9 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung

asam lambung naik

Last Updated on Juli 4, 2022 by Redaksi Autoimuncare

Sakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah suatu penyakit yang menyerang organ pencernaan yang menyebabkan asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan. Kondisi ini dapat menimbulkan nyeri pada ulu hati, heartburn, serta berbagai gejala lainnya pada area dada bagian bawah dan perut. 

Orang yang mengidap penyakit ini biasanya mengalami refluks asam yang ringan paling tidak dua kali seminggu, serta gangguan yang parah paling tidak sekali dalam seminggu. Oleh karena itu, pengidap penyakit ini perlu mengetahui cara untuk meredam gejala, misalnya dengan perubahan gaya hidup dan mengonsumsi obat-obatan.

Ada banyak penyebab naiknya kadar asam lambung, seperti stres, pola makan tidak teratur, makanan pedas, obat-obatan, atau memang memiliki bawaan penyakit yang memicu asam lambung. Namun salah satu penyebab yang paling umum dari penyakit asam lambung adalah hernia hiatus. Masalah ini terjadi ketika bagian atas perut dan sfingter bergerak di atas diafragma, yaitu otot yang memisahkan perut dari dada. 

Biasanya, diafragma membantu untuk menjaga asam di perut. Namun karena gangguan ini, asam dapat naik ke kerongkongan dan menyebabkan gejala dari penyakit ini.

Pantangan Konsumsi Buah untuk Asam Lambung

Sakit asam lambung bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat serta mengelola diri agar terhindar dari stres.  Selain itu, kamu sebaiknya menghindari makanan dan buah-buahan yang bisa memicu naiknya kadar asam lambung. Buah-buahan tersebut diantaranya: 

1. Buah Jeruk 

jeruk

Buah yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung adalah buah jeruk. Buah Jeruk memiliki sifat asam yang tinggi. Memang menyehatkan, namun jika dikonsumsi oleh penderita asam lambung, justru dapat memperparah kondisi mereka. 

Sifat asam pada jeruk dapat menyebabkan iritasi pada dinding lambung, sehingga menimbulkan gejala-gejala maag. Gejala juga akan terasa semakin memberat ketika penderita maag makan jeruk dalam kondisi perut kosong. Ini karena tidak adanya makanan lain sebagai penetralisir rasa asam di lambung.

2. Apel Hijau

apel

Selain jeruk, buah yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung adalah apel hijau. Apel hijau umumnya memiliki rasa yang lebih asam dibandingkan apel merah, sehingga menjadi buah pantangan asam lambung. Asam yang tinggi pada buah apel hijau inilah yang dapat memicu peningkatan kadar asam lambung serta berisiko memicu dan memperparah gejala penyakit asam lambung.

3. Nanas

nanas

Sebagian penderita penyakit asam lambung tidak merasakan kekambuhan gejala setelah makan nanas, tetapi terkadang ada juga pasien GERD yang bisa mengalami kekambuhan gejala setelah mengkonsumsi buah ini. Faktanya, nanas merupakan buah yang cukup asam dengan kandungan pH sekitar 3–4. Oleh karena itu, jika kamu memiliki penyakit asam lambung, sebaiknya kurangi konsumsi buah nanas, ya.

4. Tomat

tomat

Buah yang tidak boleh dimakan penderita asam lambut selanjutnya adalah tomat. Tomat memiliki kandungan asam yang tinggi seperti buah citrus. Bagi pengidap asam lambung, tomat dapat memicu naiknya asam lambung. Selain tomat segar, pengidap juga perlu menghindari berbagai olahan tomat, seperti saus.

5. Cokelat 

coklat

Cokelat menjadi buah pantangan asam lambung karena mengandung kafein dan bahan kimia methylxanthine yang dapat memicu GERD. Kafein diketahui dapat menyebabkan heartburn. Sementara itu, methylxanthine terbukti dapat membuat otot-otot di katup atau cincin kerongkongan bagian bawah menjadi lebih lemah, sehingga makanan atau asam lambung bisa mudah naik kembali ke kerongkongan.

6. Cabe

cabe

Cabe bisa masuk dalam kategori buah atau sayuran yang sebaiknya kamu hindari terlebih dahulu ketika mengalami asam lambung. Hal ini karena zat capsaicin pemberi rasa pedas pada cabe bisa menyebabkan iritasi di dinding lambung serta meningkatkan produksi asam lambung. Jika dikonsumsi berlebihan, cabe bisa memicu atau memperparah gejala asam lambung.

7. Alpukat 

alpukat

Kandungan lemak pada alpukat sangat banyak, karena kandungan lemak yang banyak tidak baik untuk asam lambung dan maag. Karena lemak merangsang produksi hormon kolesistokinin.

8. Anggur

anggur

Karena anggur mengandung kadar asam yang tinggi hingga melebihi jeruk, jadi mengkonsumsi anggur tidak disarankan untuk penderita asam lambung. Karena bisa meningkatkan kadar asam lambung dengan cepat.

9. Lemon

lemon

Asam pada lemon bisa memperparah refluks asam lambung, sehingga bisa mengakibatkan iritasi lambung, GERD, dan batu empedu.

Ketika mulai merasakan gejala asam lambung, sebaiknya batasi dulu konsumsi enam buah yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung. Selain menghindari buah-buahan pemicu naiknya kadar asam lambung, pastikan juga kamu menjaga pola makan yang sehat, kelola stress, dan praktekkan pola hidup sehat. 

Jika anda takut ke dokter atau tidak ingin mengeluarkan uang, Maka konsultasi GRATIS dengan tim autoimuncare yang akan mendengarkan keluhan dan akan memberikan solusi yang tepat.

konsultasi banner

Selain itu, pastikan kamu juga makan secara perlahan dan mengunyah dengan tepat, untuk mencegah iritasi lambung dan kerongkongan.

Jika anda sudah berobat tapi tak kunjung sembuh, aici juga mempunya produk obat herbal asam lambung yang bisa membantu mengatasi masalah sakit asam lambung anda.

vg care konsultasi

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.