Manfaat Alkaloid untuk Penderita HIV, Begini Cara Kerjanya!

alkaloid dalam sambiloto
demam, tenggorokan sakit, dan pusing kepala?

manfaat alkaloid untuk penderita HIV yaitu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga mampu menangkal serangan virus, bakteri atau mikroba lainnya

Alkaloid adalah senyawa organik yang mengandung nitrogen. Senyawa ini memiliki efek fisiologis yang beragam pada manusia. Alkaloid sendiri ada beberapa jenis, yakni morfin, strychnine, quinine, efedrin, dan nikotin.

Anda bisa menemukan senyawa organik ini pada banyak jenis tumbuhan, misalnya tumbuhan dari suku papaveraceae (candu-canduan).

Selain itu, berbagai jenis alkaloid, seperti protropin, berberin, psikotrin dan turunan alkaloid securinega diketahui memiliki sifat anti-HIV

Karena itu, alkaloid mungkin sangat bermanfaat bagi penderita HIV untuk membantu pengobatannya.

Baca juga Manfaat Flavonoid Untuk Penderita HIV

Cara Kerja Alkaloid untuk Penderita HIV

Pada penelitian yang dilakukan Wurlina dkk., pada tahun 2017 menyatakan bahwa kandungan alkaloid pada sambiloto dapat menyebabkan penuruanan CD4+ dan IFNy ke tingkat normal setelah terinfeksi salmonella typimurium. 

kandungan alkaloid sambiloto dapat menggantikan peran IFNγ dalam mempertahankan respon kekebalan tubuh dan meningkatkan respon imun nonspesifik dalam bentuk peningkatan responsivitas leukosit atau respon imun spesifik untuk mengaktifkan makrofage untuk melakukan fungsinya dalam melakukan fagositosis agen penginfeksius yang memasuki tubuh.

Baca juga Manfaat Saponin Untuk Penderita HIV

Kenapa Penderita HIV Butuh Alkaloid?

Senyawa alkaloid ini membantu mempertahankan respon kekebalan tubuh dan meningkatkan respon imun nonspesifik dalam bentuk peningkatan responsivitas leukosit atau respon imun spesifik.

Hal ini bertujuan mengaktifkan makrofage untuk melakukan fungsinya dalam melakukan fagositosis agen penginfeksius yang memasuki tubuh. Pada akhirnya, alkaloid ini berpotensi untuk dikembangkan menjadi terapi alternatif dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Karena, sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat diperlukan penderita HIV agar mampu mengendalikan atau mengontrol virus penyebab HIV itu di dalam tubuhnya.

Itulah penjelasan secara rinci manfaat alkaloid untuk penderita HIV. Alkaloid tidak hanya berada pada tumbuhan, namun bisa menjadi bahan obat-obatan herbal HIV.

Segera tingakatkan imun anda agar bisa beraktifitas seperti biasanya!

Baca juga pertanyaan seputar HIV

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.