Phenol, Chlorogenic, Caffeoylquinic, Ferulic Memperbaiki Pankreas

Zat Phenol, chlorogenic, caffeoylquinic, ferulic merupakan senyawa kimia yang bisa membantu penderita diabetes dengan cara memperbaiki pankreas. Diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi karena pankreas tidak bisa menghasilkan cukup insulin, yakni hormon yang mengatur gula darah.

daun yakon

Dalam hal ini, sel beta pankreas merupakan sel yang berfungsi untuk menghasilkan hormon insulin. Hormon insulin inilah yang berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah. Bila kadar gula dalam darah berlebihan, maka insulin akan menyimpan gula berlebih tersebut dalam hati.

Anda bisa mendapatkan komponen phenol, chlorogenic, caffeoylquinic, ferulic untuk memperbaiki sel beta pankreas ini melalui daun tanaman yakon. Tanaman yang banyak dibudidayakan di Indonesia ini sudah biasa dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

Baca juga Menurunkan Tekanan Gula Darah Dengan Andrografolid

ISK

Bagaimana Cara Kerja Phenol, Chlorogenic, Caffeoylquinic, Ferulic Untuk Memperbaiki Sel Beta Pankreas?

Kandungan phenol, chlorogenic, caffeoylquinic, ferulic dalam tanaman yakon merupakan antioksidan pada penderita diabetes melitus yang bisa memperbaiki sel beta pankreas. Karena, antioksidan merupakan komponen aktif penting dalam regulasi metabolisme glukosa.

Phenolic dan caffeoylquinic dalam ekstrak daun yakon atau daun insulin ini bisa membantu menghambat alfa glukosidase. Chlorogenic dan derivatnya juga termasuk antioksidan kompetitif inhibitor glukosa 6 phosphatase.

Lalu, caffeoylquinic pada ekstrak daun yakon mengandung senyawa aktif yang bisa menurunkan kadar glukosa darah dengan menghambat α glukosidase. Kandungan fructan yang tinggi pada daun insulin juga telah terbukti bertindak sebagai prebiotik yang menstimulasi pertumbuhan Bifidobacterium, di mana dosis 3-10 gram/hari akan merangsang penurunan tekanan darah, efek positif dalam metabolisme lipid, proteksi sistem astrointestinal, serta memiliki efek hipoglikemik.

Kenapa Phenol, Chlorogenic, Caffeoylquinic, Ferulic Dibutuhkan?

Senyawa tersebut dapat menurunkan kadar glukosa darah, Peningkatan sekresi insulin dan peningkatan sensitivitas reseptor insulin dapat memperbaiki sel β pankreas pada pasien diabetes melitus.

Secara normal glukosa merupakan satu-satunya bahan makanan yang dapat digunakan oleh otak, retina, gonad, dan organ dalam tubuh lain untuk menyuplai sel, organ, jaringan tersebut secara optimal sesuai dengan energi yang dibutuhkan. Dalam sebuah studi in vitro dilaporkan bahwa kandungan antioksidan daun insulin merupakan zat yang berguna untuk melawan radikal bebas serta Reactive Oxygen Species (ROS). Zat antioksidan yang terkandung dalam phenolic acid dan polyphenol memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas dan menghambat reaksi oksidatif.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.