Ragu Minum Obat Herbal? Simak Manfaat Minuman Herbal

Manfaat minuman herbal saat ini sangatlah bagus untuk tubuh, karena obat herbal tidak punya efek samping jika dikonsumsi secara benar.

Jauh sebelum obat berbentuk tablet maupun kapsul dan lainnya dikenal masyarakat, manfaat obat herbal lebih dulu banyak digunakan. Menariknya, di tengah peradaban manusia yang semakin modern seperti sekarang penggunaan obat herbal masih banyak dilakukan. 

Lalu apa manfaat minuman herbal? Manfaat obat herbal yaitu meningkatkan sistem imun tubuh, mencegah diabetes, mencegah kanker, membantu menjaga saluran pencernaan, meredakan batuk hingga membatu meredakan nyeri saat haid. Untuk penjelasan lebih lengkapnya ada dibawah ini.

Manfaat Obat Herbal untuk Kesehatan 

Minuman herbal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

ISK

1. Menguatkan Daya Tahan Tubuh 

Indonesia kaya akan rempah-rempah dan aneka jenis tumbuhan, banyak diantaranya dimanfaatkan sebagai obat herbal sejak zaman kerajaan. Konsumsi rutin olahan herbal baik dengan cara direbus atau diseduh dengan air hangat sudah lama dilakukan dan diyakini bagus untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Sejumlah penelitian yang dilakukan terhadap beberapa jenis herbal juga menunjukan alasan ilmiah atas keyakinan tersebut. Misalnya saja pada rimpang jahe yang mengandung senyawa anti inflamasi dan juga minyak esensial. Kandungan ini membantu meredakan peradangan pada saat tubuh mengalami infeksi. 

Sehingga tidak keliru jika orang yang terkena batuk maupun gangguan kesehatan lain akibat infeksi, baik virus maupun bakteri. Dianjurkan untuk rutin minum seduhan jahe atau air rebusan jahe. Sebab efektif membantu mengatasi peradangan dan memerangi bakteri untuk gangguan kesehatan yang disebabkan infeksi bakteri. 

2. Membantu Menjaga Saluran Pencernaan

Sering mengalami gangguan pencernaan? Misalnya maag, perut mulas atau diare, dan juga sembelit termasuk ke dalamnya. Gangguan pencernaan sering disebabkan oleh gangguan pada pola makan. Misalnya terbiasa makan dengan asupan serat yang sedikit, kurang cairan, dan lain sebagainya. 

Hasil penelitian menunjukan herbal dari daging lidah buaya, daun sirih, dan juga rimpang jahe efektif mengatasi gangguan pada saluran pencernaan. Misalnya saja pada daging lidah buaya, diketahui bisa membantu mengatasi radang usus, kram perut, dan pendarahan saat mengalami diare. 

Sementara untuk daun sirih, air rebusannya yang diminum bisa membantu mengatasi berbagai bentuk gangguan pada pencernaan. Manfaat obat herbal tersebut juga diberikan oleh rimpang jahe. Sehingga saat mengalami sembelit, diare, dan sebagainya bisa mencoba meminum air rebusan daun sirih, jahe, maupun mengkonsumsi daging lidah buaya. 

3. Mencegah Penyakit Diabetes 

Diabetes termasuk penyakit berbahaya karena menyebabkan angka kematian cukup tinggi dan bisa diturunkan, khususnya diabetes tipe 2. Kadar gula darah yang tinggi menjadi asal muasal tubuh seseorang dinyatakan menderita diabetes. Jika sudah divonis oleh dokter maka dipastikan perlu rutin minum obat dan menjaga pola makan. 

Beberapa orang mencoba mengatasi diabetes ini dengan manfaat obat herbal tertentu. Apalagi terdapat beberapa jenis herbal yang bekerja sangat efektif untuk menurunkan dan menjaga kestabilan gula darah. Misalnya kayu manis, kunyit, bunga krisan, kencur, dan juga jahe. 

4. Meredakan Keluhan Datang Bulan pada Wanita 

Wanita banyak sekali yang mengalami keluhan kram di perut bagian bawah setiap kali datang bulan atau menstruasi. Beberapa bahkan mengaku tidak bisa beraktivitas dan juga pingsan setiap kali gejala PMS seperti ini dirasakan. Alangkah baiknya mencoba memanfaatkan herbal yang berkhasiat untuk meredakan kram perut selama haid. 

Salah satunya adalah kunyit, dimana masyarakat Indonesia rutin meminum jamu kunyit asam yang diyakini bekerja efektif melancarkan menstruasi. Sehingga efektif juga dalam meredakan kram perut dan memperbaiki mood. Gangguan PMS pun bisa terasa lebih ringan dengan mengkonsumsi jamu dari kunyit. 

5. Membantu Mencegah Kanker 

Kebanyakan jenis obat herbal kaya akan kandungan antioksidan, terutama yang datang dari kelompok rimpang. Misalnya jahe, kunyit, kencur, temulawak, dan lain sebagainya. Hasil penelitian menunjukan bahwa kandungan antioksidan pada sejumlah herbal tersebut sangat tinggi. 

Antioksidan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, dan salah satunya membantu menguatkan sistem daya tahan tubuh. Antioksidan juga bekerja secara efektif memerangi pertumbuhan sel kanker. Sehingga rutin meminum jamu dari beberapa jenis rimpang bisa membantu menurunkan resiko terkena kanker. 

6 . Membantu Meredakan Gangguan Batuk 

Sedang berjuang mengatasi batuk? Batuk merupakan satu diantara beberapa gangguan kesehatan di saluran pencernaan. Saat batuk menyerang maka bisa memetik manfaat obat herbal jenis tertentu. 

Salah satunya merebus daun sirih dan kemudian diberi sedikit madu. Perpaduan ini memberikan efek yang baik dalam meredakan batuk. 

Tips Memilih Obat Herbal yang Aman 

Obat herbal bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi sejumlah gangguan kesehatan, sebagaimana yang dijelaskan sekilas di atas. Ada baiknya mempelajari dulu jenis obat herbal dan pengolahannya, agar manfaat yang diberikan bisa dirasakan secara langsung. Selain itu, konsumsi dengan obat kimia juga bisa dilakukan. 

Hanya saja tetap harus berkonsultasi dengan dokter, karena konsumsi berdampingan dengan obat non herbal bisa menyebabkan efek samping. Oleh sebab itu, pemanfaatan obat herbal harus bijak. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba: 

  • Pelajari lebih mendalam mengenai jenis obat herbal apapun yang ingin dikonsumsi, pastikan belajar dari media dan sumber terpercaya. 
  • Jika membeli obat tradisional di pasaran pastikan sudah membaca aturan pengolahan dan aturan atau takaran konsumsinya. 
  • Ada baiknya mencari bantuan ahli atau profesional yang paham betul mengenai pemanfaatan atau segala hal tentang dunia obat herbal.
  • Perhatikan kondisi tubuh pasca konsumsi obat herbal, jika ada gejala alergi maka sebaiknya segera dihentikan. 
  • Konsultasikan dengan dokter jika konsumsi herbal akan dipadukan dengan obat non herbal. 

Setelah memahami manfaat minuman herbal dan cara memilih obat herbal sebaiknya anda segera mencoba menggunakan obat herbal untuk membantu mempercepat proses penyembuhan. Jika ingin konsultasi gratis tentang penyakit yang sedang anda alami, Kami mempunyai layanan gratis disini.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.