Hidup Lebih Sehat Dengan Cara Membersihkan Ginjal Dalam 3 Hari

Ginjal salah satu organ vital tubuh yang perlu dibersihkan, supaya tetap berfungsi dengan baik dalam menyaring racun, membuang limbah dan kelebihan air dalam darah. Selain itu, membersihkan ginjal juga membantu menyeimbangkan elektrolit.

minum air putih

Sebenarnya, ginjal juga bisa membersihkan dirinya sendiri ketika tubuh memiliki banyak cairan. Tapi, ada juga cara lain membersihkan ginjal dalam 3 hari yang melibatkan konsumsi makanan sehat dan herbal tertentu untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan ginjal.

Anda juga bisa mengonsumsi minuman pembersih ginjal, bahkan untuk masalah pemulihan setelah sakit ginjal, menjaga kesehatan ginjal agar tetap berfungsi dengan baik atau mencegah serangan berbagai penyakit di seluruh organ tubuh akibat racun. 

Bila Anda membersihkan ginjal dengan baik dan benar, langkah ini bisa membantu menjaganya berfungsi dengan baik. Karena, ginjal yang terganggu dan tidak berfungsi baik bisa membuat racun di dalam tubuh berkembang dan menghambat fungsi normal ginjal, hati, dan organ penting lainnya. Masalah pada kesehatan ginjal inilah yang menyebabkan manusia mengalami kelelahan, sakit perut hingga sakit kepala.

ISK

baca juga Gejala, Penyebab dan Pencegahan Radang Ginjal

Cara Membersihkan Ginjal

Ada beberapa makanan, minuman hingga pola diet tertentu yang bisa membantu membersihkan ginjal dalam 3 hari seperti minum air putih, minum teh herbal, minum air kelapa, air lemon, kurma, bawang putih, kunyit, meniran hijau, buah delima, dan jus seledri. Tapi, sekarang ini hanya ada sedikit penelitian yang mendukung cara-cara membersihkan ginjal tersebut . Berikut ini penjelasan lengkap yang bisa membantu membersihkan ginjal:

1. Minum air putih

Air putih merupakan minuman pembersih ginjal yang paling murah dan mudah ditemui. Karena, ginjal sebagai sistem filtrasi tubuh membutuhkan air untuk mengeluarkan air seni. Bila asupan air Anda rendah dan volume urine rendah, maka pengeluarannya yang kurang bisa menyebabkan disfungsi ginjal. 

Sedangkan, urine adalah limbah utama yang memungkinkan tubuh untuk membuang zat beracun atau berbahaya. Selain itu, tubuh manusia juga terdiri dari 60 persen air. Karena itu, air putih merupakan kunci penting untuk kesehatan tubuh, terutama ginjal.

Setiap organ, dari otak hingga hati juga membutuhkan air untuk berfungsi. Karena itu, minum air dalam jumlah cukup sangat penting agar ginjal bisa membuang limbah berlebih sekaligus membantu pembersihan ginjal.

2. Minum teh herbal

Minum teh herbal dari tanaman hydrangea juga bisa membantu membersihkan ginjal. Karena, tanaman hydrangea ini merupakan semak berbunga yang biasanya dikenal dengan sebutan bunga lavender.

Studi pada hewan menemukan ekstrak dari tanaman hydrangea paniculata yang dikonsumsi selama 3 hari bisa membantu mencegah terjadinya kerusakan ginjal.

3. Minum air kelapa

Cara membersihkan ginjal dalam 3 hari lainnya adalah minum air kelapa muda. Karena, air kelapa muda bisa membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Minuman air kelapa ini kaya mineral yang menyehatkan ginjal, sehingga baik untuk dikonsumsi orang dengan kondisi ginjal baik.

Pada penderita ginjal kronis atau gagal ginjal, Anda sebaiknya membatasi konsumsi minuman air kelapa ini karena efek yang diperoleh mungkin akan berbeda.

4. Air lemon

Minum air lemon juga bisa membantu membersihkan ginjal dalam 3 hari. Anda cukup memeras 4 sampai 5 buah lemon dan tambahan 1 liter air dingin. Bila Anda ingin menggunakan air hangat, cukup memeras seperempat hingga 1,5 lemon ke dalam 240 ml air panas setiap hari.

5. Kurma

Makan kurma yang sudah direndam dalam air selama 24 jam dan tanpa biji di dalamnya bisa membantu melarutkan dan membuang batu ginjal secara efektif. Sebab, kurma kata serat yang membantu mengurangi risiko batu ginjal dan magnesium yang berfungsi membersihkan ginjal.

6. Bawang putih

Manfaat kesehatan bawang putih memang tak perlu diragukan lagi. Selain digunakan untuk menambah aroma atau bumbu dapur sehari-hari, bawang putih juga bisa membantu membersihkan ginjal.

Karena, bawang putih memiliki sifat diuretik yang membantu menghilangkan kelebihan natrium dan air dari tubuh dalam bentuk urine. Bumbu dapur ini juga melindungi ginjal dari efek potensi berbahaya logam berat seperti, kadmium dan timbal. 

7. Kunyit

Rimpang berwarna oranye alias kunyit memang memiliki manfaat untuk membantu menghentikan peradangan yang berkaitan dengan penyakit ginjal kronis.

Kunyit asam, teh kunyit atau air rebusan kunyit bisa membantu proses pembersihan ginjal bila dikonsumsi rutin. Kunyit juga mampu menurunkan tekanan darah yang yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit ginjal.

8. Meniran hijau

Tanaman herbal meniran hijau sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional untuk gangguan kesehatan secara alami. Meniran hijau ini bisa dipercaya  dapat membantu mengatasi penyakit batu ginjal. Anda bisa mendapatkan manfaat dari meniran hijau untuk ginjal yang sudah diolah menjadi bentuk tablet, teh herbal, atau kapsul. 

9. Buah delima

Minuman pembersih ginjal lainnya adalah  jus buah delima. Karena,  jus buah delima telah digunakan oleh orang terdahulu untuk meningkatkan fungsi ginjal secara keseluruhan.

Jus dengan cita rasa asam ini pun bisa membantu membersihkan batu dan beberapa racun dari tubuh. Karena, delima memiliki kandungan antioksidan yang bisa menjaga kesehatan ginjal dan berperan mencegah terjadinya batu ginjal tersebut.

Tapi, penelitian mengenai manfaat jus delima untuk membersihkan ginjal, yakni batu ginjal dan beberapa racun dari tubuh ini masih perlu dipelajari lebih lanjut. Karena, hasil penelitian menunjukkan manfaat ekstrak delima terhadap penurunan risiko pembentukan batu ginjal.

10. Jus seledri

Minuman pembersih ginjal lainnya adalah jus seledri, yang bisa menjaga kesehatan saluran urine yang baik. Selain itu, kandungan antioksidan dalam jus seledri mampu membantu meningkatkan produksi urine. Sehingga mengurangi kemungkinan terbentuknya batu ginjal yang baru.

Setelah memahami cara membersihkan ginjal dalam 3 hari diharapkan Anda bisa melakukan hal tersebut, namun jika Anda masih kurang yakin konsultasikan dengan dokter. Jika kamu malu

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.