Inilah 5 Tanda dan Penyebab Sistem Imun Lemah

Di tengah pandemi seperti sekarang ini, sistem imun atau daya tahan tubuh telah menjadi senjata perlindungan kita dari bahaya terinfeksi virus corona, dan berbagai penyakit lainnya. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk meremehkan fungsi sistem imun tubuh kita.

sistem imun

Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh kita tetap fit adalah mengenali tanda-tanda melemahnya sistem tubuh. Setelah mengetahui tandanya, telusuri kembali apa penyebab tanda tersebut muncul. Dengan begitu kita akan lebih mudah mengatasinya lalu berusaha meningkatkan daya tahan tubuh. Karena bagaimanapun juga sistem imun adalah gerbang awal perlawanan kita terhadap berbagai penyakit. Berikut ini adalah beberapa tanda melemahnya sistem imun dan apa penyebabnya.

1. Sakit Kepala dan Tekanan Darah Rendah: Stres

Sakit kepala  dan tekanan darah rendah merupakan tanda tubuh sedang merespon bahwa ada sesuatu yang salah dalam diri kita. Tanda ini dirasakan oleh hampir semua orang dan salah satu kemungkinan penyebabnya adalah stres. Jika Anda menyadari bahwa beberapa hari terakhir Anda mengalami tekanan dan sempat membuat stres, maka wajar jika Anda mengalami sakit kepala. Itulah tanda sistem imun Anda sedang lemah karena stres dapat memicu turunnya limfosit, jenis sel darah putih yang masuk dalam sistem daya tahan tubuh. Buatlah diri Anda tenang agar mampu menghilangkan stres tersebut. 

2. Rentan Terkena Flu: Tidak Olahraga atau Kurang Tidur

Terserang penyakit ringan seperti flu memang wajar, namun dapat dikatakan normal apabila Anda dapat sembuh maksimal selama 10 hari. Tapi jika Anda terlalu sering mengalami flu dan bahkan susah sekali untuk sembuh, maka sistem imun Anda masuk dalam kategori lemah. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya berolahraga atau bahkan memiliki sedikit aktivitas fisik. Ditambah lagi dengan kondisi kurang beristirahat atau tidak cukup tidur. Olahraga dan tidur yang cukup dibutuhkan agar tubuh bisa mengaktifkan beberapa sel, seperti sel T yang mampu melawan virus penyebab flu dan penyakit lainnya.

ISK

3. Diare: Konsumsi Makanan yang Tidak Sehat

diare
Sumber : Foto oleh Sora Shimazaki dari Pexels

Sistem imun manusia sangat dipengaruhi oleh kesehatan sistem pencernaan hingga 70%. Bakteri baik dalam usus sangat mendukung bekerjanya sistem imun dalam tubuh manusia. Itulah kenapa, gangguan pencernaan seperti diare bisa menjadi salah satu tanda sistem imun yang sedang lemah. Pemicu diare tentu saja salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan tidak bersih. Selain diare, kembung juga dapat menandakan sistem imun Anda tidak fit seperti biasanya. Jangan sampai meremehkan diare, karena diare yang dibiarkan semakin parah dapat menjadi jalan berbagai penyakit lainnya.

 4. Sembelit: Dehidrasi atau Kurang Minum Air Putih

Pertanda lain sistem pencernaan Anda sedang dalam masalah adalah sembelit. Penyebabnya bisa jadi adalah kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi. Tubuh manusia memang terdiri dari 60% air, tapi Anda tetap butuh cairan tambahan setidaknya 2 liter per hari. Hal ini karena kita mengeluarkan banyak cairan saat bernapas, berkeringat, serta buang air kecil dan besar. Kembali lagi pada konsep yang digunakan dalam poin sebelumnya, jika sistem pencernaan bermasalah maka itulah tanda sistem imun sedang melemah.

5. Gampang Lelah Meski Aktivitas Fisik Tidak Banyak: Kekurangan Asupan Nutrisi

lelah
Sumber : Foto oleh Tirachard Kumtanom dari Pexels

Anda merasa sudah cukup istirahat dan tidur pun nyenyak tapi masih merasa mudah lelah? Bahkan ketika aktivitas fisik harian Anda tidak begitu banyak? Bisa jadi Anda mengalami penurunan daya tahan tubuh. Hal ini terjadi karena tubuh Anda akan menghemat energi agar sistem imun tetap bekerja maksimal. Salah satu penyebab penghematan energi yang seharusnya tidak perlu tersebut adalah kurangnya nutrisi yang diterima tubuh Anda. Terdapat beberapa kemungkinan, seperti kurangnya vitamin, serat, hingga antioksidan. Makan selalu kenyang tidak menjadi jaminan nutrisi Anda telah terpenuhi lho. Kandungan nutrisi yang ada dalam makanan juga harus diperhatikan.

Setelah Anda mengetahui tanda dan penyebab melemahnya sistem imun, tentu langkah selanjutnya adalah berusaha untuk meningkatkannya kembali. Meremehkan tanda tersebut sama saja dengan membiarkan tubuh semakin berisiko terkena penyakit yang lebih berat. Tentu Anda tidak ingin terinfeksi virus apapun, bukan? Bahkan jika memang merasa perlu dan membutuhkan, Anda dapat membantu mengembalikan sistem imun tubuh dengan mengonsumsi suplemen makanan yang terbuat dari bahan alami dan dapat digunakan dalam jangka panjang seperti Morice Care dari PT. Autoimun Care Indonesia. Dengan kandungan bahan aktif dari ekstrak daun kelor dan tanaman sarang semut, Anda akan sangat terbantu untuk menguatkan sistem imunitas tubuh.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.