6 Cara Alami Menurunkan Darah Tinggi Secara Efektif [2022]

cara alami menurunkan darah tinggi
demam, tenggorokan sakit, dan pusing kepala?

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang banyak dijumpai. Penyakit ini berkaitan dengan tekanan darah yang berada di atas angka normal. Disebut sebagai jenis penyakit karena ketika kondisi ini, dibiarkan maka tekanan darah akan terus merangkak naik yang kemudian memunculkan berbagai komplikasi.

Tekanan darah dikatakan normal ketika menunjukan angka 100-140 mmHg untuk sistolik, dan 60-90 mmHg untuk diastolik. Sehingga seseorang belum bisa dikatakan mengalami hipertensi jika sistoliknya mencapai angka 140, perlu dilihat juga angka diastoliknya. Apabila sudah sampai di angka 140/90 mmHG maka sudah masuk fase hipertensi.

Bahaya hipertensi dibiarkan

Sebelum membahas mengenai cara alami menurunkan darah tinggi, kenali dulu bahaya yang ditimbulkan oleh kondisi hipertensi tersebut. Diantaranya adalah:

  • Menyebabkan serangan jantung.
  • Menyebabkan stroke.
  • Meningkatkan resiko terjadinya retinopati hipertensif, yakni kondisi dimana pembuluh darah kecil pada mata mengalami kerusakan akibat tensi darah yang tinggi.
  • Memicu penyakit pembuluh darah arteri seperti sering kesemutan, pegal dan mudah lelah saat berjalan kaki, dan gangrene (kematian jaringan di tungkai maupun lengan).
  • Meningkatkan resiko penyakit ginjal.
  • Menyebabkan sindrom metabolik.

Tekanan darah perlu dikontrol rutin sekalipun belum menerima diagnosa menderita hipertensi, paling tidak 1-2 kali dalam setahun. Apabila sudah ada indikasi hipertensi sebaiknya segera memperbaiki gaya hidup. Sebab semakin sehat gaya hidup yang diterapkan semakin mudah mengontrol tekanan darah, sehingga berbagai bahaya di atas bisa dihindari. Berikut cara alami menurunkan darah tinggi

Cara Alami Menurunkan Darah Tinggi

Apabila sudah terlanjur mengalami hipertensi, maka Anda bisa mencoba cara alami menurunkan tekanan darah agar lebih terkontrol. Jika sudah mampu mengontrol tekanan darah maka pasien hipertensi bisa menikmati hidup berkualitas dan panjang umur. Berikut adalah sejumlah cara alami yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi:

1. Menurunkan Berat Badan

berat badan

cara alami menurunkan darah tinggi yang pertama adalah menurunkan berat badan. Orang yang kelebihan berat badan atau mengalami obesitas memiliki resiko tinggi menderita hipertensi. Tumpukan lemak berlebih bisa menghimpit pembuluh darah sehingga alirannya tidak lancar. Efeknya tentu saja bisa meningkatkan tekanan darah dan jika berlangsung cukup lama akan memperbesar resiko serangan jantung maupun stroke.

Ketika sudah bermasalah dengan kenaikan tekanan darah sebaiknya berusaha untuk diet sehat. Sebab penurunan berat badan sebesar 1 kg sudah membantu menurunkan tekanan darah sebanyak 1 mmHg. Menurunkan berat badan juga memperkecil resiko mengalami komplikasi dari hipertensi yang disebutkan di atas.

2. Olahraga Secara Teratur

Berolahraga secara teratur juga menjadi cara alami menurunkan darah tinggi yang wajib dilakukan pasien hipertensi. Olahraga rutin selama 30 menit sehari atau mungkin 3 kali dalam sepekan. Bisa membantu mengontrol maupun menurunkan tekanan darah tanpa repot dan usaha ekstra.

sehingga cara alami menurunkan darah tinggi paling mudah dan murah adalah jalan kaki selama 30 menit.

3. Menjaga Pola Makan Tetap Sehat dan Seimbang

Pola makan memang menjadi kunci untuk pasien hipertensi bisa menjadi cara alami menurunkan darah tinggi dan mengontrol tekanan darah agar tidak meroket. Terdapat sejumlah makanan pantangan yang perlu dihindari, karena berpotensi meningkatkan tekanan darah. Selain itu terdapat pula sejumlah makanan yang justru sebaliknya.

Yakni aman dan dianjurkan untuk dikonsumsi rutin sebagai salah satu media alami untuk menstabilkan tekanan darah. SIlahkan dikonsultasikan dengan dokter untuk mengetahui makanan apa saja yang harus dipantang dan yang dianjurkan. Namun jika kamu takut mahal konsultasi ke dokter, silahkan konsultasi gratis ke automincare dan sehari akan langsung dihubungi.

konsultasi banner

4. Membatasi Asupan Natrium dan Kafein

Jika membahas mengenai hipertensi maka dijamin diet hipertensi akan dikupas secara mendalam. Dalam diet hipertensi juga akan sangat ditekankan pentingnya membatasi asupan natrium atau garam dan juga kafein maupun alkohol. Natrium atau garam berpotensi mengentalkan darah, dan akan semakin meningkatkan tekanan darah pada pasien hipertensi.

Maka dari itu salah satu cara alami menurunkan darah tinggi adalah menjaga asupan garam,kopi, atau alkohol.

5. Mengendalikan Stres

Stres berkaitan erat dengan tekanan darah tinggi, sebab saat stres dialami praktis tekanan darah akan naik. Hal ini dapat terjadi karena jantung berdetak lebih cepat sehingga menaikan tekanan darah. Pasien hipertensi harus mengendalikan stres yang dialami sebaik mungkin.

Semakin terkontrol maka semakin minim resiko tekanan darah melonjak naik secara mendadak. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui upaya apa saja yang bisa dilakukan agar stres dapat terkontrol. Namun secara umum Anda bisa mencegahnya dengan beberapa kiat.

Mengelola stress bisa menerapkan 3 cara alami menurunkan darah tinggi diatas yaitu, olahraga secara teratur, menjaga pola makan, dan membatasi asupan garam atau kafein yang berlebihan.

6. Berhenti Merokok

hindari rokok

Aktivitas merokok memiliki banyak bahaya bagi kesehatan, khususnya untuk organ jantung. Asap dari rokok juga memiliki potensi untuk menaikan tekanan darah sehingga berbahaya bagi pasien hipertensi. Sebab kebiasaan merokok maupun menghirup asapnya bisa mengganggu kinerja jantung, efeknya bisa meningkatkan resiko serangan jantung.

Tekanan darah memang perlu dijaga dengan seksama terutama untuk pasien yang memang memiliki hipertensi. Supaya kontrol terhadap tekanan darah lebih mudah dan bebas efek samping. Maka berbagai cara alami menurunkan darah tinggi di atas bisa dicoba, jadikan sebagai bagian dari gaya hidup untuk meningkatkan kualitas hidup sampai akhir hayat.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.