Bolehkah Penderita Gagal Ginjal Minum Es? Hati-Hati!

Sebagai penderita gagal ginjal, pasti akan ada pantangan-pantangan baik makanan ataupun minuman, salah satunya adalah terkait “apakah boleh penderita gagal ginjal minum es?”. Namun, bagaimana sih jawaban yang tepat terkait masalah ini? Mari kita bahas dengan jelas dan singkat.

Pembahasan Ringkas

Jadi, bagi penderita gagal ginjal kronis (GGK), sebaiknya tidak minum atau mengonsumsi air es untuk minum sehari-hari dan lebih baik adalah minum air putih biasa lebih dianjurkan.

Namun, tidak ada larangan yang jelas mengenai apakah boleh minum air es atau tidak, hanya saja konsumsi air putih lebih baik. Hal yang perlu diperhatikan lebih lanjut dan teliti adalah, bagi penderita harus dibatasi konsumsi air putihnya dengan menyesuikan hasil pemeriksaan dokter.

ISK

Artinya, ikuti saran dan batasan yang telah ditentukan oleh dokter melihat hasil pemrikasaan. Sebab, apabila terlalu berlebihan juga tidak baik, karena akan memperberat beban ginjal untuk bekerja dan malah membuat cairan menumpuk yang mengakibatkan sesak.

Hal inilah yang kadang membuat para penderita gagal ginjal merasa tidak enak tidak apalagi merasa sesak sebab tidak mengetahui batas minum air putih yang tepat sesuai aturan dan ketentuan hasil pemerikasaan yang benar.

Itulah jawaban ringkasnya, untuk mendapatkan jawaban yang lebih banyak lagi tentang penyakit gagal ginjal bisa lihat di Diskusi Gagal Ginjal atau hubungi konsultan kami di konsultasi gagal ginjal.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

jendela periode hiv

Memahami Periode Jendela HIV

Periode jendela untuk tes hiv adalah masa pada waktu antara masuknya virus HIV ke dalam tubuh Anda dan ketika tes dapat mendeteksi HIV di tubuh