Narkoba Salah Satu Penyebab Gagal Ginjal Akut – Berikut Jenisnya

gagal ginjal
demam, tenggorokan sakit, dan pusing kepala?

Ada begitu banyak jenis dan golongan narkoba yang dapat merusak fungsi alat tubuh vital bahkan dapat menyebabkan kematian, salah satunya adalah gagal ginjal. Seperti diketahui, ginjal melakukan berbagai tugas penting seperti menjaga keseimbangan tubuh, membuang limbah dan cairan ekstra dari tubuh, sampai mengontrol tekanan darah. 

Apabila kamu terus mengabaikan, tidak hanya ketergantungan, namun narkoba menyebabkan gagal ginjal yang mengerikan! 

Pengertian Gagal Ginjal

Gagal ginjal adalah kondisi dimana ginjal kehilangan kemampuannya untuk menyaring cairan dan sisa-sisa makanan. Saat kondisi ini terjadi, kadar racun dan cairan berbahaya akan terkumpul di dalam tubuh dan dapat berakibat fatal jika tidak diobati.

Terjadinya gagal ginjal biasanya dapat dilihat dari beberapa ciri sebagai berikut: 

  • Mual Susah tidur 
  • Nafsu makan menurun 
  • Badan lemas 
  • Mudah lelah 
  • Gatal tanpa sebab jelas 
  • Berat badan turun drastis 
  • Sering kram otot, terutama di kaki Tungkai, pergelangan kaki, atau kaki bengkak 
  • Anemia

Jika anda mempunyai gejala seperti diatas, lebih baik anda segera ke dokter untuk mengecek kesehatan anda. Anda juga bisa konsultasi gratis dengan autoimuncare yang akan memeberikan informasi secara jelas dan rinci

konsultasi banner

Jenis Narkoba yang Menyebabkan Gagal Ginjal

Narkoba menyebabkan gagal ginjal. Pasalnya, pada pengguna narkoba proses penetralan dan pengeluaran racun dari dalam tubuh ini menjadi terganggu, sehingga hati dan ginjal harus bekerja lebih keras yang membuatnya berisiko mengalami gangguan atau rusak.

1. Ekstasi

Ekstasi berpotensinya sebagai agen perusak otak. Selain merusak otak, penggunaan secara terus menerus dapat mengakibatkan gagal ginjal fatal. 

2. Heroin

Heroin adalah obat candu yang menekan beberapa fungsi sistem saraf pusat, seperti detak jantung, tekanan darah, respirasi, dan pengaturan suhu tubuh.

Selain memicu penyakit gagal ginjal, penggunaan heroin dalam jangka panjang juga terbukti menimbulkan kerusakan otak. Namun, pecandu narkoba heroin yang tiba-tiba berhenti menggunakan, biasanya akan mengalami gejala sakau terlebih dahulu sebelum tubuhnya bisa benar-benar membersihkan diri dari sisa heroin.

3. Kokain 

Kokain adalah satu jenis zat narkotika yang mempunyai efek stimulan bagi para penggunanya. Zat ini sendiri juga akan memberikan efek lebih bersemangat, energik, tidak mudah mengantuk hingga tidak mudah lelah. 

Kokain dapat menyebabkan gagal ginjal akut karena kokain meningkatkan tekanan darah ke ginjal yang akan merusak otot yang berada pada di ginjal.

4. Shabu-shabu

Methamphetamine atau yang biasa kita kenal sebagai shabu adalah stimulan obat yang sangat adiktif, yang secara kimiawi mirip dengan amfetamine. Bentuknya putih, tidak berbau, pahit dan seperti kristal. 

Shabu dapat dikonsumsi dengan cara dimakan, dimasukan ke dalam rokok, dihisap dan dilarutkan dengan air atau alkohol, lalu bisa juga disuntikan ke tubuh. Merokok atau menyuntikan shabu dapat memberikan efek yang sangat cepat pada otak dan akan menghasilkan euforia yang intens. Karena euforia tersebut dapat memudar dengan cepat, maka pengguna sering memakainya berulang kali. Pemakaian berulang kali inilah yang dapat menyebabkan gagal ginjal. 

Pencegahan Dini Gagal Ginjal

Anda dapat menjaga organ ginjal dengan baik dan benar. Berikut cara pencegahan yang dapat dilakukan adalah:

  • Memperbanyak minum air putih
  • Menerapkan pola makan yang sehat dan bergizi seimbang
  • Menjalani kontrol kesehatan berkala, terlebih jika memiliki penyakit diabetes, hipertensi, atau penyakit autoimun
  • Menghentikan kebiasaan merokok
  • Membatasi konsumsi minuman beralkohol
  • Menjaga berat badan ideal, salah satunya dengan rutin berolahraga
  • Menghindari konsumsi obat tanpa saran dokter

Tentunya poin terpenting adalah berusaha untuk tidak mencoba maupun mengkonsumsi narkoba! Dengan mengetahui narkoba menyebabkan gagal ginjal harapannya semakin banyak orang lebih peduli terhadap kesehatan dan jauhi narkoba. Stop penggunaan narkoba sejak dini, jangan terlena akan nikmat sesaat agar kita terhindar dari berbagai penyakit kronis.  

Jika anda sudah terkena batu ginjal tapi tak kunjung sembuh, saatnya anda mencoba ke obat herbal batu ginjal autoimuncare yaitu RECARE. Yang berkhasiat untuk menghancurkan batu ginjal sehingga membuat anda sembuh kembali.

recare banner promosi

Bagikan Artikel Ini

Baca Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.