Apakah Minum Air Kunyit Bisa Merusak Ginjal? Ini Penjelasannya

Dalam menjawab pertanyaan apakah minum air kunyit setiap hari bisa merusak ginjal, maka perlu tau terlebih dahulu mengapa banyak orang mengonsumsi air kunyit ini.

Manfaat Air Kunyit untuk Kesehatan

Secara umum, di masyarakat Indonesia yang kaya akan rempah ini sering memanfaatkan kunyit untuk berbagai penyebuhan penyakit, antara lain dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati radang, mengatasi perut yang kembung, mengurangi rasa sakit saat haid, meningkatkan nafsu makan anak, mengobati maag dan masih banyak lagi.

Disamping banyak manfaat di atas, ternyata ada juga hal yang tidak baik untuk sebagian orang dengan kondisi tertentu.

Bahaya Minum Air Kunyit Bagi Ginjal

Salah satu yang membahayakan kesehatan adalah bisa merusak ginjal. Dalam kunyit mengandung senyawa yang dinamakan dengan oksalat. Makan atau minum senyawa oksalat berlebih dapat menyebabkan terjadinya pembentukan batu di saluran kemih.

ISK

Nah, pembentukan batu akibat minum air kunyit setiap hari ini yang membahayakan terbentuknya batu ginjal, yang biasa disebut dengan istilah batu ginjal.

Jadi, boleh saja sebenarnya untuk mengonsumsi jamu-jamuan apalagi untuk menjaga kesehatan tubuh dan imun. Hal yang paling diingat adalah jangan berlebihan dan cukup sesekali saja dalam mengonsumsi air kunyit ini.

Baca hal-hal lain untuk penderita gagal ginjal lainnya di diskusi gagal ginjal. Baca artikel terkait gagal ginjal berikut ini.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

jendela periode hiv

Memahami Periode Jendela HIV

Periode jendela untuk tes hiv adalah masa pada waktu antara masuknya virus HIV ke dalam tubuh Anda dan ketika tes dapat mendeteksi HIV di tubuh