekebalan yang kuat juga butuh asupan nutrisi, aktif bergerak, bebas stres, dan gaya hidup sehat lainnya. 

Jadi, usahakan untuk menerapkan semua tips di atas karena manfaatnya baru terasa jika sudah menjadi rutinitas atau kebiasaan. Jika butuh informasi lebih mengenai cara-cara menjaga sistem kekebalan tubuh tetap baik. Silahkan berkonsultasi ke PT Autoimun Care Indonesia melalui kontak 0822-4199-9699.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Pengertian Jantung Koroner

Zat Aktif Thymoquinone Untuk Penderita Jantung

Zat aktif thymoquinone untuk penderita jantung apakah betul dapat menormalkan semua parameter risiko penyakit kardiovaskuler (jantung)?  Dilansir dari berbagai sumber penelitian disebutkan bahwa zat aktif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.