Kencing Berdarah – Pengertian, Penyebab dan Cara Mengobatinya

kencing berdarah
download ebook kesehatan gratis

Kencing berdarah juga dikenal dengan istilah hematuria biasanya bukan suatu masalah kesehatan serius bila terjadi pada wanita yang sedang menstruasi.

Tapi, kencing yang berdarah itu bisa menjadi tanda penyakit serius yang tidak boleh diabaikan, seperti penyakit ginjal, infeksi saluran kemih, dan kanker prostat.

Umumnya, kencing berdarah terlihat seperti urine berwarna kemerahan, merah mudah atau coklat tua karena bercampur darah.

Ada dua jenis hematuria, yaitu microscopic hematuria dan gross hematuria. Microscopic hematuria adalah kondisi ketika penderita tidak melihat adanya darah dalam urine.

Sedangkan, gross hematuria adalah kondisi ketika urine penderita terlihat berwarna kemerahan atau kecoklatan karena bercampur dengan darah.

Kondisi ini biasanya tidak terasa sakit. Kecuali, bila darahnya berupa gumpalan. Kondisi ini bisa membuat saluran kemih tersumbat dan menyebabkan rasa sakit.

Penyebab Kencing Berdarah

Hematuria ini menandakan adanya kebocoran di salah satu saluran kemih, mungkin ginjal ureter, kandung kemih atau uretra sehingga darah bocor ke dalam urine. Karena itu, seseorang mengalami kencing berdarah.

Ada beberapa kondisi medis yang meningkatkan resiko seseorang mengalami kencing berdarah.

Gangguan ginjal

Gangguan ginjal seperti infeksi ginjal batu ginjal, gagal ginjal, glomerulonefritis, dan kanker ginjal merupakan penyebab Hematuria.

Kondisi ini biasanya juga menimbulkan gejala berupa nyeri di punggung bawah atau pinggang, bengkak di tubuh, kaki, tangan dan wajah, mual, muntah, sesak nafas hingga nyeri dada.

banner recare

Pembesaran prostat

Pembesaran prostat atau kelainan pada prostat, yang biasanya terjadi pada pria usia 50 tahun ke atas.

Adapun beberapa penyakit prostat yang menyebabkan kencing berdarah, termasuk pembesaran prostat jinak, kanker prostat, radang prostat.

Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) salah satu penyebab umum kencing berdarah. Kondisi ini terjadi karena bakteri berkembang biak di saluran atau kandung kemih.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh kebiasaan menahan kencing, aliran urine tidak lancar, cara membersihkan vagina yang salah atau pemasangan kateter urine.

Kanker kandung kemih

Rasa nyeri ketika buang air kecil dan nyeri punggung. Tetapi, gejala ini sering kali dirasakan setelah kanker kandung kemih sudah cukup parah atau stadium lanjut.

Selain semua kondisi di atas, hematuria juga bisa disebabkan oleh, kanker prostat, kelainan darah hemofilia maupun anemia sel sabit dan konsumsi obat-obatan, seperti penisilin, aspirin dan warfarin.

Tapi, Anda juga harus tahu bahwa urine berwarna kemerahan atau kecoklatan bukan selalu pertanda kencing berdarah. Perubahan warna urine itu juga bisa dipengaruhi oleh konsumsi buah-buahan tertentu.

Cara Pengobatan

Anda harus konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran pengobatan kencing berdarah yang lebih tepat. Berikut ini, beberapa untuk pengobatan

1. Obat-obatan

Kencing berdarah akibat infeksi bakteri mungkin akan bisa diatasi dengan pemberian obat antibiotik.

Bila akibat pembesaran prostat, dokter bisa meresepkan penghambat alfa untuk melemaskan otot di kelenjar prostat dan kandung kemih. Obat ini juga membantu mengecilkan prostat.

2. Kemoterapi

Kencing berdarah yang disebabkan oleh tumor atau kanker pada saluran kemih atau ginjal mungkin akan membutuhkan tindakan kemoterapi.

Pengobatan ini bertujuan menekan pertumbuhan sel kanker dan mencegah sel kanker menyebar ke organ tubuh lain.

3. Operasi

Orang yang mengalami kencing berdarah mungkin juga membutuhkan operasi, bila kondisi ini disebabkan oleh batu ginjal atau cedera berat pada ginjal. Tapi, tindakan ini juga perlu pemeriksaan dulu untuk mengetahui tingkat keparahannya.

Karena, kencing berdarah akibat gagal ginjal juga membutuhkan cuci darah, tidak hanya tindakan operasi.

4. Extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL)

Kencing berdarah akibat batu ginjal berukuran besar mungkin membutuhkan tindakan extracorporeal shock wave lithotripsy untuk membantu mengecilkan dan mengeluarkannya melalui urine.

Anda juga bisa melakukan konsultasi ke AICI mengenai penyebab kencing berdarah dan pengobatan yang tepat.

konsultasi banner

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Pengertian Jantung Koroner

Zat Aktif Thymoquinone Untuk Penderita Jantung

Zat aktif thymoquinone untuk penderita jantung apakah betul dapat menormalkan semua parameter risiko penyakit kardiovaskuler (jantung)?  Dilansir dari berbagai sumber penelitian disebutkan bahwa zat aktif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.