Gangguan Menstruasi Merupakan Gejala Penyakit HIV pada Wanita

Siklus haid yang tidak teratur, keluar darah haid yang kadang banyak kadang sedikit, atau keluhan PMS yang lebih sakit dari pada sebelumnya, merupakan salah satu gejala penyakit HIV pada wanita.

Namun perlu dicurigai jika gangguan menstruasi muncul bersama gejala-gejala HIV pada umumnya. Karena sudah banyak penelitian yang mununjukkan bahwa gangguan menstruasi salah satu gejala hiv pada wanita.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai gejala hiv penyakit HIV pada wanita akan dijelaskan dibawah ini.

Gejala Penyakit HIV Pada Perempuan

Pada tahap pertama penyebaran virus HIV akan muncul 2-6 minggu setelah tertular. Pada tahap ini wanita jarang mengetahui karena gejala awal hanya flu.

ISK

Setelah itu akan mulai masuk ke tahap selanjutnya sekitar 2-10 tahun yang memiliki gejala seperti ini:

1. Nyeri Pinggul atau Nyeri perut di area bawah

Pada tahap ini wanita akan sering mengalami sakit di bagian perut bawah karena pada bagian ini rahim, tuba fallopi atau indung telur mengalami infeksi.

Nyeri pinggul ini akan sering kambuh dan sulit untuk diobati. Selain nyeri pinggul hal yang perlu Anda perhatikan adalah gangguan menstruasi, bau keputihan yang tidak sedap, nyeri saat berhubungan intim, dan sering demam.

2. Gangguan menstruasi

Selain nyeri pinggul akan ada gejala gangguan menstruasi dimana Wanita akan sering tidak teratur di siklus haid, PMS yang lebih menyakitkan, darah haid yang lebih banyak keluar atau lebih sedikit.

3. Sering Infeksi pada Vagina

Semua wanita bisa mengalami Infeksi pada vagina, namun yang membedakan dengan penderita HIV adalah infeksi vagina akan sering terjadi dan akan sulit untuk disembuhkan. Karena sistem imun dalam tubuh sudah melemah, atau CD4 sudah mulai menurun.

Baca juga Apa Penyebab CD4 Turun & Bagaimana Cara Menjaganya?

Gejala infeksi pada vagina:

  1. Gatal atau ruam di area vagina
  2. Perih di area vagina
  3. Nyeri saat buang air kecil dan berhubungan intim
  4. Tekstur Keputihan yang lebih kental dan berwarna putih.

5. Sering sakit

Sering sakit merupakan gejala umum yang akan terjadi disetiap orang dari laki-laki ataupun wanita, karena pada fase ini cd4 pada penderita HIV mulai kecil atau sistem imun sudah menurun.

Gejala sering sakit yang dialami seperti:

  • Sering Demam
  • Batuk tak kunjung sembuh
  • Sakit tenggorokan
  • Kelelahan yang signifikan
  • Berkeringat di malam hari
  • Diare Kronis
  • Sariawan di vagina, mulut atau dilidah
  • Ruam di area tubuh
  • Muncul Jamur dilidah atau bercak putih dilidah

Setelah memahami informasi diatas, jika Anda mengalami gejala seperti diatas setelah atau pernah melakukan hubungan seksual beresiko sebaiknya anda segera konsultais kedokter.

Namun jika Anda masih ragu atau takut kami mempunyai fasilitas konsultasi gratis. Silahkan konsultasi mengenai HIV di sini.

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.