Obat Alami Infeksi Saluran Kemih Yang Bisa Membantu Mengobati

Saat sedang mengalami Infeksi Saluran Kemih pasti ada yang bingung dalam penanganan pertama bagaimana. Tenang saja Anda mempunyai banyak penolongan pertama jika mengalami ISK. Bisa dari obat alami atau obat apotek atau bahkan obat herbal isk.

Obat Alami

Umumnya, penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri harus diobati dengan antibiotik. Namun, ada berbagai bahan alami yang bisa digunakan sebagai pendamping obat penyakit infeksi saluran kencing. Apa saja?

Sekilas Tentang Infeksi Saluran Kemih 

Infeksi Saluran Kemih yang juga dikenal dengan istilah Urinary Tract Infection merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh bakteri yang berkembang di dalam saluran kencing. Infeksi saluran kencing bisa terjadi pada laki-laki maupun perempuan, tetapi perempuan lebih rentan terkena infeksi ini.

Memahami betul bahwa ISK ini disebabkan oleh infeksi bakteri, maka dokter umumnya memberikan obat antibiotik sebagai penanganan. Jika gejala ISK mulai dialami ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan. Sebab semakin dini diatasi maka semakin baik, sekaligus meminimalkan rasa tidak nyaman saat berkemih. 

ISK

ISK muncul dengan sejumlah gejala khas dan berhubungan dengan kegiatan berkemih atau buang air kecil. Seperti:

  • Muncul rasa ingin selalu kencing, 
  • Panas seperti terbakar saat kencing, 
  • Urin yang keluar sedikit atau terasa tidak tuntas, 
  • Kadang warna urin merah atau merah muda menandakan perdarahan di saluran kemih, 
  • Bau urin tidak biasa, dan 
  • Sakit di panggul pada wanita, terutama di tengah panggul atau di sekitar tulang pubis.

ISK dari penjelasan diatas diketahui disebabkan karena adanya bakteri yang berdiam dan berkembang di kandung kemih. Meskipun bentuk fisiologi saluran kemih sudah mampu menghalangi masuknya bakteri di dalamnya. Namun karena satu dan lain hal bakteri masih bisa masuk dan kemudian berkembang lalu memunculkan kondisi ISK tadi. 

Infeksi Saluran Kemih lebih sering dialami wanita, terutama pada wanita hamil. Sebab anatomi organ saluran kemih pada wanita berbeda dengan pria. Wanita memiliki uretra lebih pendek dibandingkan pria, sehingga jalur bakteri memasuki kandung kemih lebih pendek. Pada saat hamil tekanan di kandung kemih meningkat, dan meningkatkan pula resiko terjadi ISK. 

Obat Alami Infeksi Saluran Kemih

Meskipun oleh dokter akan meresepkan antibiotik untuk meredakan ISK, pada dasarnya dalam kondisi belum parah bisa ditangani secara mandiri dan alami. Berikut adalah beberapa obat alami yang bisa digunakan dilansir dari berbagai sumber: 

1. Memperbanyak Minum Air Putih 

Obat alami pertama untuk kondisi ISK adalah air putih, jadi saat gejala dialami sebaiknya memperbanyak minum air putih. Minum sekitar delapan gelas sehari bisa membantu mengeluarkan bakteri yang sudah masuk di kandung kemih bersama dengan urin saat berkemih. 

Oleh sebab itu, cobalah untuk memperbanyak minum air putih dan ketika gejala sudah reda sebaiknya tetap dibiasakan. Sebab mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan air putih akan membantu tubuh tetap terhidrasi dan meminimalkan resiko mengalami berbagai gangguan kesehatan. 

Jika memiliki riwayat penyakit ginjal atau gangguan lain pada ginjal, maka sebelum meningkatkan asupan air putih perlu dikonsultasikan dulu ke dokter. Sebab pasien ginjal secara umum perlu disiplin dan ketat dalam mengatur asupan cairan. Selebihnya, perlu menghindari asupan cairan selain air putih seperti soda, kopi, dan teh. 

2. Mengkonsumsi Buah Tinggi Vitamin C

Obat alami kedua adalah buah-buahan dengan kandungan Vitamin C yang tinggi. Secara umum mayoritas buah mengandung Vitamin C, hanya saja beberapa jenis buah memiliki kandungan cukup tinggi. Misalnya pada buah jeruk dan jambu biji, mengkonsumsinya akan membantu mendapatkan asupan Vitamin C yang cukup. 

Meningkatkan asupan vitamin C saat Infeksi Saluran Kemih menyerang bisa membantu meredakan keluhan. Hal ini dapat terjadi karena Vitamin C bisa menurunkan pH urin sehingga menciptakan kondisi yang tidak mendukung bakteri untuk hidup apalagi berkembang di kandung kemih. 

3. Mengkonsumsi Asparagus 

Sayuran asparagus yang terbilang jarang dijumpai di Indonesia kecuali membelinya di swalayan atau supermarket tertentu juga bisa dijadikan pilihan. Menurut African Journal of Traditional, Complementary and Alternative Medicine pada 2008. Dijelaskan bahwa asparagus memiliki efek positif mengatasi ISK. 

Dalam penelitian yang dipublikasikan di dalam jurnal tersebut menjelaskan, bahwa asparagus mengandung zat yang bersifat antibakteri. Mengkonsumsinya saat ISK menyerang bisa membantu mengatasi bakteri yang tumbuh dan berkembang di saluran kemih atau kandung kemih. Sehingga bisa dicoba untuk meredakan gejala dan dalam kondisi ringan, ISK bisa pulih secara alami. 

4. Menghirup Minyak Esensial 

Obat alami berikutnya untuk Infeksi Saluran Kemih adalah minyak esensial. Beberapa tahun belakangan minyak esensial semakin populer di Indonesia karena memberikan banyak sekali manfaat kesehatan. Selain dihirup langsung atau dioles di permukaan tubuh yang diinginkan, juga bisa dimasukan ke dalam diffuser

Uap air mengandung minyak esensial akan memberi efek serupa ketika dihirup langsung atau diaplikasikan secara topikal. Jika di rumah memiliki diffuser maka bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial. Aroma uapnya bisa membantu meredakan gejala ISK yang tengah dialami. 

Salah satu minyak esensial yang dianjurkan adalah aroma lavender yang memiliki sifat antibakteri. Opsional lain adalah menggunakan minyak esensial oregano, yang memang memiliki aroma khas herbal. Silahkan memilih jenis minyak esensial yang aromanya sesuai dengan selera agar nyaman saat menghirup aromanya. 

Cara Tambahan untuk Memaksimalkan Pemulihan ISK

Selain menggunakan obat alami yang disebutkan di atas, seseorang dengan Infeksi Saluran Kemih dianjurkan melakukan beberapa hal tambahan untuk mendukung atau memaksimalkan pemulihan. Diantaranya adalah: 

1. Menggunakan Pakaian yang Nyaman 

Pakaian yang nyaman terutama di area organ intim dimulai dari celana dalam, celana, rok, dan sebagainya. Akan membantu memaksimalkan pemulihan ISK, sebab bisa mengurangi kelembaban. Sehingga meminimalkan resiko bakteri masuk ke kandung kemih. 

2. Tidak Menahan Keinginan Berkemih 

Selama pemulihan dan kapan saja usahakan tidak menahan keinginan untuk berkemih. Sebab menahan keinginan buang air kecil bisa meningkatkan jumlah bakteri yang masuk ke kandung kemih. 

3. Menjaga Kebersihan Organ Intim 

Kebersihan organ intim wajib diperhatikan dengan seksama, sebab jika kurang diperhatikan maka pertumbuhan bakteri akan semakin tinggi. Resiko masuk ke kandung kemih dan memperparah ISK juga ikut tinggi. 

Jadi, untuk membantu mengatasi Infeksi Saluran Kemih secara mandiri di rumah dan alami maka penjelasan di atas bisa diterapkan. Jika keluhan belum juga reda atau semakin parah maka perlu mengatur janji bertemu dengan dokter. 

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.