7 Obat Darah Tinggi Alami yang Efektif dan Mudah Didapatkan

jahe
demam, tenggorokan sakit, dan pusing kepala?

Meskipun darah tinggi tidak dapat disembuhkan secara total, namun kita bisa mengontrolnya dengan gaya hidup sehat serta pengobatan yang tepat. Jahe adalah salah satu obat darah tinggi alami.

Tekanan darah tinggi atau yang dikenal dengan istilah hipertensi merupakan kondisi ketika tekanan darah berada di atas 130/80 mmHg. Kondisi tersebut menjadi penyebab munculnya penyakit serius yang mengancam nyawa. Terutama jika tidak segera ditangani. Beberapa penyakit pun kerap menyertai, termasuk gagal jantung, stroke, dan penyakit ginjal.

Rekomendasi Obat Darah Tinggi Alami

Untuk itu beberapa obat darah tinggi alami yang bisa dikonsumsi untuk mencegah maupun mengobati penyakit tersebut, diantaranya sebagai berikut: 

1. Jahe

Jahe bukan hanya mampu menghangatkan tubuh saja. Namun jahe juga termasuk ke dalam obat herbal yang digunakan untuk menurunkan darah tinggi.

Jahe bekerja dengan mengendurkan otot-otot di sekitar pembuluh darah, sehingga sirkulasi darah pun meningkat.

Manfaat tersebut dapat dirasakan karena kandungan aktif dalam jahe, seperti saponin, flavonoid, amine, alkaloid, dan terpenoid.

Cukup mudah mengolah jahe sebagai obat darah tinggi alami yaitu dengan menyeduhnya sebagai minuman. Air rebusan jahe merupakan cara terbaik untuk mendapatkan manfaat kesehatannya. Caranya, anda cukup merebus irisan jahe selama 15 menit lalu tambahkan perasan lemon setelah dingin.

2. Seledri

seledri

Obat alami lain yang bisa dijadikan sebagai obat darah tinggi alami ialah seledri. Sayuran hijau ini mengandung senyawa kimia yang disebut phthalide. Phthalide membantu mengendurkan jaringan pada dinding pembuluh arteri sehingga tekanan darah tinggi yang anda alami bisa menurun.

Sementara itu, kandungan zat gizi penurun tekanan darah dalam seledri, seperti magnesium dan kalium, juga membantu menjaga tekanan darah normal. Menambahkan seledri dalam menu makanan harian diyakini dapat meredakan gejala hipertensi seperti pusing, sakit kepala, dan nyeri bahu.

Menurut Buku Jamu Saintifik: Suatu Lompatan Ilmiah Pengembangan Jamu (2017) oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Balitbangkes, Kemenkes, seledri juga bisa untuk menurunkan darah tinggi.

3. Brokoli

brokoli

Brokoli adalah sumber yang baik untuk mineral pengatur tekanan darah, magnesium, kalsium, dan kalium. Sebuah studi pada hewan telah menemukan bahwa diet tinggi brokoli dapat membantu menurunkan darah tinggi alami paling cepat, penyakit kardiovaskular, dan stroke. 

Brokoli kaya akan senyawa yang dapat membantu mengurangi kerusakan pada arteri. Ini memungkinkannya untuk menjadi salah satu makanan untuk menurunkan darah tinggi.

4. Akar kucing

Tanaman akar kucing ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat darah tinggi alami. Tanaman akar kucing atau juga dikenal dengan istilah catnip ini seringkali digunakan sebagai obat herbal, termasuk untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Serupa dengan daun basil, akar kucing membantu menurunkan tekanan darah dengan cara menghambat reaksi kalsium dalam sel-sel tubuhmu. Untuk mengkonsumsinya, anda bisa menemukan obat darah tinggi alami ini dalam bentuk suplemen di apotek.

5. Kapulaga

kapulaga

Sebuah studi menyebutkan bahwa kapulaga dapat menurunkan tekanan darah dengan menghambat reaksi kalsium dalam tubuh.

Mirip dengan daun basil dan akar kucing, rempah ini menimbulkan reaksi yang sama seperti kerja obat calcium-channel blocker untuk mencegah komplikasi hipertensi.

anda dapat mengkonsumsi bubuk kapulaga langsung sebagai obat alami hipertensi maupun mencampurkannya ke dalam masakan sehari-hari.

Jika sudah mengonsumsi tapi tak kunjung sembuh anda bisa mencoba obat herbal moricecare yang bisa membantu menurunkan darah tinggi.

moricecare promo

6. Kayu manis

Menurut ResearchGate, kayu manis adalah salah satu obat darah tinggi alami yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Karena tanaman ini berhubungan langsung dengan tekanan darah diastolik atau sistolik. 

7. Daun Basil 

Daun basil yang kita tau fungsinya untuk membuat makanan kita jadi lebih lezat, tapi daun basil juga salah satu obat alami darah tinggi. 

Daun basil mempunyai kandungan eugenol yang bekerja untuk memblokir reaksi kalsium, yang berefek menyempitkan pada pembuluh darah

Itulah rekomendasi obat darah tinggi alami beserta metode efektif mengatasinya tanpa obat. Namun tetap ingat, jika langkah di atas sudah anda lakukan namun hipertensi masih tidak kunjung membaik, segeralah konsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Jika takut mahal atau malu ketemu dokter, silahkan konsultasi ke autoimuncare secara GRATIS
konsultasi banner

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.