10 Penyebab Tubuh Mudah Lelah dan Cara Mengatasi

Rutinitas harian yang padat tentunya menguras tenaga dan membuat tubuh jadi lelah. Untuk meredakan rasa lelah itu, tidur jadi salah satu pilihannya. Tapi bagaimana jika Anda mudah lelah saat menjalani aktivitas yang ringan? Waspadalah jika mengalami hal seperti ini, bisa jadi ada yang tidak beres dalam diri Anda. Tubuh yang mudah lelah bisa jadi alarm adanya gangguan kesehatan atau penyakit tertentu. Jika hal ini mulai mengganggu keseharian Anda, cobalah berkonsultasi dengan dokter untuk tahu sebab dan cara mengatasinya. Berikut akan diulas beberapa alasan yang biasanya membuat orang mudah lelah. 

Faktor Penyebab Tubuh Mudah Lelah

Saat tubuh memberi sinyal untuk beristirahat, Anda biasanya akan merasa mudah lelah. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan tubuh jadi gampang kelelahan. Alasan kenapa tubuh cepat lelah bisa saja dari segi fisik maupun mental. Ketahui lebih jauh alasannya dengan membaca artikel berikut ini.

1. Kurang Tidur

kurang tidur
Gambar kurang tidur

Kurang waktu tidur adalah alasan yang bisa membuat Anda mudah lelah atau capek. Hal ini mungkin disebabkan karena jadwal Anda yang padat, hobi begadang, gangguan tidur seperti insomnia dan sleep apnea, atau alasan yang lainnya. Lumrahnya, Anda membutuhkan 7 jam untuk memiliki waktu tidur yang cukup. Apabila jam tidur ini tidak dijalani dengan benar, akibatnya Anda akan mudah lelah. Bahkan waktu tidur yang kurang akan meningkatkan risiko Anda terkena penyakit tertentu.

2. Sleep Apnea

sleep apnea
Gambar Sleep Apnea

Sleep Apnea adalah gangguan yang dialami orang ketika tidur dimana penderitanya akan berhenti bernafas sebentar atau jeda. Jika terkena Sleep Apnea tidur bisa terganggu dan bisa menjadi penyebab tubuh anda cepat lelah.

ISK

3. Kekurangan Cairan

Gambar Kurang cairan
Gambar Kurang cairan

Saat tubuh kekurangan cairan, imbasnya juga bisa membuat Anda mudah lelah. Oleh karena itu penuhi kebutuhan cairan harian Anda agar energi tubuh tetap terjaga. Kebutuhan cairan tiap-tiap orang tentunya berbeda tergantung usia, berat badan dan rutinitas yang dijalani. 

4. Kurang Asupan Protein dan Kalori

makanan protein
Gambar makanan protein

Kekurangan zat protein juga berakibat tubuh jadi gampang lelah. Perlu Anda ketahui bahwa protein berperan penting dalam proses metabolisme. Jadi jika protein yang masuk ke tubuh sedikit, otomatis tubuh akan kekurangan energi. Jadi mulailah untuk memperhatikan asupan protein harian Anda. Alangkah baiknya jika protein yang dikonsumsi rendah lemak seperti yang terdapat pada ikan, dada ayam, daging sapi, putih telur, dan kacang-kacangan.

Selain protein, perhatikan juga asupan kalori untuk tubuh Anda. sama halnya dengan protein, kalori juga punya andil dalam proses metabolisme. Jadi apabila Anda kekurangan kalori, tubuh akan mudah lelah. Kebutuhan kalori antara satu dengan yang lain pun juga berbeda tergantung berat badan, tinggi badan, usia, dan faktor kesehatan yang lain.

5. Konsumsi Karbohidrat Berlebih

karbohidrat
gambar karbohidrat

Lain halnya dengan protein dan kalori, terlalu banyak karbohidrat justru membuat Anda jadi gampang kelelahan. Walaupun karbohidrat merupakan sumber energi, tapi jika dikonsumsi berlebihan justru membuat kadar gula turun dan berakibat badan jadi lelah. Oleh karena itu imbangi gizi harian Anda dengan sayur dan buah-buahan yang kaya akan serat.

6. Kondisi Stress

Stress
Gambar lagi stress

Gangguan mental seperti stres ternyata juga bisa mengakibatkan tubuh jadi mudah lelah. Kenapa demikian? Pola kerja orang yang sedang mengalami stres biasanya juga ikut terganggu. Baik kurang tidur atau kebanyakan tidur, keduanya bisa mengakibatkan tubuh Anda jadi gampang merasa lelah.

7. Depresi

depresi
gambar lagi depresi

Depresi sendiri berbeda dengan stress, dimana depresi adalah suatu kondisi kesedihan terus menerus yang dalam jangka waktu yang lama, yang dibutuhkan untuk konsultasi dan berobat. Maka dari itu penyabab cepat lelah atau mudah lelah salah satunya yaitu depresi.

8. Anemia

anemia
Gambar orang anemia

Penderita Anemia akan mudah lelah karena jumlah sel darah merah yang seharusnya dimiliki lebih rendah dari normalnya. Karena sel darah merah penting untuk membawa kadar oksigen ke seluruh tubuh manusia.

9. Penyakit Jantung

gejala penyakit jantung koroner
gejala penyakit jantung koroner

Gagal jantung atau penyakit jantung yang lain dapat mengakibatkan penderita mengalami lelah atau mudah lelah yang terus menerus. 

Gejala lain pengidap penyakit jantung selain mudah lelah adalah nyeri dada, pusing, jantung berdebar, pingsan, dan sesak napas.

10. Diabetes

Hand holding a blood glucose meter measuring blood sugar, the background is a stethoscope and chart file
Gambar tes gula darah

Penyakit diabetes adalah penyakit yang biasanya ditandai dengan kadar glukosa (gula) yang sangat tinggi. Glukosa (darah) yang masuk ke tubuh akan sulit untuk di proses menjadi energi, karena dari itu penderita diabetes atau gula tinggi menjadi cepat atau mudah lelah.

Cara Atasi Tubuh yang Mudah Lelah

Tubuh yang lelah tidak boleh dianggap remeh jika sudah mengganggu aktivitas harian Anda. selain konsultasi kepada dokter, Anda juga melakukan beberapa cara berikut ini.

1. Makan Gizi Seimbang dan Perbanyak Cairan

Tubuh yang mudah lelah bisa diatasi dengan cara yang mudah. Pertama-tama, perhatikan asupan gizi harian Anda. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, konsumsi makanan yang tinggi protein baik untuk menambah energi. Selain itu cukupi juga kebutuhan kalori harian dan hindari makan makanan berkarbohidrat secara berlebihan. Dongkrak sistem imun Anda dengan banyak konsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Penting juga untuk memenuhi asupan cairan harian Anda supaya terhindar dari dehidrasi.

2. Kelola Stres

Penyebab tubuh mudah lelah salah satunya adalah stres. Apabila Anda mengalaminya, cobalah untuk temukan cara agar stres bisa terkendali. Cari penyebab stres dan segera atasi dengan cara yang paling mudah. Tanamkan sugesti pada diri Anda bahwa segala sesuatu pasti ada solusinya. 

3. Olahraga Ringan

Siapa bilang orang yang mudah lelah pantang untuk berolahraga. Justru sebaliknya, jika Anda tipikal orang yang gampang lelah harus membiasakan diri melakukan olahraga setiap hari. Lakukan olahraga sederhana minimal 30 menit setiap hari. Sebagai contoh Anda bisa melakukan jalan santai di sekitar rumah. Walaupun terdengar sepele, tapi olahraga ringan justru bisa meningkatkan energi di dalam tubuh. Jika hal ini sudah jadi rutinitas, tubuh Anda akan lebih bugar dan sistem imun juga meningkat.

Demikian informasi yang bisa Anda simak tentang penyebab dan cara mengatasi tubuh yang mudah lelah. Cara lain agar tubuh tidak gampang juga bisa dilakukan dengan meminum suplemen herbal MORICECARE dari PT Autoimun Care. Autoimun Care adalah salah satu produsen obat herbal yang menyediakan produk-produk herbal unggulan dari 100% bahan alami. Selain aman, produk herbal dari Autoimun Care juga tidak memiliki efek samping yang serius. Anda juga bisa melakukan sesi konseling kesehatan melalui konsultan kesehatan Autoimun Care secara gratis di sini.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.