Hal-hal yang dapat menularkan HIV Aids

banner-hiv aids
demam, tenggorokan sakit, dan pusing kepala?

Hal-hal yang dapat menularkan hiv aids antara lain melalui kontak cairan tubuh, seperti carian vagina atau sperma saatu hubungan seks, air asi ibu saat menyusui dan terjadi saat transfusi darah speerti melalui jarum suntik.

Human immunodeficiency virus (HIV) merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia yang akibatnya sangat fatal dan juga bisa menular ke orang terdekat mereka apabila tidak diobati dengan benar dan tepat. Hal yang paling penting adalah menyadarinya dan tidak takut ataupun malu untuk berobat.

Cara Penularan Virus HIV

Ada beberapa cara penularan virus HIV ini dengan adanya cairan-cairan yang disebutkan diatas.

1. Melalui Hubungan Seksual

Cara pertama penularan HIV adalah berhubungan seksual dengan penderita HIV ataupun sering gonta-ganti pasangan berhubungan seks tanpa menggunakan kondom, sehingga terjadi pertukaran air mani (sperma) dan cairan vagina.

2. Jarum Suntik

Penularan HIV bisa melalui darah dari penderita HIV ke orang yang norma dari jarum suntik. Jarum suntik yang tidak diganti ini sangat berbahaya bagi orang yang tidak penderita HIV sebab bisa ketularan. Pastikan saat suntik, gunakan jarum suntik yang baru.

3. Air Susu Ibu (ASI)

Cara terakhir adalah dari keturunan ibu. Artinya, ibu yang menderita HIV secara langsung membuat anaknya berpotensi juga menderita HIV sebab dari hubungan darah saat mengandung dan juga menyusui saat sudah melahirkan.

Baca juga: Berapa kali terkena hiv setelah gonta ganti pasangan?

Jadi, hal-hal yang dapat menularkan hiv aids antara lain air mani dan vagina saat hubungan seksual, air asi ibu, dan darah. Nah, itu penjelasan yang bisa dipaparkan semoga bermanfaat.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

HIV stadium 4

Apa Bedanya HIV dan AIDS

Secara sederhana, perbedaan HIV dan AIDS itu sangat mudah. HIV merupakan sebuah virus, yang artinya bisa menyebar ke manusia-manusia lain seperti sifat virus pada umumnya.

luka lama sembuh

Apa Bisa Penularan HIV Melalui Luka?

Penularan HIV dapat terjadi melalui cairan dalam tubuh seperti darah, air mani dan cairan pra-mani, cairan rektal, cairan vagina, serta ASI. Sementara itu, penularan melalui